6 PERKEMBANGAN BAYI 10 BULAN YANG HARUS DIKETAHUI

6 Perkembangan Bayi 10 Bulan Yang Harus Diketahui – Mengikuti perkembangan si kecil dari waktu ke waktu memang merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan bagi orang tua manapun. Perubahan yang terjadi pada bayi yang dinamis kadang terlihat lucu dan menggemaskan. Sebagai orang tua, tentu saja Anda harus mengetahui semua perkembangan si kecil setiap bulannya. Nah, berikut adalah 6 perkembangan bayi 10 bulan yang Harus diketahui.

1. Bayi bisa duduk sendiri

Di usia ini si kecil mahir untuk duduk dan juga dapat mengatur posisi tubuhnya sendiri. Kadang dia juga berusaha untuk bisa berdiri sendiri tanpa bantuan.

 

2. Bayi sudah bisa berdiri

Bayi Anda sudah bisa untuk berdiri meskipun dengan cara merambat dan juga memakai bantuan dari apa saja yang ada didekatnya. Si kecil juga sudah dapat berdiri dalam waktu yang cukup lama. Anda juga sudah bisa mulai untuk menatihnya agar si kecil mulai belajar melangkahkan kakinya untuk dapat berjalan. Namun tentu saja, perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Jadi jangan cemas apabila buah hati Anda pada usia ini belum mampu untuk berdiri dan berjalan. Si kecil tidak akan berhenti untuk berlatih  bergerak  hingga akhirnya mampu berdiri tanpa Anda bantu.

Perkembangan bayi 10 bulan

Image: www.theguardian.com

3. Menggerakan tangannya lebih baik

Bayi di usia 10 bulan ini sudah mulai dapat menggunakan kedua tangannya dengan lebih baik. Si kecil sudah dapat mengenggam dan juga melakukan gerakan-gerakan dengan tangannya. Misalnya saja sudah bisa bertepuk tangan cukup lincahnya pada saat Anda mengajaknya bertepuk tangan atau mencontohkannya. Hal ini karena kerja sama dan koordinasi kedua tangan si kecil sudah baik, sehingga kubus ataupun balok mainan yang sering dipegang oleh masing-masing tangan bayi juga sudah bisa dipukul-pukulkan.

4. Perkembangan emosional individunya

Bayi berusia 10 bulan mulai mengerti dengan kondisi sekitarnya. Si kecil akan senang sekali mencari berbagai hal yang baru yang berada disekitarnya. Apabila Anda memberikan pujian kepadanya karena kemampuannya terhadap sesuatu, maka biasanya bayi anda akan mengulangi kembali gerakan atau tindakan yang sama tersebut dengan senang hati. Bayi juga lebih takut jika ditinggal oleh orang tuanya. Selain itu, buah hati Anda juga tidak akan mudah jika diajak oleh orang lain.

5. Mengucapkan kata pertama

Salah satu hal sangat membahagiakan bagi orang tua adalah pada saat si kecil dapat mengucapkan  kata-kata pertamanya meskipun belum sempurna. Misalnya saja si kecil mengatakan  ‘mamma’ dan ‘dadda’ ketika melihat Ibunya, ‘cucu’ untuk susu dan ‘pus’ untuk menyebut kucing pada saat memasuki usia ini.

6. Pertumbuhan fisik

Berat badan bayi di usia ini biasanya sekitar 7,3 hingga 9,5 kg, sedangkan tinggi badannya sekitar  67,2 hingga 73,6 cm dan bagian lingkar kepalanya 42,5 hingga 48,5 cm.

Itulah 6 perkembangan bayi 10 bulan yang harus diketahui orang tua. Selalu cermati setiap tahapan tumbuh kembang si kecil, jika dirasa ada yang janggal, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Anda juga bisa membaca 34 Masalah Perkembangan Bayi untuk melengkapi tulisan ini.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "6 PERKEMBANGAN BAYI 10 BULAN YANG HARUS DIKETAHUI"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI