KAPAN BAYI BISA BICARA? APA DIA TERLAMBAT BERBICARA

Kapan bayi bisa bicara? Apakah dia terlambat dalam perkembangan berbicaranya? Setidaknya hal ini merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan Bunda yang baru punya anak pertama. Tidak banyak dari orangtua yang langsung tanggap pada saat buah hatinya menunjukkan ciri-ciri terlambat berbicara. Padahal biasanya tandanya cukup obvious, namun sayangnya banyak orang tua yang tidak terlalu memperhatikan hal ini.

Jadi kapan bayi bisa bicara? Apakah buah hati Anda mengalami terlambat bicara? Untuk dapat menjawab dapat pertanyaan ini, Anda harus tahu dulu tahap-tahap kemampuan bicara si kecil dari waktu ke waktu. Apabila ketika si kecil mencapai usia tertentu dan tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan yang seharusnya, maka kemungkinan besar buah hati Anda mengalami sebuah kelainan berupa delayed speech atau terlambat bicara.

kapan bayi bisa bicara

Image: www.popsugar.com

Kemampuan Bicara Bayi Di Usia 12 Bulan

Speech skill atau kemampuan bicara anak umumnya dapat ditunjukkan di saat mereka menginjak usia 12 bulan. Di usia 1 tahun ini, anak seharusnya sudah dapat mengucapkan kata kata yang terdiri dari 2 suku kata, misalnya saja ‘mama’ atau ‘papa’. Selain berkata-kata, buah hati Anda juga sudah dapat menggunakan gesture tubuhnya untuk melambaikan tangan ataupun berjabat tangan.

Mereka juga bisa merespon larangan dari orang terdekatnya. Misalnya pada saat Anda berkata ‘jangan’, si kecil akan faham dengan maksud dari ucapan Anda. Apabila buah hati Anda tidak menunjukkan tanda-tanda itu, dan bahkan tidak bisa berkata sepatah katapun, mungkin ada yang salah dengan si kecil. Baca juga: Cara Mudah Agar Si Kecil Cepat Bicara

Kemampuan Bicara Bayi Di Usia 18 Bulan

Sedangkan di usianya yang menginjak 18 bulan, buah hati Anda sudah seharusnya sudah mampu menguasai sedikitnya 6 kata sederhana. Mereka juga sudah bisa mengenal beberapa nama anggota tubuh & menunjuknya pada saat Anda meminta mereka untuk dapat menunjuknya. Di usia ini juga, si kecil berusaha untuk ‘berkomunikasi’ dengan Anda saat mereka butuh atau menginginkan sesuatu. Apabila si kecil belum menunjukkan perkembangan tersebut di usia 18 bulan, maka kemungkinan ada masalah dengan bayi Anda. Baca juga: Penyebab Utama Bayi Terlambat Bicara.

Kemampuan Bicara Anak Di Usia 24 Bulan

Saat anak Anda menginjak usianya yang ke 24 bulan, perkembangan apa saja yang normalnya sudah bisa ditunjukkan si kecil? Anak yang telah berusia 2 tahun, seharusnya sudah mampu merespon beberapa perintah sederhana yang diberikan atau ditujukan kepada mereka. Selain itu, buah hati Anda juga akan dengan mudah untuk menirukan apa yang diucapkan oleh orang de-wasa yang berbicara di sekitarnya.

Perkembangan lainnya yang mampu mereka tunjukkan adalah si kecil mampu menggabungkan dua kata untuk bisa mengekspresikan keinginannya. Apabila buah hati Anda tidak menunjukkan perkembangan seperti di atas, segeralah konsultasikan masalah buah hati Anda tersebut ke dokter. Baca juga: Cara Melatih Bayi Berbicara

Kemampuan Bicara Anak Di Usia 3 Tahun

Setahun berikutnya, saat si kecil menginjak usia 3 tahun, perkembangan yang sudah seharusnya bisa mereka kuasai adalah mereka sudah dapat berbicara dalam frasa-frasa kalimat yang pendek. Ucapan-ucapan yang mereka katakanjuga semakin jelas saja dari waktu ke waktu.

Mereka juga mempunyai kecenderungan untuk dapat berinteraksi dengan anak-anak lain yang sebayanya. Nah, apabila buah hati Anda ternyata tidak menunjukkan tanda-tanda yang disebutkan di atas, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter untuk dapat memastikan apakah si kecil mengalami delayed speech atau keterlambatan bicara atau tidak. Baca juga: Ternyata bayi Suka Ngobrol Dengan Bayi Lainnya.

Nah sudah terjawab bukan kapan bayi bisa bicara? Apakah dia terlambat atau tidak dalam perkembangan bicaranya? Tentu Anda bisa mengetahuianya sesuai dengan tulisan di atas. Perkembangan setiap bayi bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya, jadi Anda jangan panik jika si kecil belum bisa bicara, segera saja konsultasikan dengan dokter anak terdekat untuk memastikannya.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "KAPAN BAYI BISA BICARA? APA DIA TERLAMBAT BERBICARA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa