5 TIPS KEBERSIHAN DOT & BOTOL SUSU BAYI YANG BAIK

5 tips kebersihan dot & botol susu bayi yang baik ini perlu diperhatikan oleh Bunda pemula yang baru memiliki anak pertama. Dibandingkan dengan masa lalu, orang tua dan juga dokter anak saat ini lebih baik dalam memperhatian pada kesterilan & kebesihan botol susu bayi serta air yang digunakan. Hal tersebut terjadi karena para ibu saat ini semakin sadar akibat buruk dari tidak menjaga kebersihan & kesterilan botol susu untuk bayinya.

IRT Ini Menghasilkan 38,7jt/bln via Internet 

Dia melakukannya dirumah sambil masak dan momong anak. Simak kisah lengkapnya..

 

>>oke saya mau<<

Nah, apakah Anda sudah melakukan hal yang aman & tepat saat menyiapkan susu formula bagi si kecil? Berikut 5 tips kebersihan dot & botol susu bayi yang baik seperti yang dilansir oleh laman healthychildren.org.

 

Cuci Tangan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah selalu mencuci tangan dulu sebelum memegang botol susu atau dot si kecil ataupun ketika akan menyiapkan menu makanan untuknya. Meskipun botol susu ataupun makanan telah disiapkan dengan sangat hati-hati, kuman penyebab penyakit tetap saja bisa menular lewat tangan Bunda yang belum dicuci atau tidak bersih.

5 tips kebersihan dot & botol susu bayi

Image: www.everydayfamily.com

Pastikan Botol & Dot Bersih

Selanjutnya, pastikanlah dot botol susu si kecil sudah dalam keadaan yang bersih & steril sebelum digunakan. Baik itu dot yang baru ataupun sudah pernah dipakai. Anda dapat membersihkannya dalam air hangat dengan memakai sabun sambil menggosoknya, kemudian bilas sampai bersih. Beberapa ahli kesehatan juga menyarankan untuk terlebih dulu merebus dot selama 5 menit agar kuman-kumannya mati. Baca juga: Tips Memilih Botol Susu & Dot Bayi Yang Aman.

Atau Anda tidak perlu repot merebus botol susu di dalam air yang mendidih, Anda bisa memasukkannya di dalam mesin pencuci piring yang sudah punya air panas untuk dapat membersihkan cucian. Selain itu, Anda juga bisa mencuci dot atau botol susu di dalam air hangat dengan memakai sabun dan bilas sisa sabunnya hingga bersih.

Bersihkan Peralatan Pendukungnya

Jika Anda menggunakan susu formula dalam kemasan kaleng, maka pastikan bahwa Anda membersihkan dulu bagian atas dari kaleng tersebut sebelum Anda membukanya. Pastikan juga  pembuka kalengnya, sendok susu & peralatan lain yang Anda gunakan sudah dalam keadaan bersih & steril agar susu tetap steril serta terbebas dari berbagai kuman yang berbahaya.

Pastikan Air Untuk Susunya Bersih

Saat Anda membuat susu untuk si buah hati, pastikan bahwa air yang dipakai adalah air yang bersih serta steril. Apabila Anda tidak yakin dengan kebersihan air kran di rumah meskipun sudah dimasak, Anda bisa memakai air mineral yang dipanaskan. Baca juga: Bahaya Menyeduh Susu Bayi Dengan Air Dispenser.

Jaga Keseterilan Susu

Susu formula yang telah Anda siapkan di dalam botol harus segera Anda buang setelah 1 jam apabila tidak diminum oleh bayi. Untuk dapat menjaga kesterilan susu, Anda bisa menyimpan susu formula yang sudah disiapkan ke dalam sebuah lemari pendingin untuk dapat menghindari kontaminasi bakteri & bisa tahan hingga 24 jam.

Nah sekarang Anda sudah tahu kan 5 tips kebersihan dot & botol susu bayi yang baik. Sedikit repot tidak apa-apa ay Bun, demi kesehatan si kecil. Karena jika si kecil sakit, Bunda tentu akan lebih repot lagi serta khawatir.

Tags: Merawat Bayi Perlengkapan Bayi

Related Post "5 TIPS KEBERSIHAN DOT & BOTOL SUSU BAYI YANG BAIK"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa