14 CIRI-CIRI BAYI SEHAT DAN NORMAL

14 Ciri-Ciri Bayi Sehat Dan Normal – Memiliki bayi yang sehat merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, terutama bagi ibu yang melahirkannya. Namun bagi orang tua yang baru mempunyai anak, kadang tidak mengetahui tanda bayi sehat, baik itu bayi yang baru lahir ataupun beberapa bulan setelahnya. Lantas seperti apa saja ciri-ciri bayi sehat dan normal itu? Berikut ini adalah 14 ciri-ciri bayi sehat yang mudah dilihat.

  1. Saat baru dilahirkan, suara tangis bayi cukup keras dan nyaring. Jika tidak menangis, dikhawatirkan ada kelainan. Karena manfaat tangisan pertama pada bayi adalah untuk melonggarkan saluran pernafasannya agar berjalan dengan baik. Baca juga: Memahami Arti Tangis Bayi.
  2. Tanda bayi sehat lainnya adalah berat badan bayi yang baru lahir minimalnya sekitar 2,5 Kilogram.
  3. Warna kulit bayi kemerahan, dari bagian muka, bibir, sampai kulit tangan dan juga bagian kaki. Jika berwarna kuning, itu tandanya ada kelaianan.
  4. Pernafasannya teratur dan tenang, bagian dinding dada dan bagian dinding perut bayi bergerak secara teratur. Baca juga: Manfaat Sentuhan Ibu Bagi Bayi.
  5. Bagian lengan dan tungkainya bergerak aktif, tangannya mengepal dan menekuk di bagian siku, tungkainya setengah tekuk di bagian sendi paha dan juga lutut.

    tips bayi sehat

    Image: www.jenniferwilcoxphotography.com

  6. Seluruh anggota badannya lengkap dan sempurna, dari ujung kaki sampai kepada ujung rambutnya. Tidak terkecuali lubang mulut, lubang du-burnya dan pusar.
  7. Fesesnya pada hari pertama hingga hari ke 7 berwarna hijau, kemudian pada hari berikutnya berubah menjadi kuning.
  8. Warna urin bayi jernih atau kekuningan.
  9. Warna putih di bagian matanya tetap putih, tidak berwarna kuning.
  10. Apabila di usia 4 minggu semua fungsi tubuhnya dinilai baik, berarti bayi Anda normal.
  11. Bayi menyukai corak, warna, dan gerakan. Ketika mata bayi dapat mengikuti gerakan Anda, itu merupakan salah satu tanda perkembangan bayi. Sejak lahir, bayi sebenarnya dapat mengenali cahaya serta gerakan. Setelah ia lahir, jarak pandang si kecil sekitar 20 hingga 30 cm, kira-kira jarak wajah bayi dengan wajah Anda pada saat menyusui. Pada saat berusia 3 bulan, bayi dapat menatap wajah dan juga objek ketika Anda menggerakkan sebuah benda sekitar beberapa puluh sentimeter dari wajahnya. Pada saat berusia 4 bulan, bayi dapat mendeteksi objek disekitarnya yang berjarak sekitar 30 cm dari wajah dan dia akan berusaha untuk meraih objek tersebut.
  12. Bayi melakukan kontak mata, tersenyum dan tertawa. Kontak mata antara ibu dengan bayi pertamakali biasanya terjadi pada saat bayi berusia 1 bulan, di usia 2 bulan dia akan memberikan senyuman yang bermakna untuk pertama kali. Maka sebaiknya tersenyumlah setiap kali pandangan Anda dengan si kecil bertemu. Bayi Anda akan mulai bergumam pada usia 3 bulan dan mulai tertawa pada usianya 4 bulan. Di usia 5 bulan, buah hati Anda akan balas melempar senyum pada orang lain yang senyum kepadanya. Semuanya merupakan pertanda bahwa si kecil terhubung dengan Anda dan dia juga semakin menyadari akan keberadaan lingkungan di sekitarnya. Ini juga merupakan indikasi penting dalamperkembangan bahasa bayi sebelum dia dapat bicara.
  13. Bayi jarang menangis dan dapat tidur teratur. Si mungil dapat tidur siang pada jam yang sama dan juga tidur malamnya akan lebih lama dan nyenyak. Itu tandanya system saraf bayi sudah bisa menyesuaikan diri dengan rutinitasnya. Sebagian bayi akan mencapai titik itu dengan lebih cepat, sebagian lainnya perlu waktu sekitar 4 bulan ataupun lebih.
  14. Bayi dapat menyangga tubuhnya sendiri. Pada usia sekitar 3 bulan, bayi umumnya sudah mampu menyangga kepalanya sendiri dan dapat melakukan beberapa keterampilan lain.

Itulah 14 ciri-ciri bayi sehat dan normal. Pastikan Anda mamahami semua tanda bayi sehat di atas, jika ada yang dirasa sebaliknya, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Anda juga bisa menstimulasi perkembangan bayi agar optimal dengan Permainan Bayi 1 – 12 Bulan. Bayi sehat dan cerdas merupakan kebahagiaan orang tua.

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "14 CIRI-CIRI BAYI SEHAT DAN NORMAL"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa