PERKEMBANGAN BAYI 4 BULAN DAN STIMULASINYA

Perkembangan bayi 4 bulan perlu mendapat perhatian yang khusus karena dimulai pada masa ini, si kecil akn rentan dengan berbagai kecelakaan rumah tangga. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh masa pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh si kecil. Pada masa ini si kecil mulai sudah mulai bisa berguling untuk merubah posisi badannya dari terlentang hingga tengkurap atau sebaliknya, dari tengkurap ke terlentang. Selain itu, pada usia ini, perkembangan bayi usia 4 bulan mulai mampu menggapai sesuatu yang menarik baginya yang mengakibatkan benda yang digapainya itu justru mengenai tubuh si kecil.

Berangkat dari pertumbuhan bayi pada masa perkembangan bayi 4 bulan inilah orang tua harus pandai-pandai membuat si kecil tetap bisa bermain dengan ceria namun tetap aman tanpa sesuatu yang dapat membahayakannya.  Dengan demikian, boneka dapat menjadi pilihan yang baik untuk dimainkan si kecil selain mainan bunyi-bunyian yang digantung diatas ranjang tidurnya dengan berbagai kombinasi warna. Dengan dua mainan itu, setidaknya si kecil dapat belajar mengenai aneka macam warna dan mencari sumber bunyi. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi pembelajaran atau komunikasi antara orang tua dan si kecil.

Perkembangan bayi 4 bulan

Image: sgsmithphotography.com

Kedua mainan yang disarankan ini juga tetap aman dimainkan karena untuk boneka, asalkan ukurannya tidak terlalu besar, akan aman dimainkan si kecil. Selain karena empuk, boneka juga lembut dan nyaman untuk dipeluk hingga kemudian dapat menemani si kecil terlelap. Untuk mainan yang digantung diatas ranjang si kecil, ini hanya akan mencuri perhatian si kecil saja dengan bunyi yang ditimbulkan dan berbagai warna yang dikombinasikan. Dengan demikian, dua mainan ini memiliki peran yang cukup penting untuk membantu pengenalan berbagai hal baru kepada bayi yang memasuki masa perkembangan bayi usia 4 bulan.

Selain itu, karena bayi pada usia ini telah dapat diajak berkomunikasi, ibu dapat memberikan berbagai stimulus untuk mendapatkan respon dari si kecil. Beberapa stimulus yang dapat diberikan adalah dengan memainkan permainan ciluk-ba yang biasanya juga dapat memancing tawa si kecil. Stimulus lain yang dapat diberikan untuk si kecil yang masuk pada masa perkembangan bayi 4 bulan adalah dengan mengangkat tubuhnya secara tegak dengan memegangi bagian tubuh dibawah ketiaknya. Ini akan melatih pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 4 bulan dalam memperkuat serta memperlentur otot-ototnya.

Dengan memberikan berbagai stimulus seperti ini, nantinya akan menimbulkan respon dari si kecil. Kegiatan stimulus respon ini dapat membiasakan si kecil dalam berinteraksi dan berkomunikasi kepada bunda maupun orang-orang di sekitarnya. Dengan demikian, si kecil akan mengetahui dan mempelajari banyak hal dalam berkomunikasi dan berinteraksi sehingga perkembangan bayi 4 bulan ini dapat membiasakan si kecil dalam bersosialisasi.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 4 BULAN DAN STIMULASINYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa