4 TIPS MENGATUR POLA TIDUR BAYI YANG BENAR

Ada 4 tips mengatur pola tidur bayi yang harus Anda tahu. Pola tidur anak bayi yang baru lahir adalah sebuah tantangan cukup besar bagi seorang ibu, bisa saja bayi Anda tidur seharian pada waktu siang dan dia malah susah tidur di malam hari. Waktu tidur si kecil yang tidak teratur akan membuat Anda sebagai ibu baru menjadi kesulitan dalam mengatur waktu untuk beraktivitas. Ketika bayi Anda masih berada di dalam kandungan, bayi tentu tidak mengenal perbedaan waktu antara siang dan malam, tidak heran jika hal ini terus terbawa hingga si kecil lahir. Namun, Anda tidak usah khawatir, karena pada dasarnya bayi memang terlelap sesuai kebutuhan. Seiring berjalannya waktu barulah ia akan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitarnya.

Agar waktu tidur bayi bisa teratur dan tidak mengganggu terhadap aktivitas harian Anda, memang dibutuhkan pengaturan yang harus Anda terapkan sejak dini. Bagaiamana cara untuk mengatur waktu tidur bayi? Berikut 4 tips mengatur pola tidur bayi yang bisa Anda terapkan yang dilansir oleh boldsky.

pola tidur bayi

Image: portraits.vanburenphotography.com

Atur waktu tidurnya

Selain makan dan juga minum, bayi menghabiskan waktu setiap harinya dengan tidur. Jika Anda terlalu lama menidurkan bayi di waktu siang hari, kemungkinannya adalah si kecil akan lebih lama terjaga di sat malam. Kunci utama dalam pengaturan waktu yang tepat adalah satu ataupun dua jam setelah dia makan siang. Dengan demikian, bayi Anda akan terbiasa untuk tidur dengan waktu singkat, kemudian terbangun untuk menyusu & kembali tertidur. Baca juga: 4 Tips Untuk Menidurkan Bayi Bagi Ibu Pemula.

Jangan pernah ragu untuk membangunkannya

Apabila Anda merasa si kecil sudah cukup lama tidur, disarankan untuk dapat membangunkannya di waktu-waktu untuk menyusui. Idealnya ialah satu atau dua jam sekali, cara seperti ini akan mampu menjaga bayi Anda tetap dapat terpenuhi nutrisinya & mendapatkan waktu istirahat yang cukup juga teratur. Baca juga: Tips Ampuh Jika Bayi Susah Tidur.

Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Ciptakan sebuah hubungan yang aktif & erat dengan bayi Anda, caranya bisa dengan melakukan kegiatan bermain yang cukup menyenangkan sambil melatih saraf motoriknya supaya terlatih dan juga peka terhadap lingkungan sekitarnya. Beberapa di antaranya adalah dengan mengajaknya tertawa, bermain dan berolahraga bersama (apabila sudah cukup umur). Ikatan diantara ibu dan bayi sejak kecil akan dapat menghasilkan sebuah hubungan batin yang sangat erat.

Melakukan banyak aktivitas dengan anak, terlebih lagi sebelum waktu tidur di malam hari akan membuatnya merasa lelah dan akhirnya mampu tertidur pulas, misalnya saja dengan menggelapkan ruangan ataupun Anda ikut berbaring dulu di sampingnya. Baca juga: 7 Aktifitas Wajib Bayi Sebelum Tidur.

Aturlah suasana hatinya

Apabila Anda ingin si kecil tidur dengan pulas, maka aturlah suasana hatinya dan lingkungan sekitar agar dapat mendukung, misalnya dengan cara menggelapkan ruangan ataupun Anda ikut berbaring di tempat tidur. Cara tersebut membuat bayi Anda merasa nyaman, karena menganggap saat tersebut adalah waktu semua orang sedang terlelap. Apabila menjelang tidurnya bayi mulai mengoceh, jangan membalas ocehan si kecil dengan godaan, sebaiknya hiraukan saja dulu dan arahkan bayi untuk cepat tertidur.  Hindari juga kontak mata dan pembicaraan dengannya sampai buah hati Anda tertidur.

Itulah 4 tips mengatur pola tidur bayi agar dia terlelap di malam hari sertatidak rewel karena sering bangun tengah malam. Lakukan dengan sabar dan nikmati proses ini, karena nantinya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan saat buah hati Anda sudah besar nantinya.

Related Post "4 TIPS MENGATUR POLA TIDUR BAYI YANG BENAR"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa