10 CARA MENGATASI DEMAM PADA ANAK

Ada 10 cara mengatasi demam pada anak yang akan dijelaskan disini. Kala suhu tubuh buah hati Anda meningkat, jangan sampai panik dan hilang kendali. Bahkan menurut website IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia, cara mengatasi anak demam merupakan pertanyaan yang sering diajukan dalam konsultasi pada dokter anak maupun pada dokter umum.

Menurut penjelasan dr. Manny Alvarez di Hackensack University Medical Center, pada saat suhu tubuh anak Anda di atas 38 derajat Celcius, sudah waktunya segera membawa anak-anak Anda ke dokter. Namun jika tidak demam tinggi Anda cukup merawatnya di rumah sendiri. Seperti dilansir oleh laman liputan6.com dan id.theasianparent.com, inilah 10 cara mengatasi demam pada anak.

Pastikan dulu tahu suhu tubuhnya

Cara mengatasi anak demam yang paling pertama adalah memegang dahi atau leher anak untuk mengecek suhu tubuh anak yang biasa dilakukan. Namun alat pengecek suhu tubuh sekarang sudah banyak, apalagi saat ini ada teknologi digital yang dapat memastikan secara akurat berapakah suhu tubuhnya.

demam pada anak

Image: id.theasianparent.com

Kompres anak

Inilah cara mengatasi anak demam paling umum yang sering dilakukan orang tua sejak dulu, karena paling mudah untuk dilakukan dan efektif. Kompreslah dahi si kecil dengan handuk basah yang dingin, ataupun sekarang ini sudah banyak tersedia alat kompres yang bisa dibeli di apotik terdekat. Kompresan dengan air dingin akan menurunkan suhu di bagian kepala, sehingga anak Anda menjadi lebih tenang.

Pastikan anak Anda sering minum

Pada saat suhu tubuh tinggi mereka biasanya akan mengalami dehidrasi. Pada anak-anak, dehidrasi ini dapat berkembang dengan sangat cepat. Bagi seorang anak yang masih minum ASI, pastikan untuk sering mengonsumsinya. Monitor kecukupan cairan tubuh anak dengan memastikan ia sering buang air kecil. Baca juga: 8 Masalah Kesehatan Pada Bayi.

Mandikan anak dengan air hangat

Memandikan anak dengan memakai air hangat atau ruam-ruam kuku juga akan membantu meredakan demam anak. Jangan pernah memandikannya dengan air dingin karena ia nantinya akan menggigil kedinginan. Tambahkan saja garam mandi ataupun essential oil misalnya seperti Lavender oil untuk dapat menenangkan tubuh. Bila tidak mungkin untuk memandikannya, lap tubuhnya dengan handuk ataupun washlap basah yang hangat. Baca juga: 11 Tips Memandikan Bayi Baru Lahir.

Pijat dengan memakai ramuan herbal

Campurkan saja minyak kayu putih dengan 2 hingga 3 parutan bawang merah, ditambah dengan seiris jeruk nipis. Jika minyak kayu putih ternyata terlalu keras, bisa diganti dengan memakai minyak kelapa. Jeruk nipis juga dapat digantikan dengan menggunakan asam Jawa. Pijatlah tubuh si kecil dengan memakai ramuan ini, terutama bagian punggung, dada dan perutnya.

Pijat memakai peppermint oil

PepperMint Oil ini bermanfaat untuk dapat meredakan demam anak Anda. Mentol yang terdapat di dalam PepperMint Oil akan mampu melancarkan hidung yang mampat atau tersumbat, sinusitis, serta beberapa gejala demam lainnya. Pijatlah anak pada bagian dada dan punggungnya secara lembut serta perlahan. PepperMint Oil akan membantu meredakan temperatur kulit buah hati Anda yang hangat. Baca juga: Teknik Memijat Bayi.

Tingkatkan kekebalan tubuh anak

Berikan anak makanan yang bergizi tinggi supaya daya tahan tubuhnya jadi lebih baik. Demam pada anak dapat membuat selera makan anak jadi menurun. Jadi Anda pastikan apa yang anak makan benar-benar bergizi. Kuah kaldu (bukan terbuat dari kaldu blok, namun kuah rebusan ayam atau daging) adalah salah satu jenis makanan bergizi untuknya.

Kenakan pakaian yang nyaman

Memastikan bayi atau anak Anda mengenakan pakaian yang terasa nyaman. Jangan menutupi tubuh anak dengan pakaian yang terlalu tebal maupun selimut. Pastikan juga suhu kamar anak normal, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Baca juga: Tips Memilih Baju Bayi Yang Nyaman.

Biarkan anak banyak tidur dan istirahat

Istirahat dapat membuat suhu tubuh anak mudah reda. Bila si kecil terus saja aktif bergerak, tubuhnya akan lelah dan temperaturnya juga dapat meningkat. Jika dia tidak mau tidur, putarkan saja acara TV kesenangannya dan minta anak berbaring.

Pergi ke dokter

Cara mengatasi anak demam yang paling baik adalah jika suhu tubuhnya meningkat sampai 38 derajat Celcius segera saja bawa ke dokter. Pastikan dokter memberikan obat yang tepat seperti Acetaminophen ataupun ibuprofen bisa membantu menurunkan suhu tinggi.

Itulah 10 cara mengatasi demam pada anak yang harus diketahui para orang tua agar tidak panik saat buah hatinya sakit. Pastikan Anda mempunyai persediaan alat dan obat yang disebutkan di atas untuk berjaga-jaga, karena anak kecil biasanya rntan terkena demam.

Related Post "10 CARA MENGATASI DEMAM PADA ANAK"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang