PERKEMBANGAN BAYI 11 BULAN DAN STIMULASINYA

Perkembangan bayi 11 bulan memang sangat menarik untuk diikuti. Apa saja yang sudah bisa dilakukan oleh bayi berusia 11 bulan? Pada usia ini, bayi sangat aktif bergerak, ditambah dengan kemampuan berjalannya yang semakin membaik, berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Banyak orangtua mengeluh capek karena harus mengikuti bayi 11 bulan mereka kesana kemari. Bayi yang belum bisa berjalan pun akan dapat merangkak dengan sangat cepat. Ia pun bisa menarik dirinya untuk duduk dari posisi berdiri, merangkak atau merambat tanpa kesulitan.

Perkembangan bayi usia 11 bulan yang sangat cepat ini kadang-kadang diakali oleh orangtua dengan memberikan baby walker. Hingga saat ini banyak ahli pertumbuhan anak yang menganggap bahwa penggunaan baby walker ini tidak aman untuk perkembangan bayi berusia 11 bulan. Para ahli menganggap bayi yang menggunakan baby walker sebagai alat bantu jalan justru akan terhambat kemampuan berjalannya. Untuk mendorong perkembangan bayi 11 bulan, para ahli menyarankan untuk memberikan kursi plastik yang cukup kuat untuk didorong-dorong oleh bayi.

perkembangan bayi 11 bulan

Image: www.parentdish.co.uk

Beberapa bayi di usia ini mungkin belum bisa merangkak. Jika ini terjadi pada bayi Anda, tidak perlu panik. Perkembangan bayi yang berusia 11 bulan berbeda-beda setiap anak. Ada yang perkembangan motoriknya sangat cepat, ada yang lambat. Bayi 11 bulan yang perkembangan motoriknya lambat biasanya adalah anak yang berkarakter pengamat. Perkembangan bayi usia 11 bulan yang belum bisa merangkak, mereka biasanya berpindah tempat dengan menyeret pan-tat atau merayap.

Yang perlu diingat dari perkembangan bayi yang berusia 11 bulan adalah jangan memaksa bayi untuk melakukan sesuatu yang tidak menarik atau tidak disukainya. Jika ia memang belum siap untuk berdiri atau berjalan, biarkan saja karena mereka akan melakukannya pada waktunya. Beri ruang gerak yang luas dan ikutlah bermain bersama mereka. Salah satu permainan favorit dan sangat baik untuk perkembangan bayi usia 11 bulan adalah permainan cilukba. Permainan cilukba yang sederhana mengajarkan bayi untuk mengasah kecerdasannya. Selain itu permainan ini sangat baik untuk membangun ikatan orangtua dan anak. Baca juga: Permainan Untuk Bayi 11 Bulan.

Perkembangan bayi 11 bulan yang normal juga ditandai dengan kemampuan bahasanya yang semakin baik. Ia dapat mengungkapkan keinginannya dengan bahasa sederhana. Bayi yang aktif bergerak ini harus didukung dengan memberinya ASI dan makanan sehat dan bergizi. Apabila bayi sudah mulai tertarik memegang sendoknya sendiri, inilah waktunya Anda mengajari kemandirian dengan membantunya untuk dapat makan sendiri walaupun masih berantakan. Latih kepercayaan dirinya dengan terus mendorongnya untuk melakukan berbagai hal tanpa bantuan. Misalnya mengambil mainan yang dekat dengannya, makan sendiri atau mulai berjalan sendiri tanpa dipegangi orang lain.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 11 BULAN DAN STIMULASINYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa