PENYEBAB DIARE PADA BAYI & CARA MENGATASINYA

Mengenal penyebab diare pada bayi, cara mengatasi  dan pencegahannya penting untuk diketahui para orang tua, terutama saat si kecil mulai memasuki usia 1 tahun. Karena di usia ini asupan ASI sudah mulai berkurang.

Penyebab diare pada bayi

Daire terjadi karena disebabkan infeksi oleh mikroorganisme, misalnya seperti virus, bakteri, ataupun karena parasit. Penyebab lainnya adalah karena konsumsi obat-obatan, terutama obat antibioti dan juga pemakaian pemanis buatan. Tidak cocok dengan jenis makanan tertentu juga seringkali menjadi penyebab diare bayi Anda. Protein susu sapi adalah salah satu bahan makanan yang paling sering menyebabkan alergi hingga anak-anak terkena diare. Makanan lainnya yang jadi pencetus alergi adalah ikan, telur, kandungan bahan pewarna dan juga bahan pengawet.

diare pada bayi

Image: www.coles.com.au

Anda harus tahu perbedaan antara diare dan mencret. Diare adalah keluarnya kotoran yang encer sebanyak 3 kali ataupun lebih di dalam sehari. Terkadang juga disertai len-dir dan darah. Sedangkan, mencret ialah keluarnya kotoran yang bentuknya encer atau cairan.

Cara mengatasi diare pada bayi:

  1. Apabila mencret pertama sudah disertai dengan darah, segeralah bawa ke dokter. Begitu juga apabila mencret pada bayi terjadi terus-menerus selama waktu 6 jam ataupun lebih, disertai muntah, tidak mau minum, matanya tampak cekung, pusing & berat badannya turun.
  2. Jagalah asupan cairan bayi dengan tetap memberikan ASI kepadanya sesering mungkin.
  3. Anak yang sudah mengkonsumsi makanan padat bisa saja diberi makanan yang lunak-lunak, tidak berminyak serta mudah dicerna. Yang paling adalah memberikannya bubur nasi dan kuah sayur bening. Buah-buahan yang dianjurkan bagi bayi diare adalah apel & pisang.
  4. Pemberian oralit juga disarankan pada bayi & batita yang sedang mengalami diare.
  5. Obat pemampat kotoran sebenarnya tak dianjurkan, karena malah akan menahan diare yang membuat racun & kuman kuman penyebab infeksi jadi tertahan di dalam perut. Terlebih lagi jika diare disertai panas.
  6. Segeralah bawa anak Anda ke dokter, apabila diare terjadi lebih dari 1 minggu & diare disertai darah.

Cara mencegah diare pada bayi diantaranya adalah orangtua harus selalu menjamin makanan si kecil agar terjaga kebersihannya. Begitu juga dengan berbagai alat makan & lingkungan di rumah, terutama pada saat ia masih bayi. Jaga juga kebersihan tangan Anda pada saat akan bersentuhan dengan anak.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "PENYEBAB DIARE PADA BAYI & CARA MENGATASINYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa