10 CARA MENGAJARI ANAK MEMBACA DENGAN MENYENANGKAN

Cara mengajari anak membaca merupakan hal yang harus diperhatikan, karena saat anak memasuki usia Taman Kanak-Kanak ia dihadapkan pada kondisi yang mengharuskannya mempunyai kemampuan membaca dan menulis. Sebagai orang tua, Kita tidak boleh hanya mengandalkan aktivitas belajar di sekolah saja untuk mendorong kemampuan membaca ataupun menulis siswa. Karena aktivitas menulis tidak mungkin maksimal tanpa anak dapat membaca, artikel ini akan mengkhususkan pada cara mengajari anak untuk membaca.

Saat berada di rumah, orang tua harus mengajari anak membaca agar materi yang disampaikan di sekolah dapat terserap dengan baik. Cara mengajari anak membaca tentunya harus dengan penuh kesabaran dan dengan cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah 10 cara mengajari anak membaca yang menyenangkan.

Cara mengajari anak membaca

Image: blogs.psychcentral.com

Membaca Sambil Bernyanyi

Cara mengajarkan anak membaca yang ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan, dan pasti para orang tua sering menggunakan metode ini. Ya, biasanya orang tua mengajari anak membaca huruf abjad sambil dinyanyikan, dimulai dari A sampai Z. Cara ini cukup efektif, karena anak akan lebih mudah untuk mengingatnya.

Membaca dengan Bantuan Media Elektronik

Banyaknya video pembelajaran tentang belajar angka, dan huruf yang dijual di pasaran cukup membantu orang tua dalam mengajari anak membaca. Selain itu, permainan-permainan tentang belajar membaca yang disertai gambar menarik juga banyak yang bisa did0wn-load melalui gadget Anda. Melalui media ini, akan tertarik karena belajarnya tidak monoton.

Menggunakan Karpet Huruf

Karpet yang biasanya digunakan untuk alas bermain anak, juga bisa dijadikan sumber belajar. Belilah karpet yang gambarnya melambangkan huruf dan angka. Warna karpet yang menarik, dan gambarnya akan membuat anak tertarik untuk membaca.  Cara mengajarkan anak membaca dengan metode ini cukup efektif, karena anak dapat belajar sambil bermain.

Menggunakan Flash Card

Flash card atau kartu bergambar ini tentu saja akan disukai anak, karena anak akan tertarik dengan gambarnya. Flash card tidak semuanya ada tulisan, ada juga yang hanya ada gambarnya saja, bisa gambar hewan, buah, orang, saduran dll. Anda bisa membuat flash card sendiri dengan menyertakan tulisan pada gambar yang Anda buat.

 

Membaca Sambil Bercerita

Membaca sambil bercerita bisa dilakukan dengan membaca buku cerita bergambar. Yang harus diperhatikan adalah anak bukan saja harus dapat melafalkan apa yang tertulis dalam buku, tapi juga ikut merasakan karakter-karakter yang ada dalam buku cerita.

Usahakan Anak Belajar Membaca Setiap Hari

Agar anak dapat belajar membaca setiap hari, Anda sebagai orang tua tentu harus bisa menyisihkan waktu mengajari anak membaca setiap hari. Mulailah aktivitas ini dengan membaca bacaan yang mudah dan menyenangkan dulu, seperti cerita bergambar, kemudian bacaan yang lebih kompleks.

Jangan Memaksakan Kehendak

Cara mengajarkan anak membaca yang baik adalah dengan tidak memaksakan kehendak kita. Setiap anak tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, oleh karena itu jangan sekali-sekali Anda memaksakan kehendak saat mengajari anak membaca. Jangan pernah pula disamakan dengan anak lain yang sudah bisa membaca. Ikuti saja alur belajar anak, sehingga ia tidak merasa terpaksa untuk belajar.

Pahamilah Mood Anak

Anda harus paham akan mood anak, jangan sampai ketika anak sedang marah, mengantuk, lapar, atau lelah diajak belajar. Mereka tidak akan menurutinya, berbeda saat mood anak sedang dalam keadaan baik. Metode ini harus benar-benar Anda terapkan, karena cara mengajari anak membaca yang menyenangkan sangat bergantung pada kondisi anak.

Jangan Terlalu Lama Dalam Belajar

Belajar yang terlalu lama pasti akan membosankan bagi anak. Oleh karena itu, saat awal-awal Anda mengajari anak belajar cukuplah hanya dengan waktu 15-20 menitan saja.

Berilah Pujian

Saat anak dapat menyelesaikan tugas membacanya dengan baik, berilah anak pujian dengan kata-kata. Hal ini akan mendorong anak untuk terus belajar, karena senang dipuji. Sesekali diberi pujian dengan barang juga tidak apa-apa, asal jangan terlalu sering. Saat anak salah, Anda harus sabar dalam mengarahkan.

Demikian beberapa tips dan cara mengajari anak membaca dengan menyenangkan. Ajari anak dengan penuh kesabaran dan kelembutan agar dia tidak merasa terpaksa serta tidak merasa tertekan.

Tags: mendidik anak

Related Post "10 CARA MENGAJARI ANAK MEMBACA DENGAN MENYENANGKAN"

5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
5 TANDA PERKEMBANGAN ANAK BAYI YANG TERLAMBAT
Ada beberapa tanda perkembangan anak bayi yang
4 CARA MELATIH BAYI BELAJAR TENGKURAP
Bunda saat ini sedang mencoba cara melatih
CARA MENGETAHUI & MELATIH BAKAT TERPENDAM ANAK
Tahukah Anda bahwa ada cara mengetahui &