7 TIPS & CARA MENDIDIK ANAK SECARA ADIL

7 Tips & Cara Mendidik Anak Secara Adil – Memiliki banyak anak tentu sangat menyenangkan dan rumah Anda akan terasa selalu ramai. Tapi, kebanyakan orang tua kadang sering memihak ke salah satu anak saja, karena anak tersebut dianggap yang paling menonjol. Akibat dari sikap ini munculah kecemburuan antar anak dan akan membuatnya menjadi tidak akur.

Jika saat ini Anda sedang berada dalam kondisi tersebut, berikut adalah 7 tips & cara mendidik anak secara adil untuk mengurangi rasa persainganyang timbul  antar anak seperti yang dilansir oleh magforwomen.
 

Jangan pernah membandingkan anak

Ketika ada satu anak yang lebih patuh dan menonjol di dalam bidang akademis misalnya, banyak orangtua yang selalu membandingkan dengan anak yang lainnya. Hal tersebut jelas tidak dianjurkan. Selalu membandingkan anak-anak akan membuat segalanya menjadi lebih buruk. Pada saat Anda membandingkan, Anda secara otomatis akan menurunkan harga diri dari satu anak dan menambah arogansi kepada anak yang Anda unggulkan. Pahamilah bahwa mereka merupakan individu dengan sikap yang punya perbedaan dan memiliki kelebihan masing-masing.

Cara mendidik Anak

Image: en.hdyo.org

Jangan membuat anak yang lebih tua menderita

Hanya karena anak yang lebih tua sering dianggap lebih de-wasa bukan berarti dia selalu harus mengalah. Seringkali orangtua meminta anak sulungnya untuk memahami dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan semua adik-adiknya. Perlakuan seperti ini tidak akan menjadikan dia cukup de-wasa dan bisa mengerti semuanya. Jika Anda terus saja memintanya untuk dapat berkorban, maka Anda hanya akan menabur benih kepahitan dan juga kebencian. Ada saatnya juga anak yang lebih tua harus mengalah kepada adiknya, namun ada juga waktu untuk si sulung memiliki pendapatnya sendiri.

Jangan pernah memihak

Jangan pernah memihak atau condong kepada satu anak. Anda mungkin merasa kagum dengan anak bungsu yang lebih rajin dibandingkan kakaknya atau sebaliknya. Tapi bukan berarti Anda cuma memperhatikan si bungsu/ si sulung saja bukan? Setiap anak itu spesial. Perlakukanlah mereka semua dengan cara yang sama. Berikan mereka didikan dan juga kasih sayang yang sama supaya setiap anak dapat tumbuh dengan sempurna. Jadi, pada saat mereka berdebat ataupun bertengkar, Anda jangan berpihak. Memberikan solusi dan menjadi penengah merupakan jalan yang terbaik.

Lakukan hal yang menyenangkan bersama

Cara  paling baik untuk mencairkan ketegangandi antara saudara kandung ialah dengan melakukan kegiatan menyenangkan yang dikerjakan secara bersama-sama. Aktivitas yang dapat dilakukan bersama, terlebih lagi jika anak-anak Anda menyukainya tentu akan menciptakan sikap saling menyayangi dan juga mengurangi rasa persaingan diantara sesama saudara.

Tunjukkan cinta Anda tanpa syarat

Seringkali anak yang lebih tua merasa bahwa dia tidak dicintai lagi karena kehadiran seorang adik. Janganpernah membiarkan hal seperti itu terjadi. Pastikan Anda selalu mencintai semua anak dengan sama dan juga tanpa syarat. Biarkan saja mereka merasa aman tentang cinta serta kasih sayang.

Perlakukan mereka sama

Cobalah untuk dapat memperlakukan semua anak Anda dengan sama. Apabila Anda memberikan hadiah kepada si sulung karena telah berprestasi, maka pada saat si bungsu juga juara, tentu Anda juga harus memberinya hadiah. Pada saat si sulung dan juga bungsu melakukan sebuah kesalahan, Anda juga harus menegur keduanya.

Jadilah teladan yang baik

Pada saat orang tua dapat bersikap adil, maka sang anak nantinya akan melihat sikap Anda tersebut dan menirunya. Berilah contoh sikap saling menyayangi dan juga saling menghormati antar sesama. Ajarkan juga pada anak bagaimana caranya untuk bersikap pada kakak ataupun adik. Dengan demikian diharapkan anak Anda akan paham dan sekaligus mengurangi rasa cemburu.

Itulah 7 tips & cara mendidik anak secara adil. Anak merupakan anugerah dari Tuhan. Perlakukanlah mereka dengan baik serta jangan pernah membeda-bedakannya, karena anak-anak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Related Post "7 TIPS & CARA MENDIDIK ANAK SECARA ADIL"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang