PERKEMBANGAN BAYI 2 BULAN DAN KEBIASAANNYA

Proses pertumbuhan bayi berjalan sedari hari pertama bayi itu dilahirkan. Perkembangan bayi 2 bulan akan mempengaruhi masa perkembangan berikutnya. Berbeda dengan usia 0-1 bulan, perkembangan bayi usia 2 bulan sudah mulai memperlihatkan tanda tanda kemandirian, namun masih banyak hal-hal baru yang perlu di perkenalkan dan perlu dibiasakan dalam keseharian si kecil. Pengenalan dan pembiasaan ini bertujuan untuk mengatur pola kehidupan bayi. Contohnya adalah dengan membiasakan jam tidur bayi, jam makan bayi dan lain sebagainya.

Membiasakan Si Kecil Untuk Tidur Lebih Lama Di malam Hari

Seringkali ibu yang baru pertama melahirkan akan kesulitan dengan keadaan yang serba baru pasca melahirkan. Bayi menangis di malam hari, membersihkan BAB si kecil, si kecil kencing di tubuh ibu dan lain sebagainya. Semua itu normal dan memang biasa terjadi untuk hampir semua bayi apalagi pada masa perkembangan bayi usia 2 bulan. Namun itu semua bisa dikurangi dengan jalan membiasakan pola yang teratur pada bayi. Dari semua itu, yang paling menguras tenaga mungkin adalah ketika bayi sering menangis di malam hari. Hal ini terjadi bisa diakibatkan dari berbagai macam hal, namun biasanya karena bayi terjaga di malam hari. Namun karena si bayi sendirian, maka ia menangis.

Perkembangan bayi 2 bulan

Image: 517creations.blogspot.com

Hal seperti ini tentu saja dapat dikurangi, yaitu dengan membiasakan bayi tidur lebih lama di malam hari. Caranya adalah dengan membuat bayi bangun lebih sering di siang hari. Dengan demikian bayi akan terbiasa terjaga di siang hari dan beristirahat untuk malam harinya. Namun perlu diperhatikan bahwa perkembangan bayi 2 bulan memiliki jam tidur bayi mencapai 16 – 20 jam setiap harinya. Pembiasaan ini kemudian dilanjutkan dengan membiasakan penggunaan lampu dengan tingkat keterangan berbeda antara siang dan malam hari. Dengan membiasakan hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan bayi agar ia mengenal siang dan malam dan berbagai kebiasaannya.

Membiasakan Jam Menyusui Pada Masa Perkembangan Bayi 2 Bulan

Normalnya, perkembangan bayi 2 bulan sampai dengan usia 3 bulan memiliki intensitas menyusu pada ibunya sekitar tiga jam sekali. Kebiasaan ini sangat perlu diatur agar konsumsi ASI si kecil mencukupi kebutuhannya. Namun tahukah Anda kenapa bayi dapat tertidur ketika sedang menyusu pada ibunya? Kejadian seperti ini mungkin sangat biasa terjadi pada masa perkembangan bayi usia dua bulan atau mungkin sebelumnya. Pada kejadian seperti ini, si bayi menganggap kegiatan menyusu pada ibunya ini adalah kegiatan yang melelahkan, jadi karena ia lelah ia sampai tertidur ketika sedang mengkonsumsi ASI. Harapannya, ketika si bayi dibiasakan menyusu setiap tiga jam sekali, malam harinya selain ia dapat tidur pulas karena kenyang, kebutuhan zat-zat penting pada masa perkembangan bayi usia 2 bulan yang mendorong pertumbuhannya tercukupi hingga ia dapat tumbuh dengan sehat.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 2 BULAN DAN KEBIASAANNYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa