KENAPA BAYI SENANG BERBICARA DENGAN BAYI LAINNYA?

Tahukah Anda bahwa bayi senang berbicara dengan bayi lainnya? Mengajak bayi untuk berbicara atau ngobrol memang menjadi salah satu cara yang dapat membantu kemampuan anak untuk bicara. Namun, ternyata sebenarnya bayi Anda lebih tertarik untuk ngobrol dengan bayi lainnya dibandingkan dengan orang de-wasa.

Sebuah studi ilmiah terbaru membuktikan bahwa bayi yang berusia 6 bulan tenyata secara nyata lebih suka untuk mendengarkan ocehan bayi lainnya. Para ahli yang melakukan penelitian tersebut meyakini hal itu merupakan proses krusial di dalam proses pembelajaran bayi Anda untuk bicara. masih di dalam studi tersebut, para bayi diperdengarkan suara vokal yang mirip. Suara tersebut ada dua macam, yang pertama dibuat oleh seorang wanita de-wasa dan yang satu lagi dibuat oleh bayi lainnya.

bayi senang berbicara dengan bayi lainnya

Image: www.whenmybaby.com

Kemudian para ahli tersebut mengukur seberapa lama bayi-bayi ini menaruh perhatian kepada kedua jenis suara tadi. Ternyata, bayi lebih suka untuk mendengar suara dari teman-temannya. Saat sedang mendengar ocehan bayi lainnya, durasinya tenyata hampir setengah lebih lama jika dibandingkan saat dia mendengar suara wanita de-wasa. Baca juga: Cara Super Mudah Agar Bayi Cepat Bisa Berbicara.

Para ahli kemudian menjelaskan bahwa ketertarikan bayi-bayi tersebut bukan karena suara itu lebih sering didengar. Para bayi ini memang belum bisa mengoceh (babbling), oleh karena itu suara bayi lain yang mereka dengarkan belum menjadi bagian dari suara yang seringkali mereka dengar. Sebagian bayi ketika mendengarkan suara orang de-wasa menunjukkan ekspresi yang datar dan wajah yang pasif. Sebaliknya, pada saat mendengarkan suara bayi lainnya mereka tersenyum dan juga menggerakkan mulut mereka. Para bayi tersebut seperti mengerti & mengenali bahwa mereka dapat mencoba suara tersebut sendiri. Ini membuktikan bahwa bayi senang berbicara dengan bayi lainnya.

Linda Polka, ketua penelitian tersebut mengatakan bahwa sebagai orang de-wasa, Kita menggunakan bahasa untuk dapat berkomunikasi, namun pada saat bayi mulai belajar membuat suara, merekajuga perlu untuk mengeksplorasinya ketimbang untuk berkomunikasi. Baca juga: Efek Ajaib Mengajak Ngobrol Bayi Dalam Perut Ibu.

Linda juga menambahkan bahwa bayi mencoba suara-suara pada saat mereka sedang sendirian tanpa ada interaksi ataupun kontak mata dengan orang lain. Ini karena pada saat sedang belajar bagaimana berbicara, bayi memerlukan lebih banyak waktu menggerakkan mulutnya dan nada suara untuk dapat memahami berbagai jenis suara yang dapat mereka buat. Mereka butuh untuk menemukan suara mereka sendiri. Nah, jelas bukan kenapa bayi senang berbicara dengan bayi lainnya?

Related Post "KENAPA BAYI SENANG BERBICARA DENGAN BAYI LAINNYA?"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa