5 ALASAN TEMPAT TIDUR BAYI HARUS TERPISAH

Sedikitnya ada 5 alasan tempat tidur bayi harus terpisah dari tempat tidur orang tuanya sendiri. Membiarkan bayi Anda tidur sendiri ataupun satu tempat tidur bersama dengan orangtua seringkali menjadi perdebatan pasangan suami istri. Sebagian besar ada mengatakan bahwa membiarkan anak mereka tidur secara terpisah dengan orang tuanya adalah ide yang terbaik untuk dapat membuat mereka jadi mandiri dan lebih percaya diri.

Namun, bayi yang tidur di dalam tempat tidurnya sendiri sebenarnya memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan. Ingatlah, mempertimbangkan untuk membuat pilihan ini penting sebelum membuat keputusan. Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan tentunya usia pada saat bayi siap untuk tidur sendiri. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa anak Anda harus tidur di tempat tidurnya sendiri seperti yang sudah dilansir Boldsky.

tempat tidur bayi

Image: www.mocheta-parchet.ro

Sudden Infant Death Syndrome alias SIDS

SIDS atau yang sering disebut juga dengan sindrom kematian mendadak pada bayi menjadi salah satu alasan utama kenapa si kecil sebaiknya tidur pada tempat tidurnya sendiri. Angka kasus kematian karena hal ini terbilang sangat tinggi, terutama pada kalangan bayi pada saat mereka tidur dengan orang de-wasa. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan bayi terkena SIDS, mulai dari karena selimut, bantal hingga kasur dan juga bahkan tangan Anda. Baca juga: 6 Tips Nyaman Dekorasi Kamar Bayi.

Lebih menenangkan

Pada saat anak tidur di tempat tidurnya sendiri, mereka mempunyai waktu untuk dapat menenangkan dirinya sendiri. Sedangkan pada saat tidur dengan orangtuanya, mereka akan selalu melihat pada orang tua untuk dapat menenangkan diri & kembali tidur. Baca juga: 4 Tips Ibu Pemula Untuk Menidurkan Bayi.

Dapat meningkatkan kepercayaan diri

Ini merupakan salah satu alasan kenapa tidur di tempat tidur sendiri memang dibutuhkan oleh seorang bayi. Mereka jatuh tertidur di dalam waktu singkat tanpa perlu selalu mencari kehadiran orang tuanya. Namun, pastikan dulu keselamatan serta keamanan mereka sebelum Anda meninggalkan si kecil untuk tidur sendiri. Baca juga: 4 Tips Memilih Ranjang Bayi Yang Tepat.

Kebersamaan dengan anak

Pada saat Anda dan buah hati tidur secara terpisah, kemungkinannya bahwa kein-timan Anda dan si buah hati akan berkurang. Namun, Anda harus menyadari bahwa pada saat anak tumbuh de-wasa, mereka harus bisa menghabiskan waktunya jauh dari orangtua. Baca juga: 5 Tips Supaya Anak Tidak Takut Gelap.

Panting untuk Anda dan pasangan

Sulit untuk mempunyai waktu pribadi bersama dengan pasangan pada saat Anda tidur bersama si dengan kecil dalam satu tempat tidur. Ini merupakan salah satu alasan kenapa anak  harus tidur di tempat tidurnya sendiri. Pada saat bayi berusia 4 hingga 6 minggu, Anda bisa memastikan mereka mempunyai tempat tidurnya sendiri. Anda juga bisa menjaga si buah hati selama 5 hingga 6 bulan di tempat tidur Anda dan setelah itu memindahkannya ke sebuah tempat tidur bayi yang khusus.

Itulah 4 alasan tempat tidur bayi harus terpisah dari orangtuanya. Sebaiknya Anda melatih ini sejak dini, karena cukup banyak anak yang tidak bisa atau tidak berani tidur sendiri hingga usianya memasuki remaja.

Related Post "5 ALASAN TEMPAT TIDUR BAYI HARUS TERPISAH"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa