PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN DAN STIMULASINYA

Bunda, si kecil usianya sudah 7 bulan, ayo kenali perkembangan bayi 7 bulan disini. Terdapat beberapa keahlian baru dan tips-tips untuk semakin mengembangkannya. Tapi bunda tidak perlu terlalu khawatir jika si kecil belum bisa mencapai pada perkembangan di usia ini, belum tentu si kecil mengalami gangguan. Biasanya juga ditemukan anak-anak yang memiliki keterlambatan perkembangan, sehingga bunda dapat memberikan beberapa contoh stimulant berikut. Ayo simak selengkapnya di bawah ini.

Bunda, perkembangan bayi usia 7 bulan sewajarnya sudah mampu:

Melonjak-lonjak

Si kecil sudah mampu menyokong sebagian besar badannya. Bahkan si kecil sudah dapat duduk sendiri dengan tidak ditopang oleh tangannya. Tangannya sudah mulai sibuk dengan kegiatan lain seperti belajar memegang dan memindahkan barang.

Belajar memegang

Seperti tadi, saat duduk si kecil sudah tidak perlu disokong oleh tangannya. Tangannya sudah mulai belajar memegang benda dan memindah-mindahkan benda dari tangan kanan ke kiri atau sebaliknya. Bunda dapat menyiapkan camilan untuk si kecil, karena si kecil sudah mulai dapat memegang. Sediakan camilan jangan terlalu besar dan teksturnya empuk ya bunda, ukuran camilan cukup sebesar genggaman si kecil.

Perkembangan bayi 7 bulan

Image: www.teluguone.com

Perkembangan bayi 7 bulan berikutnya adalah:

Mulai tumbuh gigi

Jangan kaget jika si kecil lebih banyak mengeluarkan air liur di banding dengan saat-saat sebelumnya. Atau si kecil mulai mengeluarkan berbagai bunyi-bunyian. Itu pertanda si kecil sedang menyesuaikan diri dengan barang baru di dalam mulutnya, iya gigi. Si kecil mulai tumbuh gigi. Selamat bunda, si kecil mulai memiliki gigi di perkembangan bayi usia 7 bulan ini. Baca juga: Cara merawat gigi bayi.

Mulai susah terpisah

Bunda, si kecil pada usia ini mulai sensitif dan banyak menginginkan perhatian bunda. Bahkan ketika tidur dia akan meminta ditemani dengan cara merengek. Memang pada usia ini si kecil mulai susah terpisah. Cara mengatasinya sesekali ajaklah se kecil tidur bersama, namun jangan terlalu sering ya Bunda. Sebab nanti akan memberikan kebiasaan manja pada si kecil.

Selain beberapa perkembangan tadi bunda pada usia ini, perkembangan bayi usai 7 bulan juga dilengkapi dengan keinginan bayi mulai merangkak. Walaupun normalnya bayi merangkak mulai usia 8 bulan, namun tidak salah jika bunda mulai memberikan stimulasi dan peningkatan pengawasan. Si kecil mulai senang mengangkat dan menurunkan bokong serta pinggang dan menggerakkan ke depan ke belakang.

Bunda dapat memberikan stimulant dengan lebih sering meletakkan si kecil di karpet atau lantai yang bersih, apa lagi depan cermin si kecil akan senang ketika melihat dirinya sendiri. Untuk si kecil yang mulai tumbuh gigi di perkembangan bayi 7 bulan, siapkan camilan bayi atau rebusan wortel untuk menstimulasi genggaman dan menghindarkan si kecil memasukkan barang-barang ke dalam mulut, sebab ini sering terjadi. Selamat mencoba Bunda.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN DAN STIMULASINYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa