PERKEMBANGAN BAYI 10 BULAN DAN STIMULASINYA

Perkembangan bayi 10 bulan yang sehat dapat dilihat dari berat badannya. Meski tidak secepat sebelumnya, berat badan bayi seharusnya terus naik sekitar 250 hingga 350 gram per bulan. Begitu pun dengan lingkar kepalanya seharusnya berkisar antara 40-45 centimeter. Jika berat badan dan lingkar kepala bayi berada di bawah angka-angka tersebut, sebaiknya diperiksakan ke dokter anak karena bisa jadi ada resiko kekurangan gizi atau penyakit lain yang tidak terlihat dari luar. Biasanya dokter akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui penyebab berat badan dan lingkar kepala bayi tidak berjalan normal.

Perkembangan bayi usia 10 bulan antara lain sudah bisa mengangkat badan dari posisi duduk ke posisi berdiri, dan sebaliknya. Ia pun pada umumnya sudah bisa berdiri tanpa berpegangan selama beberapa detik. Beberapa bayi sudah bisa berjalan dengan dibantu orang de-wasa, beberapa bayi lebih suka berjalan sambil berpegangan pada benda-benda (merambat). Untuk motorik kasarnya, bayi usia 10 bulan sudah bisa menggenggam benda dengan sangat baik, ia juga sudah dapat menjimpit benda-benda yang kecil, dan kemudian memasukkannya ke dalam mulut.

perkembangan bayi 10 bulan

Image: www.wuole.com

Perkembangan Bayi 10 Bulan dalam hal bicara, biasanya mereka sudah dapat menirukan bunyi-bunyi sederhana, mengucapkan beberapa kata meskipun belum jelas. Bayi usia 10 bulan sudah dapat mengucapkan 2-3 silabel seperti “mamama” atau “dadada”. Ia juga sudah dapat mengatakan maksudnya dengan jelas dengan menunjuk. Misalnya jika ia haus, ia akan menunjuk botol susunya sambil mengucapkan “mum” atau “cuh”. Bayi di usia ini sudah mampu mengenali orang-orang yang mengasuhnya dengan baik, merasa nyaman dengan mereka dan kepada orangtuanya, ia sudah bisa mengucapkan “ma” atau “pa”.

Perkembangan bayi usia 10 bulan secara sosial dapat terlihat dari kegembiraannya ketika diajak bermain cilukba, bertepuk tangan dan tertawa ketika hatinya gembira. Ia juga suka melihat gambar-gambar baik di TV maupun buku-buku dengan lebih konsentrasi. Bayi usia ini juga sudah dapat bereaksi pada suara bisikan atau suara perlahan. Stimulasi yang bisa diberikan untuk merang-sang perkembangan bayi usia 10 bulan antara lain dengan mengajaknya bermain bola gelinding. Duduk berhadapan dengan bayi dengan jarak agak jauh lalu gelindingkan bola ke arahnya, lalu minta bayi untuk menggelindingkan kembali ke arah Anda. Ini akan merangsang reaksi dan konsentrasi bayi. Baca juga: Permainan Untuk Bayi 10 Bulan.

Bantu bayi untuk terus berlatih berjalan sendiri. Ajari ia berjalan beberapa langkah tanpa memeganginya. Pada awalnya bayi akan merasa ragu dan takut, tetaplah beri ia semangat untuk berani berjalan sendiri. Perkembangan bayi 10 Bulan memang melibatkan banyak peran orangtua. Kemampuan menyerap dengan cepat disertai rasa ingin tahu yang besar membuat bayi sangat memerlukan ruang gerak yang leluasa.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 10 BULAN DAN STIMULASINYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa