CARA MENGATASI ANAK HIPERAKTIF ATAU ADHD

Cara mengatasi anak hiperaktif atau ADHD memang butuh kesabaran ekstra, karena memang diperlukan pengawasan yang baik dan benar bagi beberapa orangtua. Pasalnya, anak yang hiperaktif hampir tidak bisa berhenti untuk bergerak sama sekali dan hal tersebut merupakan tantangan tersendiri untuk orangtuanya. Namun, harus Anda ketahui bahwa anak yang hiperaktif bisa juga menjadi salah satu gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD. Jadi ada baiknya untuk  mengkonsultasikan hal ini ke dokter agar Anda dapat mengetahui lebih jelas apakah anak Anda termasuk hiperaktif atau tidak.

Selain dengan berkonsultasi ke dokter anak, Anda juga dapat mencoba cara mengatasi anak hiperaktif atau ADHD dengan menerapkan tips berikut ini seperti yang dilansir oleh laman meetdoctor.com

Cara mengatasi anak hiperaktif atau ADHD

Image: www.thilasmos.com

Membatasi perilaku anak namun tidak memberinya tekanan

Anak-anak memang tergolong tidak bisa diatur atau dengan kata lain sulit untuk diatur. Jangan pernah melarang apa saja yang harus dilakukan oleh anak, tapi batasi perilaku anak Anda yang sekiranya dapat membahayakan. Anak-anak tetap punya hak untuk dapat melakukan sesuatu, namun selalu pantau anak Anda dengan segala kegiatannya.

Mencari informasi mengenai hiperaktif itu sendiri

Dengan selalu mencari tahu mengenai hiperaktif, Anda akan lebih mampu mengontrol anak dan banyak belajar untuk dapat dengan cerdas dan tenang mengahadapi anak hiperaktif. Selain itu, Anda juga dapat bergabung di dalam suatu komunitas hiperakif ataupun organisasi sejenisnya untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih jelas.

Harus tetap tenang

Anda harus selalu tenang. Apabila Anda marah dengan apa yang dilakukan oleh anak, maka kemarahan si kecil malah akan memuncak dan akhirnya tak terkendali. Berdebat ataupun bertengkar dengan anak tidak akan dapat memberikan jalan keluar atas yang sedang Anda alami. Luangkanlah waktu untuk dapat melakukan aktivitas rumah tangga secara bersama sama. Hal ini untuk mengalihkan kemarahan si kecil yang semakin parah. Baca juga: Tips Cerdas Mengatasi Si Kecil Yang Pemarah.

Biarkan anak Anda memilih pilihannya sendiri

Untuk dapat membantu mengajarkan anak untuk bisa mengontrol dirinya sendiri, Anda perlu memberikan kesempatan pada anak untuk dapat memilih dan juga menghadapi berbagai macam pilihan. Dengan demikian, Anda dapat mengarahkan si kecil untuk dapat memilih mana hal yang benar dan mana yang tidak.

Itulah 4 cara mengatasi anak hiperaktif atau ADHD. Menghadapi anak hiperaktif memang tidak bisa secara instan dipelajari begitu saja, dan tentu saja hal tersebut bukan merupakan hal yang mudah. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu buah hati agar mengarah kepada perilaku yang lebih baik lagi serta agar mampu mengontrol dirinya sendiri. Jangan pernah lupa untuk tetap kontrol rutin ke dokter anak Anda, agar perkembangan si kecil dapat terpantau dengan baik dan selalu mendapatkan saran yang terbaik.

Tags: perkembangan anak

Related Post "CARA MENGATASI ANAK HIPERAKTIF ATAU ADHD"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang