CARA MENGATASI BATUK & FLU PADA ANAK BAYI

Orang tua harus tahu cara mengatasi batuk dan flu pada anak bayi. Karena umumnya, orang seringkali menyamakan pilek dengan flu (influenza) serta tidak mengetahui cara membedakan penyebab batuk pada anaknya. Bayi yang beruis satu tahun memang rentan terkena penyakit setelah asupan ASI-nya mulai berkurang, sehingga kesehatan si kecil harus benar-benar diperhatikan.

Batuk sebenarnya adalah refleks dari tubuh seseorang untuk dapat mengeluarkan sesuatu yang terdapat di saluran napasnya. Sesuatu tersebut dapat berupa lendir ataupun benda yang bisa membuat tubuh berusaha untuk mengeluarkan benda benda asing tersebut.

Penyebab batuk pada anak bayi

Batuk pada anak bayi paling banyak terjadi karena diakibatkan infeksi pada saluran napas dan juga alergi. Ada dua jenis infeksi saluran napas, yaitu infeksi pada saluran napas atas dan juga infeksi saluran napas bawah. Batuk yang disebabkan infeksi saluran napas atas ini biasanya lebih ringan. Misalnya saja karena flu, amandel atau pun radang tenggorokan. Sementara itu, batuk karena adanya infeksi pada saluran napas bawah biasanya penyebabnya agak lebih berat, seperti pada anak penderita pneumonia atau radang paru.

cara mengatasi batuk dan flu pada anak bayi

Image: www.healthyfamiliesbc.ca

Batuk yang disebabkan oleh alergi, biasanya seingkali terjadi pada seorang penderita asma. Selain itu, batuk juga dapat terjadi karena adanya aspirasi, yaitu masuknya cairan ataupun benda asing ke dalam paru-paru seperti pada saat minum susu ataupun makan keripik.

Mencegah batuk pada anak bayi

Apabila anak Anda memilik asma, maka yang harus dilakukan adalah dengan menghindari pemicu alergi yang dapat menyebabkan saluran napas anak menyempit. Saat sedang berdekatan dengan anak-anak, biasanya orang de-wasa yang sedang mengidap flu ataupun batuk harus memakai masker dan juga hindari batuk pada sembarang tempat. Jaga juga daya tahan tubuh si kecil, dengan selalu membeinya asupan makanan bergizi. Anak dengan tubuh yang sehat akan mempunyai daya tahan tubuh yang sangat bagus.

Selain itu, ada juga beberapa penyakit yang jadi penyebab batuk yang dapat dicegah dengan cara imunisasi, misalnya pertusis atau batuk rejan alias batuk 100 hari yang dapat dicegah dengan menggunakan suntikan DPT. TBC juga dapat dicegah dengan imunisasi BCG. Oleh karena itu, usahakan selalu tepati pemberian imunisasi kepada anak Anda tepat jadwal. Baca juga: Jadwal Imunisai Anak Yang Harus Dipenuhi.

Flu Pada Anak Bayi

Anda harus membedakan antara flu dan pilek. Penderita flu itu seingkali mengalami demam tinggi, sakit kepala dan nyeri otot juga sendi serta batuk pilek. Sedangkan pilek hanya hidung tersumbat saja. Jadi, flu ini lebih parah daripada pilek. Baca juga: Cara Mengobati Pilek Pada Anak Bayi.

Penyebab flu pada anak bayi

Flu ini disebabkan oleh virus influenzasa. Flu bisa dengan sangat cepat menular lewat udara yang tercemar oleh adanya tetesan cairan, saat penderita flu bersin dan batuk. Udara dengan campuran cairan yang memiliki kandungan bibit penyakit flu, akan mudah terisap oleh anak Anda saat bernapas. Atau bisa juga jadi bibit penyakit yang hinggap pada benda-benda, yang kemudian benda tersebut disentuh anak dan masuk ke dalam tubuhnya lewat tangan.

Mengatasi flu  pada anak bayi

Anak yang sedang terkena flu harus banyak beristirahat, mengonsumsi makanan bergizi dan juga banyak minum air putih. Tambahkanlah lebih banyak vitamin C apabila ia demam. Berikan juga obat turun panas sesuai dengan petunjuk pemakaiannya. Batuknya dapat dikurangi dengan cara minum jus buah yang manis dan juga agak panas, misalnya saja air jeruk yang diberi campuran madu. Apabila dalam 2-3 hari demam anak tak juga turun, segera bawa si kecil ke dokter. Baca juga: 10 Cara Atasi Demam Pada Anak Bayi.

 

Mencegah influenza pada anak bayi

Tanamkanlah kebiasaan makan makanan sehat. Virus flu ini tentu saja enggan menyerang tubuh yang sehat. Apabila ada anggota keluarga lainnya yang terkena flu, jauhi anak atau gunakanlah masker saat sedang berhadapan dengan si buah hati. Ini untuk dapat mencegah terjadinya penularan.

Itulah penyebab dan juga cara mengatasi batuk dan flu pada anak bayi. Jaga selalu kesehatan si kecil teutama setelah mulai memasuki usia 1 tahun dengan menanamkan kebiasaan sehat serta konsumsi makanan bergizi.

Tags: bayi sehat Merawat Bayi

Related Post "CARA MENGATASI BATUK & FLU PADA ANAK BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa