6 TIPS DEKORASI KAMAR BAYI YANG AMAN & NYAMAN

Menunggu kelahiran bayi tentu saja merupakan hal yang sangat membahagiakan untuk para orang tua. Terlebih jika merupakan kelahiran anak pertama, banyak sekali persiapan yang harus dilakukan dari mulai pakaian sampai kamar untuk bayi. Persiapan penting dalam menunggu kelahiran adalah membuat dekorasi kamar bayi. Mungkin bagi banyak orang tua ini merupakan hal yang sepele tapi sebenarnya sangat penting. Kamar bayi harus di dekor senyaman mungkin agar bayi tenang dan tidak mudah rewel.

Untuk Anda yang ingin mulai mendekorasi kamar calon bayi yang ada dalam kandungan sebaiknya harus memperhatikan 6 hal penting berikut ini.

Pilih lokasi yang tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat kamar bayi adalah tempat atau lokasi. Kamar bayi sebaiknya ditempatkan pada kamar yang letaknya sangat strategis yaitu tidak terlalu jauh dari kamar Anda. Dengan begitu jika bayi Anda menangis pada malam hari bisa terdengar oleh Anda dan bisa langsung diberikan pertolongan oleh Anda. Anda bisa memilih kamar tepat di sebelah kamar utama ataupun disamping kamar Anda.

dekorasi kamar bayi

Image: kidsgottalearn.com

Warna yang menenangkan

Untuk dekorasi kamar bayi sebaiknya pilih warna yang menenangkan. Warna yang menenangkan ini tidak harus sesuai dengan jenis ke-lamin bayi, misalnya pink untuk perempuan dan biru untuk laki-laki. Anda bisa memilihkan warna yang tenang seperti putih, ungu muda, hijau muda, dan warna soft lainnya. Hindari untuk menggunakan warna kuning untuk warna tembok ataupun perabotan lainnya karena bisa memberikan efek yang kurang baik pada bayi Anda.

Utamakan keamanan

Untuk kamar bayi sebaiknya pilih perabotan yang aman. Hindari menggunakan perabotan yang bisa menimbulkan efek samping beracun ataupun berbahaya untuk bayi. Selain itu, Anda juga harus memilih tempat tidur ranjang bayi yang aman dan nyaman. Pilihkan kasur atau tempat tidur yang terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman. Bahan yang lembut ini bisa membuat bayi Anda merasa lebih nyaman dan aman. Anda juga perlu menambahkan pengaman pada ranjang ataupun tempat tidur bayi. Baca juga: Tips Cerdas Memilih Ranjang Bayi.

Mudah dibersihkan

Mendekor kamar bayi agar nyaman juga harus memperhatikan kebersihan kamar. Pilihlah barang-barang yang mudah untuk dibersihkan, baik dari perabot ataupun mainan bayi yang ada didalam kamar. Perabot dan mainan yang mudah dibersihkan ini bisa mempermudahkan Anda dalam membersihkan dan menghindari untuk dijadikan sebagai sarang kuman dan juga debu.

Pencahayaan yang cukup

Pencahayaan juga perlu untuk diperhatikan dalam membuat desain kamar bayi. Berikan pencahayaan yang cukup untuk kamar bayi Anda. Pencahayaan ini bisa dari lampu ataupun cahaya alami dari luar ruangan. Untuk mendapatkan cahaya yang maksimal di pagi sampai sore hari sebaiknya berikan jendela pada kamar bayi Anda. Cahaya matahari juga sangat baik untuk kesehatan tulang bayi.

Kreatif

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah kreatifitas. Keluarkan semua kreatifitas Anda untuk membuat desain kamar bayi yang nyaman. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membuat kamar bayi yang nyaman, Anda bisa mengeksplor kreatifitas Anda sendiri. Anda bisa menggunakan hiasan-hiasan sederhana yang dibuat sendiri, misalnya hiasan gantung pada kamar.

Itulah enam tips untuk mendekor kamar bayi Anda. Dengan memperhatikan 6 tips membuat dekorasi kamar bayi ini, Anda bisa membuat kamar bayi yang nyaman. Faktor utama yang harus diperhatikan dalam membuat dekorasi untuk kamar bayi adalah kenyamanan. Jangan sampai bayi Anda terganggu hanya karena dekorasi kamarnya yang kurang nyaman untuk ditempati.

Tags: Perlengkapan Bayi

Related Post "6 TIPS DEKORASI KAMAR BAYI YANG AMAN & NYAMAN"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa