CARA MEMPERCEPAT PERKEMBANGAN BAYI PREMATUR

Cara Mempercepat Perkembangan Bayi Prematur – Bayi yang lahir secara prematur biasanya memang lebih rentan dalam mengalami berbagai macam masalah kesehatan dan juga kejiwaan. Hal tersebut disebabkan karena bayi-bayi tersebut lahir pada usia kehamilan sang ibu yang masih dibawah 37 minggu, sehingga perkembangan bayi dalam kandungan belum sempurna.

Kekhawatiran kemudian muncul karena usia kehamilan ibu yang belum sempurna tersebut, diantaranya adalah perkembangan otak dan juga organ-organ bayi yang menjadi lebih lambat dibandingkan dengan bayi normal. Namun jangan khawatir, sebuah penelitian terbaru telah menemukan cara mempercepat perkembangan bayi prematur yang bahkan bisa lebih cepat berkembang dibandingkan bayi dengan usia kehamilan normal. Bagaimana caranya?

perawatan bayi prematur

Image: www.merchantcircle.com

Dr. Betty Vohr, seorang ilmuwan dari Warren Alpert Medical School of Brown University & Women and Infants Hospital menjelaskan bahwa merawat bayi prematur dengan cara sering diajak bicara oleh ibu ataupun orang tuanya pada saat masih di dalam Neonatal Intensive Care Unit atau NICU atau Unit Perawatan Intensif Bayi Baru Lahir, terbukti akan mengalami perkembangan motorik, perkembangan bahasa dan juga pemikiran yang lebih baik. Penelitian yang sebelumnya pernah dilakukan mengatakan bahwa bayi yang lahir prematur biasanya akan mempunyai masalah dengan perkembangan bahasa ketika sudah besar. Karena meskipun sering diajak bicara pada saat masih dalam kandungan oleh ibunya, di dalam NICU yang terdengar hanyalah suara dari monitor dan mesin. Sangat jarang sekali sang bayi diajak berbicara oleh perawat, apalagi di ajak bicara oleh orangtuanya sendiri.

Namun Dr. Vohr, seperti dikutip oleh Reuters, mengatakan bahwa penelitiannya membuktikan bahwa jika bayi prematur yang berada dalam NICU sering diajak berbicara, maka tidak hanya masalah bahasa saja yang akan terselesaikan. Tapi bayi juga mempunyai perkembangan motorik dan juga pemikiran yang jauh lebih baik.

Dr. Vohr dan timnya melakukan penelitian pada 36 bayi prematur yang dilahirkan sebelum usia kehamilan 32 minggu, bayi dinyatakan sehat dan dirawat di dalam NICU. Bayi-bayi prematur tersebut menggunakan rompi yang sudah dilengkapi dengan sebuah alat perekam suara. Alat ini merekam suara-suara yang ada di sekitar bayi mulai dari suara mesin, monitor, suara dari perawat hingga orang tuanya. Perekaman ini dilakukan selama kurun waktu 16 jam pada usia bayi 32 dan juga 36 minggu. Selama dalam proses tersebut, kata-kata yang didengarkan oleh para bayi memang bervariasi. Banyaknya jumlah kata yang didengar oleh bayi terhitung paling sedikit adalah 144 kata dan yang paling banyak adalah 26.000 kata. Sesudah agak besar, bayi dites lagi dengan metode Bayley-III yang melihat tentang perkembangan motorik, bahasa dan juga cara berpikir bayi pada saat usia 7 dan 18 bulan.

Hasilnya ternyata menunjukkan bahwa bayi prematur yang semakin sering diajak mengobrol ketika di dalam NICU, skor yang diraihnya semakin besar. Pada saat usianya 7 bulan, bayi yang sebelumnya lebih sering diajak mengobrol mempunyai 26 persen cara berpikir yang jauh lebih bervariasi. Dari segi bahasa, terdapat juga peningkatan sebanyak 12 hingga 20 persen tergantung seberapa sering si bayi tersebut diajak bicara.

Sangat mudah bukan cara mempercepat perkembangan bayi prematur. Ini tentunya sebuah cara yang sangat baik untuk dapat mengembangkan kemampuan motorik bayi, kemampuan bahasa dan juga cara berpikir bayi Anda. Sebuah cara yang mudah dilakukan dan tidak perlu tambahan biaya lagi tentunya.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "CARA MEMPERCEPAT PERKEMBANGAN BAYI PREMATUR"

4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu
PENYEBAB BERAT BADAN BAYI TIDAK BERTAMBAH NAIK
Berat badan bayi tidak bertambah naik juga?
USIA BERAPA BAYI BOLEH TIDUR MEMAKAI BANTAL?
Usia berapa bayi boleh tidur memakai bantal?
17 NAMA BAYI TERPOPULER DI TAHUN 2017
Apa saja nama bayi terpopuler di tahun