8 CARA & TIPS JIKA ANAK SUSAH BANGUN PAGI

Bagaimana cara dan tips jika anak susah bagun pagi? Waktu pagi di hari kerja bisa menjadi waktu yang menyibukkan; dimulai dari menyiapkan sarapan, membuatkan bekal, bersiap-siap pergi bekerja, dan mencoba membuat semua orang keluar rumah tepat waktu, waktu pagi seolah menjadi arena pertempuran. Tetapi, mencoba membangunkan si kecil yang rewel merupakan suatu hal yang lain lagi.

Satu hal yang dapat membuat waktu pagi menjadi sedikit lebih tenang adalah membangunkan semua orang tepat pada waktunya, dan tanpa kehebohan. Beberapa orangtua cukup beruntung memiliki anak yang bersemangat bangun di pagi hari dan diiringi dengan senyum, sementara beberapa lainnya harus memutar otak untuk membangunkan anak-anaknya. Berikut 8 cara dan tips jika anak susah bangun pagi yang harus dipahami ketika membangunkan anak yang rewel di pagi hari:

anak susah bangun tidur

Image: www.additudemag.com

Pastikan Anak Mendapatkan Waktu Tidur Yang Cukup

Atur ulang waktu tidur anak Anda. Sebagian besar anak tidak mendapatkan tidur yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, batita membutuhkan 12 jam waktu tidur pada malam hari; balita membutuhkan waktu hingga 13 jam; anak-anak berumur 5-12 tahun membutuhkan 10 hingga 11 jam; dan anak-anak berumur 10-18 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 8,5 hingga 9,5 jam setiap malamnya. Jadi, jika Anda ingin memastikan anak Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup, lakukanlah.

Tidur Lebih Awal

Cobalah untuk mengajak mereka tidur 30 menit lebih awal dari waktu tidur normal mereka. Anda bisa membuat mereka tidur lebih cepat dengan mematikan semua perangkat elektronik yang ada; mulai dari ponsel, komputer atau televisi. Kenakan piyama pada mereka dan ajaklah membaca buku agar mereka merasa nyaman. Membiasakan kebiasaan positif sejak dini akan memberikan keuntungan bagi hidup mereka. Baca juga: Dongeng Anak Sebelum Tidur Bikin Cerdas.

Lebih Teratur

Bangun satu jam lebih cepat dibandingkan anak-anak Anda. Jika Anda bekerja diluar rumah, persiapkan diri Anda sebelumnya sehingga Anda tidak perlu ambil pusing untuk membangunkan semua orang secara bersamaan. Siapkan bekal anak Anda di malam sebelumnya dan persiapkan seragam mereka. Ketika sudah waktunya untuk membangunkan malaikat-malaikat kecil Anda, Anda akan memiliki waktu ekstra jika ada kejadian tak terduga.

Biarkan Mereka Bangun Secara Sendirinya

Sepuluh menit sebelum membangunkan anak Anda, nyalakan lampu kamar dan buka pintu mereka. Cobalah agar mereka bisa bangun secara sendirinya. Memang, membiarkan anak untuk tidur hingga saat-saat terakhir merupakan godaan besar, tapi jika Anda bisa membuat anak-anak bangun dengan sendirinya, kehebohan saat mencoba membangunkan mereka juga akan berkurang. Buka penutup jendela agar cahaya matahari masuk. Biarkan mereka mendengar suara belalang; kicauan burung; gonggongan anjing dan suara pagi itu sendiri. Semakin alami pergeseran antara waktu tidur dan waktu bangun anak Anda, maka semakin besar kemungkinan anak Anda akan terbangun dengan tenangnya.

 

Don’t Worry; Be Happy

Klise memang, tapi cerialah saat pagi hari. Jika saat dibangunkan anak Anda berteriak dan menjerit, jangan balas balik dengan energi yang negatif. Pada dasarnya, lakukan hal sebaliknya; sirami mereka dengan kasih sayang dan kalimat-kalimat positif. Hal-hal seperti itu akan mengubah sikap buruk mereka menjadi suasana yang lebih tenang dan positif.

Berikan Penghargaan Bagi Si Kecil Di Pagi Hari

Jika si kecil belajar bahwa mereka akan memperoleh penghargaan lebih jika mereka sanggup bangun di waktu yang telah ditentukan, atau bersiap-siap tepat waktu, mereka mungkin akan lebih termotivasi untuk bangun di pagi hari. Beberapa penghargaan bisa dalam bentuk sarapan yang lebih banyak, waktu ekstra untuk bermain komputer, atau pura-pura menyetir di mobil. Anda adalah orang yang mengenal anak Anda sendiri, jadi cari tahu jenis-jenis penghargaan apa saja yang bisa membantu memotivasi pagi hari yang menyenangkan bagi semua orang.

Adakan Kompetisi

Hal ini mungkin akan bekerja untuk anak yang lebih kecil, tapi jika ada sebuah kompetisi yang berlangsung di pagi hari, mungkin anak Anda akan lebih bersemangat untuk bangkit dari tempat tidur, alih-alih menjerit rewel. Cobalah untuk merayu mereka dengan berkata, ‘Siapapun yang bangun pertama kali boleh mendengarkan lagu favoritnya di mobil.’ Atau, jika Anda hanya memiliki seorang anak, Anda bisa menantangnya dengan hal seperti, ‘Jika kamu bisa bangun sebelum Ibu menghitung sampai sepuluh, kamu boleh menonton acara televisi kesukaanmu sebelum sekolah.’ Pada dasarnya, anak-anak sangatlah kompetitif. Gunakan insting tersebut sebagai batu loncatan untuk memulai hari yang menyenangkan.

Nyalakan Lampu Tidur

Saya membuktikannya sendiri pada anak tertua saya; jika saya ingin ia bangun lebih cepat, saya menyalakan lampu tidur di kamarnya setelah ia tertidur dan tahu-tahu saja ia bangun lebih cepat. Tubuhnya seolah-olah memiliki jam yang ‘memaksanya’ bangun karena pancaran cahaya. Jadi, jika Anda ingin anak Anda terbangun tepat waktu dan dengan suasana hati yang baik, jangan takut untuk sesekali membiarkan sedikit cahaya bersinar sepanjang malam. Baca juga: Jika Si Kecil takut Akan Gelap.

Itulah 8 cara dan tips jika anak susah bangun pagi. Mencoba menyelesaikan berbagai pekerjaan di pagi hari sudah cukup membuat para ibu stress, ditambah pula dengan berusaha membuat semua berangkat tepat pada waktunya. Sungguh akan sangat membantu meringankan tekanan itu jika anak kita juga tidak rewel. Dengan mengaplikasikan beberapa tips diatas, harapannya Anda dapat mengurangi kegilaan di pagi hari dan menciptakan suasana rumah yang tenang dan menyenangkan.

Related Post "8 CARA & TIPS JIKA ANAK SUSAH BANGUN PAGI"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang