TAHAP PERKEMBANGAN BAYI 0-6 BULAN

Tahap perkembangan bayi penting untuk diperhatikan oleh orangtua. Jika Anda memiliki bayi yang baru lahir, tentu saja Anda wajib memperhatikan dan mencatat setiap perkembangan si kecil. Sebagai orangtua tentu saja Anda ingin mengetahui sejauh mana anak Anda tumbuh dan berkembang. Dengan memperhatikan pertumbuhan bayi Anda dari bulan ke bulan maka Anda dapat melihat perkembangan bayi Anda. Selain itu, bandingkanlah dengan tahapan perkembangan bayi bulan ke bulan secara normal. Dengan begitu, Anda dapat melihat apakah perkembangan bayi Anda dapat mencapai target atau tidak.

Usia 1 bulan

Tahap perkembangan yang pertama yaitu di bulan pertama atau bayi masih berusia 1 bulan. Dalam usia ini bayi baru dapat menggerakkan kepala ke sisi kanan ataupun sisi kiri dalam posisi tengkurap. Bayi di usia 1 bulan sudah dapat mencengkeram dengan kuat, menatap tangan dan juga jari-jari. Selain itu, bayi dalam usia 1 bulan ini juga telah bisa mengikuti gerakan dengan mata.

tahap perkembangan bayi

Image: www.scottsdalemomsblog.com

Usia 2 bulan

Setelah memasuki usia 2 bulan, bayi akan mulai dapat melakukan hal-hal yang lebih berani dan kuat lagi. Pada usia 2 bulan, tahap perkembangan bayi yaitu bayi dapat menahan kepala dan juga leher walaupun hanya sebentar pada saat tengkurap. Bayi dalam usia ini juga dapat membuka dan menutup tangan. Bayi usia 2 bulan juga melakukan pukulan tanpa arah. Selain itu, bayi usia 2 bulan mulai bermain jari-jari dan melakukan kontak mata serta asosiasi. Kontak mata yaitu terjadinya tangisan ataupun tersenyum akibat melihat sesuatu. Ataupun asosiasi yaitu seperti menangis karena minta digendong.

Usia 3 bulan

Memasuki usia 3 bulan, bayi telah dapat meraih ataupun mengambil obyek. Selain itu, tahap perkembangan anak bayi di usia 3 bulan diantaranya yaitu bayi mulai menegakkan kepala saat digendong, bergumam, menggenggam obyek, mengisap ibu jari dan memekik. Di usia 3 bulan, bayi juga telah dapat tertawa.

Usia 4 bulan

Memasuki usia 4 bulan, bayi dapat mendorong badan keatas pada posisi tengkurap menggunakan kedua tangannya. Bayi juga dapat tertawa dengan keras, mengamati dengan lebih akurat serta mulai menikmati mainannya. Pada usia 4 bulan ini, bayi akan menangis jika mainannya direbut atau dihentikan. Bayi juga dapat mengangkat lengan sebagai isyarat untuk meminta digendong.

Usia 5 bulan

Memasuki usia 5 bulan, bayi mulai banyak melakukan hal-hal yang lebih. Pada usia ini Anda sebagai orangtua harus lebih memperhatikan karena bayi mulai berguling. Terlebih lagi jika Anda menidurkan bayi Anda di tempat tidur yang tinggi, Anda harus lebih waspada. Walaupun hanya berguling ke salah satu sisi badan, bayi mulai banyak melakukan hal-hal yang penting untuk diawasi. Pada usia 5 bulan, tahap perkembangan bayi lainnya yaitu bayi dapat memindahkan obyek dari tangan satu ke tangan lainnya. Selain itu, bayi juga mulai menyemburkan ludahnya yang berbusa. Bayi usia 5 bulan juga mulai menangis saat ditinggal ibu atau ayahnya.

Usia 6 bulan

Memasuki usia 6 bulan, bayi mulai ahli menggulingkan badan baik ke kiri ataupun ke kanan. Bayi di usia 6 bulan juga mulai lancar berceloteh. Selain itu, di usia ini bayi akan mulai mengenali orang-orang di sekitar mulai dari orangtua, keluarga ataupun orang lain. Itulah beberapa tahap perkembangan pada bayi dari bulan ke bulan usia 0 hingga 6 bulan. Semoga apa yang telah disampaikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi para Bunda. Terimakasih Anda telah membaca penjelasan mengenai tahap perkembangan si bayi dari bulan ke bulan usia 0 hingga 6 bulan.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "TAHAP PERKEMBANGAN BAYI 0-6 BULAN"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa