PERKEMBANGAN BAYI 5 BULAN DAN STIMULASINYA

Identifikasi perkembangan bayi 5 bulan dapat dilihat dari berbagai faktor seperti berbagai kemampuan motorik halus dan kasarnya serta optimalisasi penggunaan inderanya. Untuk masa perkembangan ini sangat penting diidentifikasi oleh orang tua si kecil karena akan menentukan perkembangan dan pertumbuhan selanjutnya yang akan dialami bayi. Dengan melihat dari sisi ini, orang tua akan dapat melihat berbagai macam hal yang dibutuhkan atau tidak perlu dilakukan demi tumbuh kembang si kecil pada masa pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan.

Pada masa perkembangan bayi 5 bulan ini, secara motorik, si kecil sudah dapat duduk sendiri atau mungkin duduk dengan tegap tanpa disangga oleh bunda atau anggota keluarga selama beberapa saat. Selain itu, si kecil mulai lincah dalam bergerak untuk berpindah-pindah tempat menuju tempat lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berguling ataupun dengan memegangi sesuatu yang kemudian dengan tangannya dapat menarik tubuhnya mendekati benda tersebut. Karena kondisi seperti inilah orang tua tidak bisa meninggalkan si kecil sendirian dalam waktu yang lama. Jika hal ini dilanggar, sudah barang tentu ini akan membahayakan si kecil.

perkembangan bayi 5 bulan

Image: similac.com

Selain itu, dari segi optimalisasi penggunaan indra, perkembangan bayi usia 5 bulan telah semakin baik fungsi dari indra-indranya. Indra penglihatan yang semula belum bisa digunakan secara fokus, pada usia ini si kecil telah dapat menggunakannya secara fokus dan baik meskipun jarak pandanganya juga belum terlalu jauh. Hal ini bisa dilihat ketika orang atau benda di sekitarnya bergerak, maka pandangan si kecil pun akan mengikuti arah ke mana benda tersebut berpindah arah.

Masih dari segi indra penglihatan, perkembangan bayi usia 5 bulan sudah dapat membedakan berbagai warna primer dengan terang. Oleh karena itu akan sangat baik ketika berbagai warna terang ini mulai dikombinasikan dengan berbagai warna lain untuk membantu mengenalkan aneka warna dan menambah fungsi indra penglihatannya. Dengan memberikan berbagai warna untuk dilihat bayi, ia akan terhindar dari masalah kebosanan sehingga keceriaannya terus dapat dinikmati oleh orang tua si kecil.

Selain indra penglihatan yang mulai menemukan fungsi sebenarnya, indra lain yang dimiliki bayi juga mulai berkembang. Salah satunya ialah indra pendengaran. Pada saat usia ini, indra pendengarannya mulai peka dengan suara-suara, meskipun itu suara halus. Selain indra pendengaran, masa perkembangan bayi 5 bulan ini juga menjadi titik berkembangnya bagi indra penciuman dan juga perasaannya. Indra penciuman yang semula hanya terbatas pada bau pu-ting sang ibu, pada usia ini kini si kecil mulai berkembang untuk mengidentifikasi berbagai bau lainnya. Misalnya saja seperti bau bedak atau sabun ketika dimandikan.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 5 BULAN DAN STIMULASINYA"

5 CARA AGAR RAMBUT ANAK BAYI LEBAT & TEBAL ALAMI
5 cara agar rambut anak bayi lebat
7 TIPS & CARA MENGHILANGKAN BAU PADA BOTOL SUSU BAYI
Bagaimana cara menghilangkan bau pada botol susu
10 TANDA ANAK BAYI SEDANG TUMBUH GIGI
Bunda, 10 tanda anak bayi sedang tumbuh
4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu