CONTOH JADWAL MAKAN BAYI 6 BULAN (MPASI)

Contoh Jadwal Makan Bayi 6 Bulan (MPASI) – Agar kebutuhan gizi si kecil terpenuhi, orangtua harus memperhatikan waktu untuk memberi makan, frekuensi, porsi atau jumlahnya, jenis ataupun pemilihan bahan makanan dan lain sebagainya. Tentu saja pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI mesti dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan tingkat usia bayi. Dimulai dari menu makanan bayi 6 bulan yang berstektur lunak, misalnya seperti bubur susu, kemudian bubur saring, makanan bertestur lembek seperti bubur biasa, kemudian nasi tim, hingga makanan padat seperti nasi biasa.

 

Seorang ahli gizi klinik, Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK, dari Departemen Gizi FKUI – RSCM mengatakan bahwa sebelum anak Anda berusia 1 tahun, sebaiknya tidak perlu menambahkan gula dan juga garam pada makanannya. Memberi tambahan gula dan garam dapat membuatnya ‘craving’ alias mengidam atau semacam keinginan terus menerus dengan konsumsi makanan manis ataupun asin yang nantinya bisa berdampak tidak baik pada kesehatan. Biarkan saja bayi Anda merasakan rasa yang alami dari makanan tanpa tambahan gula dan garam, merasakan bagaimana rasa buah alami, susu alami ataupun rasa ayam tanpa garam. Sebelum kami berikan contoh jadwal makan bayi 6 bulan (MPASI), sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu tentang tahapan pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI berdasarkan rentang usia si kecil 6-7 bulan

Menu bayi 6 bulan

Image: www.homemade-baby-food-recipes.com

Tahapan  Pemberian MPASI

Pemberian MPASI sangat berguna untuk menstimulasi tumbuhnya gigi bayi dan melatih berbagai kemampuan motorik si kecil di usia 6 bulan, yaitu seperti memegang makanan sendiri. Untuk tahap pertama, menu makan bayi sebaiknya diberikan makanan yang lunak ataupun cair. Menu bayi 6 bulan di tahap ini misalnya seperti bubur susu dan juga biskuit. Bubur susu bisa dibuat dari tepung beras yang telah dicampurkan dengan ASI. Selingi saja dengan tepung beras merah, kacang hijau, ataupun labu kuning. Berikan makanan dalam jumlah yang sedikit, kemudian secara bertahap tambah kekentalannya dan tambah juga jumlahnya. Kenalkan menu makanan bayi 6 bulan ini satu demi satu pada si kecil, hindari dicampur. Tunggu dulu beberapa hari untuk kemudian mengenalkan menu bayi 6 bulan lainnya. Ini dilakukan untuk melihat kemungkinan bayi alergi terhadap makanan tersebut atau tidak.

 

Kemudian bayi Anda dapat diberikan beberapa macam buah-buahan seperti buah pisang raja, pisang ambon, labu, jeruk dan pepaya. Pilihlah buah yang baik dan juga tidak bergetah untuk menghindari bayi terkena diare. Buatlah jus dengan mencampurkan susu atau buah yang dapat dikonsumsi sebanyak dua sendok makan dalam sekali makan dan dalam waktu dua kali sehari. Setiap jenis buah sebaiknya diberikan 2-3 hari berturut-turut supaya si kecil bisa mengenal rasanya. Selanjutnya Anda kenalkan buah lain.

 

Setelah si kecil mengenal rasa buah, kemudian Anda tambahkan bubur susu. Berilah bayi satu kali buah lumat dan kemudian satu kali bubur susu. Gunakanlah sendok yang kecil untuk menyuapkan bubur. Apabila bayi tidak mau makan, hindarilah memaksa, namun cobalah bujuk sehingga dia kembali mau makan ataupun tunda di waktu yang lain pada saat dia merasa lapar. Baca juga: Tips Mudah Agar Anak Mau Makan.

 

Kemudian pada saat usianya hampir/telah memasuki 7 bulan, selain menu makanan bayi 6 bulan berupa bubur susu dan buah, mulailah memberikan bubur saring. Pilihlah bahan makanan yang menjadi sumber karbohidrat, misalnya seperti beras, kentang, kacang hijau, makaroni, ataupun roti. Kemudian dilengkapi dengan protein hewani ataupun nabati nabati serta sayuran. Protein hewani bisa didapatkan dari kuning telur. Campurkan bahan-bahan tersebut, kemudian di blender agar halus atau bisa juga di ulek di atas saringan. Untuk tahapan awal, berikan dulu 2 sendok makan dalam sekali makan untuk 2 hingga 3 kali sehari. Selanjutnya Anda tingkatkan jumlahnya hingga setidaknya 7 sendok makan.

 

Berikut contoh jadwal makan bayi 6 bulan (MPASI) :

  • Jam 06.00-07.00 atau setelah bangun tidur: ASI
  • Jam 09.00 : bubur susu
  • Jam 11.00-12.00 : buah
  • Jam 14.00 : bubur susu
  • Jam 17.00 : buah ataupun biskuit yang dicampur dengan susu
  • Jam 18:00 : ASI


Tips Balita

Nah, silahkan Bunda terapkan contoh jadwal makan bayi 6 bulan (MPASI) tersebut ya. Tentu saja untuk variasi menunya bisa Bunda ubah sendiri, bisa cek beberapa contoh bubur bayi dalam web ini melalui kotak pencarian di atas.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "CONTOH JADWAL MAKAN BAYI 6 BULAN (MPASI)"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI