PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN YANG HARUS DIKETAHUI

Perkembangan bayi 9 bulan bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Umumnya di usia ini bayi sudah mulai dapat berdiri sendiri dan merangkak. Beberapa bayi sudah mencoba untuk berjalan walaupun masih memerlukan bantuan. Pada usia ini bayi sangat senang menjelajah berbagai ruangan di rumah. Baginya, rumah dan sekitarnya sangat menakjubkan karena dipenuhi benda-benda yang baru pertama kali dikenalnya. Ia akan cenderung mengamati, mendekati dan memegang berbagai obyek yang menarik perhatiannya. Tak jarang ia akan memasukkan segala sesuatu ke mulut untuk mengetahui benda apakah yang dipegangnya tersebut.

Ini mengapa perkembangan bayi usia 9 bulan sangat penting untuk diperhatikan. Bayi usia 9 bulan adalah explorer sejati. Ia sangat ingin tahu segala hal dan mencobanya. Orangtua harus benar-benar mengawasi bayinya yang berusia 9 bulan tersebut karena jika tidak bayi yang belum tahu bahaya ini bisa saja mengambil benda-benda yang dapat melukai dirinya sendiri.  Orangtua harus memberikan bayi ruang gerak yang leluasa dan aman. Jika ada tangga di rumah, sebaiknya diberikan pagar pengaman karena bayi senang sekali menaiki tangga. Pastikan juga benda-benda tajam tidak tergeletak sembarangan, begitu pula bahan-bahan kimia seperti cairan pembu-nuh serangga atau sabun cuci sebaiknya diletakkan di tempat yang dari jangkauan bayi.

perkembangan bayi 9 bulan

Image: www.naomichokr.com

Perkembangan bayi 9 bulan yang sehat adalah kemampuannya untuk berubah-ubah posisi dengan cepat. Misalnya ia dapat langsung merangkak dari posisi duduk dan sebaliknya, mengangkat badannya sendiri ketika ingin berdiri. Beberapa bayi yang sudah bisa berjalan dengan merambat akan meningkatkan kemampuannya untuk menaiki kursi atau meja. Perkembangan bayi usia 9 bulan juga dapat dilihat dari caranya berkomunikasi. Ia mungkin sudah dapat mengatakan maksudnya dalam beberapa silabel pendek misalnya ‘mam..’ untuk makan atau ‘num…’ untuk minum. Anda dapat menstimulasi kemampuan bicara bayi usia 9 bulan dengan menunjukkan benda-benda sederhana sambil mengucapkan namanya dengan jelas. Baca juga: Permainan Bayi 9 bulan Sedehana.

Perkembangan bayi usia 9 bulan terkadang membuat orangtua berpikir untuk membelikan sepatu khusus agar bayi bisa berjalan dengan lebih nyaman. Beberapa produsen sepatu mahal mendorong hal ini dengan meyakinkan bahwa bayi akan berjalan dengan lebih baik jika mengenakan sepatu khusus. Sebenarnya hal ini tidak begitu tepat karena bayi umumnya memerlukan berbagai stimulasi pada telapak kakinya untuk menguatkan otot-ototnya. Pastikan saja lantai atau tempatnya belajar berjalan bebas dari benda-benda kecil dan tajam agar bayi tidak terluka.

Dalam perkembangan bayi 9 bulan, bayi sudah bisa mengekspresikan emosinya dengan tepat. Ia akan tersenyum dan tertawa ketika ia bahagia, cemberut jika marah dan juga menunjukkan ekspresi takut ketika ada sesuatu yang tidak nyaman dan mengganggunya. Selalu berikan semangat dan dukungan agar bayi merasa bahagia dan tumbuh sehat.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN YANG HARUS DIKETAHUI"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI