5 CARA MENGATASI ANAK NAKAL DENGAN BENAR

Perkembangan usia anak yang semakin bertambah tentu memiliki efek dengan bertambahnya pengetahuan anak terhadap lingkungannya. Pada tahap tumbuh kembangnya anak tidak lagi bergantung kepada kedua orang tuanya, namun anak akan menemukan dunianya sendiri, berteman dengan teman yang sesuai dengan pilihannya. Mau tidak mau perilaku anak juga akan berpengaruh terhadap lingkungan dan teman bergaul. Jika anak bergaul dengan lingkungan yang salah maka perilaku anak juga akan ikut terpengaruh terhadap lingkungannya. Tidak ada anak yang nakal, yang ada adalah anak yang keliru dalam memilih jalan yang harus dilaluinya. Sebagai orang tua seharusnya telah memiliki trik dan cara mengatasi anak nakal yang telah terlanjur memilih jalan yang keliru.

Ketika anak telah beranjak besar, maka peran orang tua hanya sebagai pengawas terhadap perilaku anak. Ketika kecil telah ditanamkan norma dan aturan kesopanan yang menjadi dasar bagi anak untuk berperilaku. Namun bagaimana jika anak yang telah dididik dengan baik disebabkan oleh lingkungan menjadi anak yang nakal. Atau anak yang seharusnya baik dengan pola asuh yang keliru juga bisa menyebabkan anak menjadi nakal, yang pada dasarnya tidak ada anak yang nakal. Cara mendidik anak nakal memang memerlukan usaha yang sedikit ekstra, namun bukannya tidak mungkin untuk merubah perilaku anak yang keliru menjadi lebih baik lagi.

Cara mengatasi anak nakal

Image: www.itskeptic.org

Berikut 5 cara mengatasi anak nakal yang bisa dijadikan sebagai referensi orang tua dalam mendidik anak menjadi pribadi lebih baik lagi, antara lain ialah:

Memberikan contoh

Orang tua adalah role model bagi anak. Perilaku yang diperlihatkan oleh orang tua akan berpengaruh kepada anak. Ketika menghadapi anak nakal tidak bisa dengan menggunakan perkataan atau makian, namun berikan contoh bahwa perilaku yang dilakukan anak adalah salah. Dimulai dari orang tua dengan memberikan contoh kemudian pengertian, maka anak akan mengikuti bahwa yang apa yang diperbuat anak adalah keliru.

Selalu bersikap tenang

Ketika anak mendapatkan sesuatu dari lingkungannya yang membuat orang tua kaget, tidak perlu panik atau memarahi. Namun bersikap tenang, ajak anak mengobrol dari hati ke hati, kemudian berikan penanaman kepada anak, bahwa apa yang ia dapatkan dari luar tidak sepenuhnya benar. Dengan berteriak dan memarahi anak justru akan membuat anak merasa tersudut dan akhirnya perilaku anak tidak akan berubah. Baca juga: Bahaya Mendidik Anak Dengan Kasar.

Gunakan bahasa yang halus

Orang tua sebagai role model bagi anak tidak hanya berupa sikap dan perilaku tapi juga dari gaya bicara dan bahasa yang digunakan. Dalam cara mendidik anak nakal, tidak bisa menggunakan bahasa yang kasar dan keras. Gunakan bahasa yang halus agar anak mengerti bahwa perilakunya keliru dan tidak boleh untuk diulangi kembali.

Punish and reward

Dengan melakukan hukuman yang sesuai dengan tindakannya yang nakal diharapkan akan membuat efek jera bagi anak. Akan tetapi, jangan beri hukuman saja jika anak berbuat salah, namun beri juga penghargaan bagi anak jika anak melakukan sesuatu yang istimewa dan luar biasa. Dengan cara mendidik anak nakal seperti ini, anak diharapkan mengerti akan sebuah aturan. Baca juga: Cara Menghukum Anak Yang Benar.

Memberikan pendidikan agama

Agama adalah pondasi bagi kehidupan, begitu juga dengan anak. Dengan ditanamkan pendidikan anak dari dini, diharapkan anak akan kembali ke pondasi agama jika suatu saat anak tersesat pada jalannya. Dengan memberikan pendidikan agama yang kuat, diharapkan anak akan memiliki perilaku yang berbudi pekerti luhur. Baca juga: Cara Mendidik Anak Secara Islami.

Cara mengatasi anak nakal tidak bisa dengan cara yang kasar dan keras, namun dengan lemah lembut dan sikap tenang yang menjadikan anak akan berubah perilakunya. Yang paling penting orang tua sebagai role model harus memberikan contoh yang baik bagi anak.

Related Post "5 CARA MENGATASI ANAK NAKAL DENGAN BENAR"

5 TIPS & CARA MENGAJARKAN ANAK AGAR JUJUR SEJAK KECIL
Sedikitnya ada 5 tips & cara mengajarkan
BUNDA, STOP DONGENG PRINCESS (PUTERI) BAGI ANAK!
Bunda, stop dongeng princess (puteri) bagi anak
4 TIPS JIKA ANAK BALITA SERING MEMUKUL & MENGGIGIT
4 Tips Jika Anak Balita Sering Memukul
5 CARA MENGAJARKAN ANAK MEMINTA MAAF
Cara mengajarkan anak meminta maaf mungkin saja