TV MENGHAMBAT PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

TV Menghambat Perkembangan Bahasa Anak – Banyak ibu yang sering menjadikan televisi sebagai bagian tak terpisahkan dari waktu bermainnya dengan si kecil. Kadang-kadang para ibu juga mengajak anak untuk menonton TV bersama, tapi terkadang mereka hanya menyalakan TV sambil mengajak anak bermain. Kebiasaan yang terlihat sepele ini ternyata punya dampak yang besar pada perkembangan anak Anda, terutama balita, karena dalam sebuah studi terbukti bahwa TV menghambat perkembangan bahasa anak.

Penelitian terbaru menemukan bahwa menyalakan televisi pada saat mengajak anak bermain dapat menghambat kemampuan balita atau buah hati Anda untuk belajar berbahasa, sebagaimana yang pernah dilansir oleh Web MD. Padahal sebagaimana kita tahu bahwa perkembangan kemampuan berbahasa anak dan motoriknya mulai pesat pada saat anak balita. Hasil tersebut ditemukan oleh para peneliti setelah mengamati interaksi dari 49 orang tua dengan anak mereka yang masih balita dengan usia 12, 26, dan juga 36 bulan. Mereka punya kebiasaan bermain sambil menyalakan televisi kurang lebih selama satu jam. Selama bermain, TV menayangkan berbagai program yang berkaitan untuk orang de-wasa dan anak yang berusia lebih besar.

Bahaya nonton TV untuk anak

Image: www.zuga.cl

Para peneliti berpendapat bahwa suara TV yang berada di latar pada saat orang tua bermain dengan anaknya akan membuat kata dan kalimat yang sedang diucapkan oleh orang tua kepada anak menjadi kurang atau tidak terdengar dengan jelas. Meskipun orang tua sedang berfokus sepenuhnya kepada balita mereka, tapi balita tetap tidak dapat fokus kepada orang tua mereka. Konsentrasi balita terpecah antara suara orang tuanya dengan suara televisi.

Penelitian tersebut sangat penting karena kebanyakan anak yang berusia di bawah dua tahun sudah terpapar oleh siaran televisi sebagai suara latar, setidaknya selama 5,5 jam sehari. Demikian dijelaskan oleh para peneliti di dalam Journal of Children and Media.

Tiffany Pempek, yang menjadi ketua peneliti, menjelaskan bahwa pada saat bermain bersama anak sebaiknya para orang tua tidak menyalakan TV. Dan sebaiknya orang tua harus menghindari konten TV yang berkaitan dengan orang de-wasa atau remaja untuk anak mereka.

Meskipun bayi Anda tidak memahami apa yang sedang ditayangkan oleh TV dan hanya mendengar suaranya saja pada saat bermain, tapi hal ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk dapat belajar berbahasa. Sebagaimana disebutkan dalam American Academy of Pediatrics, bahwa anak seharusnya tidak dikenalkan dengan TV dan sehingga usia mereka memasuki 24 bulan atau 2 tahun.

Nah, jelas bukan bahwa TV menghambat perkembangan bahasa anak? Jadi sebaiknya para orang tua mewaspadai hal ini, Kami juga pernah membahas tentang Bahaya Menyuapi Anak Makan Sambil Nonton TV, silahkan Anda pelajari demi kebaikan si buah hati.

Tags: perkembangan anak

Related Post "TV MENGHAMBAT PERKEMBANGAN BAHASA ANAK"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa