8 CARA MENGATASI ANAK NAKAL DENGAN PENDEKATAN TEPAT

Berikut ini akan disampaikan mengenai cara mengatasi anak nakal yang baik untuk Anda lakukan. Sebagai orangtua yang memiliki anak remaja, tentunya Anda akan merasa memiliki beban yang cukup berat. Perilaku anak-anak remaja memang seringkali membuat Anda sulit untuk memahaminya. Walaupun itu adalah anak Anda sendiri. Mungkin Anda berfikir bahwa perilaku anak remaja Anda bermasalah. Pada dasarnya, perilaku yang ia tunjukkan sangat berkaitan erat dengan psikologisnya. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku tersebut merupakan perilaku alami. Semua orang tentu akan atau bahkan pernah mengalami perilaku tersebut.

Sebagai orangtua yang baik, ada baiknya Anda menyimak cara mendidik anak nakal berikut ini. Mungkin saja beberapa ulasan berikut ini dapat membantu Anda mengatasi perilaku anak Anda yang nakal. Anak remaja memang banyak mengalami perubahan, baik perubahan fisik ataupun mental. Untuk perubahan fisik sendiri dapat Anda lihat tergantung dari jenis kel-amin anak tersebut. Jika anak laki-laki akan melihat mulai tumbuh bulu di beberapa bagian tubuh. Sedangkan untuk anak perempuan yaitu membesarnya bagian dada serta terjadinya menstruasi.

Cara mengatasi anak nakal

Jika Anda memiliki anak remaja yang nakal dan sulit diatur, jangan pernah menyerah untuk mendidiknya. Menyerah dan membiarkannya hidup sesuai pilihannya saat itu bukanlah solusi yang tepat untuk Anda lakukan. Cobalah dengan melakukan pendekatan, bagaimanapun Anda adalah orangtuanya. Tunjukkan perilaku yang baik dengan cara yang baik pula. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips cara mengatasi anak yang nakal dan sulit diatur.

Bersikap seolah tidak acuh

Saat memasuki usia remaja, anak-anak akan merasa ingin menjauh dari orangtua. Sebagai orangtua mungkin Anda akan merasa sakit dengan perilaku tersebut. Anak yang dulu ingin menempel terus dengan Anda kini tidak lagi. Untuk mengatasi masalah ini bersikaplah seolah Anda tidak acuh. Dengan begitu suatu saat anak remaja Anda akan luluh.

Jangan batasi alat telekomunikasi

Di jaman yang serba modern saat ini, anak remaja umumnya menghabiskan waktunya bersama alat elektronik. Dalam mengatasi masalah ini, jangan terlalu keras dengan anak remaja Anda. Cara mendidik anak nakal sebaiknya tidak melakukan ke-kerasan dari awal. Untuk masalah ini, Anda tidak harus melarang anak Anda untuk menggunakan alat elektronik. Anda dapat membatasi uang yang Anda berikan kepadanya. Dengan begitu, anak akan lebih berfikir mengenai biaya yang harus ia keluarkan saat menggunakan alat tersebut.

Buat batasan tegas

Anak-anak remaja yang sulit diatur memang memberikan beban tersendiri bagi para orangtua. Salah satu perilaku anak remaja yang sulit diatur adalah pulang larut malam. Tentunya sebagai orangtua Anda akan merasa cemas atau khawatir dengan kondisi anak Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mendiskusikannya dengan anak Anda. Sebelum keluar, tanyakanlah jam berapa ia akan pulang. Jika ia pulang melebihi jam yang dijanjikan maka Anda dapat membuat batasan yang tegas. Contohnya yaitu melarang anak untuk keluar di akhir pekan.

Saling mengungkapkan pendapat

Cara mengatasi anak nakal selanjutnya yaitu dengan memberikan ruang kepada anak Anda dalam berpendapat. Sebagai orangtua tentunya Anda akan sedikit pemilih dalam urusan teman. Anak Anda mungkin akan berteman dengan beberapa orang yang tidak akan Anda sukai. Dalam masalah ini, jangan langsung melarang anak Anda untuk berteman dengan orang tersebut. Cobalah melakukan pendekatan dan berbicara dengan kepala dingin. Sampaikan pendapat Anda mengenai orang yang berteman dengannya tersebut. Selain itu, dengarkan juga pendapat anak Anda mengenai orang tersebut.

Tunjukkan bahwa Anda orang terbuka

Sebagian besar anak remaja berfikir bahwa orangtua banyak melakukan larangan dan mengekangnya. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan berbicara beberapa hal yang menunjukkan bahwa Anda orang yang terbuka. Contohnya saja Anda ingin bertemu dengan pacar anak Anda dan menyuruhnya datang ke rumah. Dengan begitu, anak Anda akan berfikir bahwa Anda bukanlah orang yang ingin mengekangnya.

Berikan alasan atas aturan yang Anda berikan

Memberikan beberapa aturan memang tugas Anda sebagai orangtua. Hal ini sebagian besar dari tugas Anda dalam mendidik anak. Agar Anda tidak selalu melanggar aturan tersebut, cobalah berbicara dengan lebih baik. Bicarakan aturan serta konsekuensi jika anak Anda melanggar aturan tersebut. Bicarakan juga alasan kenapa aturan tersebut harus dibuat. Jangan mengarang cerita yang tidak masuk akal. Anak-anak remaja saat ini tidak akan percaya hal-hal yang tidak masuk akal. Oleh sebab itu, berikan alasan yang bagus dan masuk akal sehingga mudah diterima anak Anda.

Tunjukkan resiko perilakunya

Sebagai orangtua yang baik, cobalah untuk mengumpulkan beberapa bukti akibat kenakalan anak remaja lainnya. Setelah itu tunjukkan dan bicarakan dengan anak Anda secara baik-baik. Jangan melarang anak tanpa alasan yang tepat sehingga membuatnya merasa dihakimi. Jadilah orangtua yang bijak yang memberikan nasihat baik untuk anak Anda. Dengan menunjukkan resiko atas beberapa perilakunya yang buruk maka anak Anda akan lebih berfikir. Setidaknya anak Anda akan berfikir 2 kali jika akan melakukan hal-hal yang tidak benar.

Ketahui hal-hal yang anak sukai

Cara mendidik anak nakal yang terakhir yaitu dengan mengetahui hal-hal yang ia sukai. Contohnya saja dalam hal bermusik, menulis, bermain game dan lain sebagainya. Setelah Anda mengetahui hal-hal yang anak Anda sukai maka akan lebih mudah mengontrol emosinya. Baca Juga: Cara Cerdas Mendidik Remaja Masa Kini.

Itulah beberapa cara mengatasi anak nakal serta beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendidik anak remaja Anda yang nakal. Pada dasarnya, jangan pernah menyerah terhadap perilaku anak remaja Anda yang sudah melewati batas. Lakukan pendekatan dan berbicara dengan kepala dingin. Ketahui apa yang ia inginkan dan tunjukkan beberapa contoh yang baik dan yang salah. Tunjukkan pula resiko-resiko atas kenakalan anak Anda. Dengan pendekatan yang tepat maka anak Anda akan luluh dan mulai mendengarkan nasihat Anda.

Tags: mendidik anak

Related Post "8 CARA MENGATASI ANAK NAKAL DENGAN PENDEKATAN TEPAT"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang