5 CARA MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI MASA KINI

Cara mendidik anak laki-laki tentunya berbeda jika dibandingkan dengan metoda mendidik anak perempuan. Maka dari itu, jika Anda memiliki anak laki-laki dan perempuan harus mendidik mereka dengan metoda yang berbeda. Mempunyai anak laki-laki, tentunya kita sebagai orang tua harus lebih membimbing mereka menjadi pribadi yang tegas dan bertanggung jawab. Selain itu, mendidik anak tentunya harus tepat karena setiap kepribadian dari anak itu sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh pola didikan orang tua. Sehingga sudah kewajiban orang tua untuk melahirkan seorang anak laki-laki yang mandiri, tegas dan bertanggung jawab. Karena seorang laki-laki diciptakan sebagai seorang pemimpin.

IRT Ini Menghasilkan 38,7jt/bln via Internet 

Dia melakukannya dirumah sambil masak dan momong anak. Simak kisah lengkapnya..

 

>>oke saya mau<<

Melahirkan anak laki-laki merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang tua, karena laki-laki memiliki banyak peran di masa depan nanti. Di awal-awal kelahiran bayi laki-laki, orang tua biasanya memberikan sebuah nama yang indah. Nama yang Anda berikan inilah yang nantinya menjadi panggilan yang tepat yang juga dapat membentuk karakter anak laki-laki yang diinginkan. Memberikan sebuah nama tentunya tidak sembarangan, karena nama sendiri sering digunakan orang-orang untuk memanggil anak Anda.

cara mendidik anak laki laki

Nah, selain mencurahkan kasih sayang melalui pemberian nama yang baik, ada beberapa metoda yang tepat mendidik anak bagi Anda yang memiliki anak laki-laki seperti berikut ini.

Curahkan kasih sayang melalui perhatian

Pada umumnya, kaum lelaki terasa sulit untuk mencurahkan kasih sayang serta perhatian kepada sesama atau orang yang dicintai. Melalui perhatian dan kasih sayang yang ditunjukkan oleh orang tua kepada anaknya, merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan anak laki-laki Anda agar tidak merasa malu menunjukkan kasih sayangnya kepada orang lain. Baca juga: Tips Agar Anak Tidak Jadi Pemalu.

Memberi dukungan

Setiap orang di dunia ini pasti membutuhkan apa yang namanya dukungan dari orang lain. Untuk membuat anak menjadi lebih percaya dirinya sendiri, maka Anda selaku orang tua wajib untuk selalu memberikan dukungan kepada anak mengenai segala hal yang anak laki-laki Anda lakukan.

Berkomunikasi dengan baik

Agar Anda bisa selalu mengetahui tingkah laku anak laki-laki anda maka anda harus selalu menjalin komunikasi dengan baik dengan anak anda. Selain itu, dengan selalu berkomunikasi dengan anak laki-laki membuat mereka lebih terbuka terhadap apa yang dilakukan.

Bermain bersama

Sebaiknya jangan terlalu memaksa anak untuk taat terhadap aturan yang Anda buat. Sekali-kali, Anda juga meluangkan waktu untuk bermain bersama. Dengan mengajak bermain bersama anak juga membuat kedekatan Anda bersama anak semakin bertambah.

Mengajari anak untuk memahami kasih sayang tulus

Meskipun anak laki-laki dituntut harus tegas, akan tetapi Anda juga harus mengajarkan mereka tentang artinya ketulusan untuk menyayangi sesama. Hal ini dapat menanamkan rasa kasih sayang yang tulus untuk anak, serta membuat mereka lebih mudah untuk memahami keadaan sesama.

Mengajarkan ilmu agama sejak dini

Pengetahuan agama memang sangat penting sebagai basic atau dasar untuk memagari apa yang mereka lakukan di masa depan. Karena agama merupakan pedoman dasar hidup seseorang. Selain itu, dengan mengajarkan sholat juga membuat anak disiplin terhadap waktu. Baca juga: Cara Mendidik Anak Secara Islami.

Didik anak untuk tidak cengeng

Sebagai anak laki-laki, Anda harus mendidik mereka untuk tegar, bertanggung jawab dan tidak cengeng. Hindari kekerasan ketika Anda mendidik anak laki-laki, karena dengan kekerasan anak akan merasa sakit hati. Baca juga: Bahaya Mendidik Anak Dengan Kasar.

Jadilah panutan mereka

Sebagai orang tua, Anda harus mampu menunjukkan kepada anak bahwa Anda adalah bintang idola atau panutan mereka. Dari sinilah Anda dituntut untuk melakukan hal-hal yang baik yang patut dicontoh oleh anak.

Memberikan kenyamanan

Cara mendidik anak laki-laki berikutnya adalah dengan cara memberikan kenyamanan pada anak. Hindari kesan yang galak pada anak Anda dengan selalu memarahi mereka.

Terapkan rasa tanggung jawab sejak dini

Anda juga bisa menerapkan rasa tanggung jawab sejak dini. Caranya dengan membuat mereka merasa bertanggung jawab terhadap apa yang mereka miliki. Misalnya, menjaga barang-barang mainannya dengan baik.

Ajari anak untuk menghormati orang lain

Anda bisa mengajari mereka melalui tingkah laku yang Anda ikuti untuk menghargai orang yang ada disekitar mereka. Seperti kepada orang tua, tetangga, saudara dan lain sebagainya. Baca juga: Cara Tepat Mengajarkan Anak tentang Sikap Hormat.

Jangan menghakimi

Jika anak telah melakukan kesalahan, sebaiknya jangan menghakimi mereka tetapi buat mereka bertanggung jawab terhadap kesalahan yang dibuat. Nasihati anak, tetapi tidak menghakiminya. Karena dengan menghakimi, justru anak akan menjadi takut untuk mengakui kesalahan mereka. Baca juga: Cara Menghukum Anak Yang Benar.

Jadilah Ayah yang baik

Ayah bagi anak laki-laki merupakan contoh panutan yang layak ditiru. Untuk itu, jadilah sosok ayah yang baik dan jaga tingkah laku Anda didepan anak laki-laki Anda.

Jangan merubah tingkah laku anak

Hentikan kegiatan yang membuat anak merasa tertekan dengan mengubah tingkah laku anak yang impulsif. Anda bisa sedikit demi sedikit menikmati keadaan anak, dan bisa membentuk secara perlahan prilaku mereka.

Hindari lingkungan buruk untuk anak

Untuk membentuk anak yang lebih berkarakter, bertanggung jawab dan berprilaku baik sebaiknya hindari anak dari pengaruh lingkungan yang buruk.

Itulah 15 cara mendidik anak laki-laki di masa kini agar lebih berkarakter dan bertanggung jawab. Semoga beberapa tips yang disampaikan bisa memberikan sedikit gambaran tentang mendidik jagoan Anda.

Tags: mendidik anak

Related Post "5 CARA MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI MASA KINI"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 TIPS & CARA MENGAJARKAN ANAK AGAR JUJUR SEJAK KECIL
Sedikitnya ada 5 tips & cara mengajarkan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.