BAHAYA MENYUAPI ANAK MAKAN DENGAN PAKSAAN

Bahaya Menyuapi Anak Makan Dengan Paksaan – Apakah Bunda sudah mengenal nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak tersayang? Bagi anak-anak, sangat penting untuk memperoleh asupan nutrisi yang baik yang menunjang tumbuh kembangnya dan agar terhindar dari berbagai macam gangguan dan juga penyakit. Oleh sebab itu, orang tua wajib untuk memberikan makanan serta nutrisi bergizi supaya anak memiliki sistem cerna dan juga kesehatan yang baik.

Anak-anak yang masih kecil sering kali masih disuapi oleh orang tuanya setiap kali mengonsumsi makanan. Meskipun demikian, menurut seorang psikolog, Rini Hildayani MPsi, saluran cerna yang sehat dan juga nutrisi yang baik erat kaitannya dengan bagaimana cara orang tua dalam memberi makanan pada anak. Jika orang tua memberi makanan anaknya dengan penuh tekanan, paksaan, ataupun ancaman, tentunya akan memberi dampak pada anak. Ini juga akan menjadi sumber stres pada si buah hati.

menyuapi anak makan

Selanjutnya, Rini juga menjelaskan, ada beberapa masalah pada bagian saluran cerna anak yang dapat mengganggu kenyamanan. Misalnya saja, si kecil yang terus menerus mengalami kolik, sehingga perutnya akan terasa sakit bisa berakibat membuat anak jadi menangis. Dalam keadaan ini, orang tua tentunya akan berupaya agar tangisan si anak berhenti. Tapi, upaya orang tua yang berusaha untuk mengatasi hal tersebut bisa berdampak kedua belah pihak malah terganggu psikologisnya. Untuk menghindari bahaya menyuapi anak makan dengan paksaan, Anda bisa membaca 14 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Tepat.

Orang tua bisa merasa dirinya tidak mampu, tidak merasa kompeten dalam mengasuh anaknya karena buah hatinya kerap kali menangis. Stres jika dari sisi psikologis disebabkan oleh stimulus emosional. Ketidakmampuan dari orang tua tersebut juga bisa berawal dari pengasuhan yang sifatnya negatif. Misalnya saja, orang tua cenderung merasa tidak sensitif dan peka terhadap tanda-tanda yang tampak pada anak. Saat anak menangis karena lapar akan dibiarkan saja. Orang tua tidak akan cepat tanggap, kalau dilakukan secara terus-menerus akan menjadi sumber stres anak.

Nah, bujuk si kecil agar mau makan dengan cara yang baik. Karena bahaya menyuapi anak makan dengan paksaan, menakut-nakuti atau mengancamnya dengan apa yang ia takuti. Semoga pemaparan ahli tentang hal ini membuat Anda semkin bijak menjadi orang tua.

Tags: perkembangan anak

Related Post "BAHAYA MENYUAPI ANAK MAKAN DENGAN PAKSAAN"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang
BUNDA, STOP DONGENG PRINCESS (PUTERI) BAGI ANAK!
Bunda, stop dongeng princess (puteri) bagi anak