TAKARAN MAKANAN SEHAT UNTUK BAYI SESUAI USIA

Takaran Makanan Sehat Untuk Bayi Sesuai Usia – Menjadi seorang ibu, apalagi pertamakali memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain harus selalu mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga, seorang ibu juga harus tahu takaran yang tepat untuk makanan bayinya. Karena dengan demikian, bayi Anda dapat terpenuhi asupan kebutuhan gizinya setiap hari dengan tepat sesuai dengan tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah takaran makanan sehat untuk bayi sesuai usia sebagaimana yang pernah dilansir Boldsky.

1. Bayi usia 0-4 bulan

Sangat banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa ASI merupakan makanan yang sangat dibutuhkan oleh bayi baru lahir. ASI ataupun kolostrum mengandung antibodi seperti halnya IgA, IgG dan juga IgM yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada bayi. Kolostrum juga mampu membantu bayi untuk menghindari adanya lonjakan bilirubin, sebuah pigmen yang dapat menyebabkan penyakit kuning. Jadi, sebaiknya pastikan Anda secara ekslusif memberikan ASI kepada bayi yang baru lahir.

makanan bayi sehat

Image: www.treehugger.com

2. Bayi usia 4-6 bulan

Selama dalam periode ini, bayi biasanya mulai menunjukkan beberapa tindakan atau aktifitas seperti menutup mulutnya pada saat disuapi makanan dan kembali merasa lapar setelah disusui 8 hingga 10 kali dalam satu hari. Sekarang, Anda dapat memberinya satusendok makan bubur yang dibuat dari buah ataupun sayur. Anda bisa mencoba 5 Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang pernah kami tulis.

3. Bayi usia 6-8 bulan

Bayi yang berusia 6 hingga 8 bulan dapat diberi makan 3 hingga 9 sendok makan bubur dalam 2 hingga 3 kali makan. Sisipkan juga sayuran rebus untuk asupan menu sehat bagi mereka. Beberapa bayi memang menderita intoleransi pada beberapa makanan tertentu, sebaiknya perhatikan apakah buah hati Anda menderita alergi atau tidak. Anda juga bisa menggunakan ikan untuk mengatasi alergi bayi agar lebih mudah. Baca juga Cara Mengetahui Bayi Terkena Alergi Makanan.

4. Bayi usia 8-10 bulan

Dalam usia ini, Anda mulai boleh memberikan sejumlah kecil sereal yang sudah diperkaya dengan gandum. Tambahkan saja 1/8 hingga 1/4 cangkir makanan yang mengandung protein seperti bubur telur atauikan, daging dan juga beberapa kacang-kacangan. Pastikan bahwa Anda sudah menghaluskannyahingga benar-benar sangat lembut.

5. Bayi usia 10-12 bulan

Apabila si kecil sudah mencapai usia 10 hingga 12 bulan, bayi boleh untuk mengkonsumsi sejumlah kecil makanan sehat yang telah diperkaya dengan zat besi. Selain itu, asupan protein dan juga sayuran menjadi salah satu keharusan selama dalam periode tersebut. Anda juga bisa mencoba 4 Resep Makanan Bayi 1 Tahun yang pernah kami tulis.

Itulah takaran makanan sehat untuk bayi sesuai usia. Bayi Anda membutuhkan makanan sehat selama dalam masa pertumbuhannya. Jadi, sebaiknya pastikan Anda memberikan takaran yang tepat untuk makanan buah hati Anda.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "TAKARAN MAKANAN SEHAT UNTUK BAYI SESUAI USIA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa