3 CARA MENDIDIK ANAK AGAR PUNYA KEPEKAAN SOSIAL

3 Cara Mendidik Anak Agar Punya Kepekaan Sosial – Kepekaan sosial sangat penting ditanamkan semenjak anak masih kecil, agar kelak dia menjadi pribadi yang peka dengan lingkungan di sekitarnya. Bagaimana caranya? Ikuti 3 cara mendidik anak agar punya kepekaan sosial dari DR dr Theresia ND Kaunang Sp K J (K) sebagaimana dikutip oleh tribunnews.com

1. Tanamkan nilai-nilai yang jelas dan konsisten

Maksudnya, apabila anak diajarkan untuk bisa berbagi, tanamkan juga bahwa berbagi itu sangat baik namun bukan berarti harus mengalah dan malah tidak bisa mendapatkan apa yang menjadi haknya. Selain itu, orangtua juga perlu konsisten. Umpamanya, ada 1 ekor ikan saja untuk makan malam, sedangkan jumlah anggota keluarga itu ada 5 orang, maka ikan tersebut tetap harus dibagi 5 meskipun ayahnya belum tiba di rumah atau belum pulang dari kantornya. Baca juga: Cara Mudah Mengajarkan Anak Berbagi.

Cara mendidik anak yang baik

Image: mathandreadinghelp.org

2. Orangtua harus menjadi contoh

Anak selalu meniru sikap dan kebiasaan dari orangtuanya, jadi orangtua seharusnya selalu menjaga perilaku dan juga sikapnya di dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, orang tua terkadang ingin memudahkan dan kemudian bersikap dengan sekehendak hatinya, padahal tanpa mereka sadari, ada anak – anak di sekitarnya yang juga melihat mereka.

3. Menerapkan konsekuensi

Untuk dapat memacu anak, tidak ada salahnya jika Anda memberikan penghargaan, dapat berupa sebuah pelukan ataupun sebuah pujian, tidak harus selalu berupa hadiah. Sebaliknya, apabila anak melanggar, dapat diberikan sebuah sanksi, misalnya saja dengan melarang anak melakukan sesuatu yang di senangi si anak prasekolah, atau misalnya tidak diizinkan untuk menonton televisi selama 2 hari. Selengkapnya tentang hal ini Anda bisa membaca Cara Menghukum Anak Yang Mendidik.

Itulah 3 cara mendidik anak agar punya kepekaan sosial. Pastikan ketiga tips di atas Anda jalankan dengan baik. Apabila si kecil mempunyai sifat pemarah dan sering ngambek pada Anda sebagai orang tuanya saat dinasehati atau diarahkan, Anda bisa membaca Tips Menghadapi Anak Pemarah untuk mengatasinya. Semoga berhasil dan memiliki anak yang menjadi kebanggaan di masa depan.

Tags: mendidik anak

Related Post "3 CARA MENDIDIK ANAK AGAR PUNYA KEPEKAAN SOSIAL"

5 TIPS & CARA MENGAJARKAN ANAK AGAR JUJUR SEJAK KECIL
Sedikitnya ada 5 tips & cara mengajarkan
BUNDA, STOP DONGENG PRINCESS (PUTERI) BAGI ANAK!
Bunda, stop dongeng princess (puteri) bagi anak
4 TIPS JIKA ANAK BALITA SERING MEMUKUL & MENGGIGIT
4 Tips Jika Anak Balita Sering Memukul
5 CARA MENGAJARKAN ANAK MEMINTA MAAF
Cara mengajarkan anak meminta maaf mungkin saja