5 GEJALA ANEMIA PADA ANAK YANG HARUS DIKETAHUI

Sebaiknya Anda kenali dan waspadai 5 gejala anemia pada anak yang akan dijelaskan dalam tulisan ini. Zat besi berfungsi untuk membantu dalam memproduksi hemoglobin, protein yang sangat dibutuhkan di dalam darah. Protein tersebut fungsinya adalah mengangkut oksigen ke seluruh jaringan yang ada di dalam tubuh. Jadi, kekurangan zat besi bisa menyebabkan penurunan tingkat hemoglobin pada darah yang pada akhirnya akan menurunkan suplai oksigen di dalam jaringan tubuh.

Penyebab anemia pada anak ini terjadi karena berbagai alasan berbeda satu dengan lainnya, seperti karena adanya cedera ataupun penyakit, kurangnya asupan kaya zat besi atau penyebab anemia lainnya seperti kegagalan tubuh untuk dapat menyerap zat besi dari makanan-makanan yang dikonsumsi. Untuk melakukan sebuah pencegahan ataupun penanganan dini, berikut ini adalah 5 gejala anemia pada anak yang umum dan harus Anda waspadai.

gejala anemia pada anak

Image: piximggif.com

Lesu dan mudah lelah

Karena jumlah dari sel darah merah yang berfungsi sebagai pembawa oksigen rendah, maka organ tubuh akhirnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, anak Anda jadi sering terlihat lesu dan juga mudah lelah.

Warna kulit pucat

Anak yang mempunyai tingkat hemoglobin rendah akan mempunyai warna kulit lebih pucat dibandingkan anak lainnya yang normal dan sehat.

Tidak naf-su makanan

Karena anak sering merasa lesu, maka anak dengan anemia cenderung lebih malas untuk bergerak atau melakukan berbagaik aktivitas. Dan itu juga dapat membuat mereka kehilangan naf-su makannya.

Sering terkena infeksi

Karena rendahnya tingkat hemoglobin di dalam tubuh dapat menyebabkan turunnya sistem imun. Akibatnya, tubuh anak sangat rentan terhadap berbagai jenis infeksi dan penyakit.

Sesak napas

Anak yang sedang menderita anemia tidak mempunyai cukup sel darah merah untuk dapat membawa oksigen di dalam darah ke seluruh bagian tubuh. Alhasil, mereka juga jadi mudah akan kekurangan pasokan oksigen kebagian jantung juga yang dapat menyebabkan sesak napas. Baca juga: Cara Mengatasi Asma Pada Anak

Itulah 5 gejala anemia pada anak yang harus selalu diwaspadai oleh orang tua. Jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter agar tidak menjadi lebih parah nantinya.

Related Post "5 GEJALA ANEMIA PADA ANAK YANG HARUS DIKETAHUI"

KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang
4 PENYEBAB BAYI TIDAK BISA TIDUR NYENYAK
Bunda, ada 4 penyebab bayi tidak bisa
7 MAKANAN AGAR ANAK TUMBUH TINGGI SECARA ALAMI
Pastikan si kecil mengonsumsi 7 makanan agar
BOLEHKAH ANAK MINUM KOPI?APAKAH BAHAYA?
Bolehkah anak minum kopi? Apakah bahaya? Kopi