3 TIPS KESEHATAN ANAK YANG MUDAH DAN MURAH

3 Tips Kesehatan Anak Yang Mudah Dan Murah – Untuk sehat, ternyata tidak selalu harus mengeluarkan uang besar yang bisa menguras kantong Anda. Ada hal-hal yang sederhana dan dapat dilakukan agar bisa hidup sehat, terutama bagi anak balita. Berikut 3 tips kesehatan anak yang mudah dan murah:

1. Waspadai bahaya cacingan

Pada anak-anak, ada kemungkinan berat badan yang kurang memang disebabkan oleh adanya cacingan. Namun, tentu saja ada baiknya hal ini Anda periksakan dulu. Pemberian obat cacing pada anak tanpa dasar justru dikhawatirkan akan merugikan anak. Demikian juga dengan dampak finansial. Jika ternyata tidak dibutuhkan, minum obat cacing hanya akan memperberat kinerja hati yang bisa membahayakan kesehatan anak Anda. Baca juga: Ciri-Ciri Bayi Cacingan.

kesehatan anak

Image: www.pumpitdown.co.uk

2. Rutin mengkonsumsi buah

Kapan waktu paling baik untuk memakan buah. Jawabannya tentu akan berbeda antara orang yang kegemukan dengan orang yang berat badannya kurang. dr Fiastuti Witjaksono SpGK sebagaimana dikutip oleh Republika, mengatakan bahwa sebaiknya anak yang kegemukan makan buah dulu sebelum diberikan makanan utama agar perutnya terasa kenyang dan Anda juga yang obesitas bisa mengurangi makan dengan cara tersebut.

Apabila si kecil mulai bosan saat memakan buah-buahan secara langsung, cobalah cara lain untuk menghidangkan buah. Mengolahnya dengan menggunakan blender dan juicer bisa saja menjadi alternatif. Namun dengan juicer, ampas buah jadi terbuang hingga jusnya jadi cuma mengandung vitamin dan juga elektrolit namun miskin akan serat. Baca juga: Tips Agar Anak Suka Sayur Dan Buah.

Selin itu yang perlu diperhatikan adalah cara dan proses penyajian buah. Sebaiknya anak Anda segera mengkonsumsi buah segera setelah buah dikupas. Panas matahari bisa membuat buah yang telah dipotong jadi teroksidasi yang membuat kandungan nutrisinya berkurang.

Bagaimana dengan membeli jus buah dalam kemasan? Manfaat buah yang baik hanya akan Anda dapatkan dari produk yang benar-benar diproses dari buah asli. Jadi sebaiknya hindari minuman yang cuma berperisa buah. Lantaran disiapkan bagi konsumsi harian, dr. Fiastuti mengingatkan kepada masyarakat akan kandungan pengawet dalam sebuah jus buah kemasan. Sebagai gantinya, produk jus buah yang diproses dengan UHT bisa menjadi pilihan. Proses UHT dilakukan dengan pemanasan tinggi selama satu-dua detik bisa menghilangkan kuman tanpa harus merusak kandungan vitamin dan juga mineral pada buah.

3. Siapkan variasi menu makanan untuk Anak

Para ibu diharapkan mampu untuk memasak bahan makanan dengan bervariasi. Ikan lele, misalnya, bukan cuma dapat digoreng seperti biasa. Cobalah dibikin nugget ataupun kaki naga, anak-anak pasti akan lebih suka. Begitu juga dengan berbagai menu makanan lainnya, agar anak tidak merasa bosan, sebaiknya mencari banyak referensi dari internet ataupun majalah tentang variasinya.

Itulah 3 tips kesehatan anak yang mudah dan murah. Tiga langkah mudah ini akan membuat anak tetap sehat jika dilakukan dengan benar dan disiplin.

Tags: perkembangan anak

Related Post "3 TIPS KESEHATAN ANAK YANG MUDAH DAN MURAH"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang