KAPAN BAYI BISA BERJALAN? APAKAH DIA TERLAMBAT JALAN?

Kapan bayi bisa berjalan? Apakah dia terlambat jalan? Mungkin dua pertanyan tersebut sering ditanyakan oleh ibu yang baru memiliki anak pertama karena khawatir dengan perkembangan buah hatinya.

Usia Anak Bisa Berjalan

Kapan usia anak bisa berjalan? Kapan bayi bisa berjalan? Jawabannya adalah tidak sama pada tiap anak. Ada anak bayi berusia 10 bulan sudah mampu berjalan, tapi ada juga yang baru bisa berjalan di usia 12 hingga 14 bulan. Berjalan tentu saja bukan kegiatan yang mudah. Otot tubuh atau torso, otot kaki dan juga lengan si kecil harus kuat untuk dapat menopang berat badannya yang mencapai 10-14 kg di usia tersebut.

Setelah otot-ototnya kuat, kemampuan untuk mengkoordinasi seluruh tubuhnya mulai dari kepala, badan & kaki diperlukan. Selain itu, bentuk kaki dan juga tangan bayi yang relatif masih pendek dengan kepalanya yang agak besar untuk ukuran tubuhnya adalah tantangan tersendiri bagi anak usia ini untuk dapat menjaga keseimbangannya.

Kapan bayi bisa berjalan

Image: www.babypost.com

Setelah berlatih lewat kegiatan merangkak dan juga merambat selama berbulan-bulan lamanya, koordinasi & keseimbangan yang dibangunnya melalui kegiatan merangkak akan lebih siap digunakan. Itu pun tidak semudah kaki melangkah.

Apa Penyebab Bayi Terlambat Jalan

Kadang-kadang orangtua merasa sangat cemas jika mengetahui anak bayinya terlambat berjalan. Ditambah lagi jika mendengarkan beberapa mitos yang tentu saja tidak benar mengenai anak yang terlambat berjalan. Wah, bisa semakin cemas & tambah runyam urusannya. Baca juga: Kapan Bayi Bisa Bicara?.

Dikutip dari laman babyzone.com, seorang dokter anak di Sansun Cllinic & Cottage Children’s Hospital dari Santa Barbara – california, Dr. Daniel Brennan, menyimpulkan tentang penyebab anak terlambat berjalan. Ia menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang mungkin dapat menjadi penyebab bayi terlambat berjalan.

Beberapa faktor itu diantaranya adalah kelainan saraf otak, kelainan genetik serta proses metabolis di dalam tubuh. Namun tidak semua kasus-kasus dari bayi telambat berjalan disebabkan karena faktor-faktor tersebut, tapi bisa juga karena adanya masalah pada tulang si kecil. Kasus seperti ini harus segera mendapatkan penanganan medis dari dokter anak spesialis tulang.

Kadang-kadang, keterlambatan bayi untuk berjalan ini juga dibarengi dengan perkembangan lainnya, yang berhubungan juga dengan kondisi fisik anak. Kebanyakan anak bayi yang terlambat duduknya, juga akan mengalami terlambat berjalan. Yang harus diperhatikan lagi adalah anak kadang-kadang lebih fokus untuk dapat mengembangkan kemampuan tertentunya. Dan proses ini tentu saja berbeda-beda untuk tiap anak. Misalnya saja, ada yang lebih cepat untuk berbicara, tapi terlambat berjalan. Namun ada juga yang sebaliknya. Nah, inilah yang seharusnya diperhatikan juga oleh para orangtua.

Nah, jika Anda sudah tahu kapan bayi bisa berjalan dan apa penyebab anak terlambat berjalan, sebaiknya jangan merasa terlalu khawatir karena keterlambatan tersebut belum tentu karena kelainan, tapi juga jangan sampai terlalu meremehkan. Untuk itu, ada baiknya juga apabila Anda memeriksakan kondisi buah hati pada saat dia terlambat berjalan. Sekedar untuk memastikan saja apakah dia baik-baik saja ataukah memang punya masalah.

Related Post "KAPAN BAYI BISA BERJALAN? APAKAH DIA TERLAMBAT JALAN?"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa