TIPS MAKANAN ANAK SEHAT SELAMA PUASA

Tips Makanan Anak Sehat Selama Puasa – Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan hikmah. Selama momen istimewa yang datangnya hanya sekali setahun ini, tentu saja Anda juga ingin mengajarkan anak puasa dan mengajaknya ikut berpuasa bukan?Memang kadang-kadang cukup sulit untuk mengajak anak berpuasa, apalagi jika hal tersebut untuk pertama kalinya. Tapi, banyak juga anak Anda yang cukup mudah berpuasa karena ingin meniru orang tuanya dalam menahan lapar dan haus di waktu siang hari.

Ramadan merupakan peluang untuk berkumpul bersama keluarga lebih dekat lagi, saling berbagi, buka puasa bersama-sama dan kadang-kadang untuk anak-anak yang baru saja memulai puasanya, hal ini dapat menyebabkan keletihan dan juga dehidrasi yang terasa berlebihan. Faktanya, asupan makanan si kecil yang tidak tepat selama Ramadhan dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan anak. Bahkan dapat memberikan pengaruh pertumbuhan dan perkembangan anak.
Makanan anak puasa
Maka dari itu, tips makanan anak sehat selama puasa ini mesti selalu Anda perhatikan. Alangkah baiknya Anda selalu mengawasi dengan cermat bagaimana kebiasaan makan anak Anda selama puasa. Perhatikan, apabila anak Anda mengidap suatu penyakit tertentu, sebelum berpuasa, sempatkanlah waktu untuk dapat berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu.

Sebagaimana dijelaskan oleh Yasmine Haddad, seorang ahli ilmu gizi, bahwa pada saat anak mulai mengikuti tradisi puasa Ramadan, maka tentu saja akan ada perubahan di dalam pola makan dan juga pencernaannya. Pendekatan untuk berpuasa berbeda antara anak yang satu dengan anak lainnya, harus selalu disesuaikan dengan kondisi kesehatan, proses pencernaan serta pola makan anak Anda.

Yasmine juga menambahkan apabila terdapat banyak cara untuk anak agar bisa menjalani puasa tanpa harus menderita sakit perut, dehidrasi dan juga rasa letih. Misalnya saja seperti pemberian asupan nutrisi yang cukup dan juga konsumsi makanan bergizi. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan makanan yang penuh dengan kandungan vitamin dan juga nutrisi seperti kurma, air, susu dan juga jus buah segar. Kurma merupakan salah satu sumber serat yang memiliki kandungan kalsium, zat besi,sulfur, potassium, mangan,fosfor dan juga magnesium. Selain buah kurma, buah yang memiliki kandungan air tinggi lainnya adalah seperti semangka, jeruk, beri-berian, kelapa, mangga, anggur dan nanas. Semuanya merupakan buah yang tepat untuk dapat mengisi kembali kekurangan cairan pada tubuh. Sediakan saja buah-buah di atas pada saat berbuka.

Tips lainnya adalah Anda harus selalu menjauhkan anak-anak dari berbagai minuman berkarbonasi saat berbuka dan juga saat sahur. Minuman berkarbonasi atau softdrink tersebut bisa mengakibatkan perut menjadi kembung serta berbagai masalah pencernaan lainnya.Sebagai gantinya, Anda bisa menghidangkan beberapa gelas air untuk si kecil. Setidaknya buah hati Anda harus meminum 8 gelas air setelah dia berpuasa. Anda juga bisa memberikan si kecil susu, yogurt dan juga jus buah pada saat berbuka dan saat sahur.

Buah, air, yogurt, susu dan yang terakhir adalah sayur-sayuran. Makan yang penuh gizi dan memiliki kandungan nutrisi yang baik saat sahur dengan karbohidrat, mineral dan protein haruslah dilengkapi dengan asupan vitamin baik dari sayuran. Hidangan saat sahur dan sewaktu berbuka yang tepat akan memberikan tambahan tenaga dan juga nutrisi yang cukup saat buah hati Anda berpuasa.

Itulah beberapa tips makanan anak sehat selama puasa. Pastikan Anda selalu mengawasi makanan anak selama puasa agar dia senantiasa sehat dan juga kuat dalam belajar menjalankan ibadah puasa.

Tags: mendidik anak

Related Post "TIPS MAKANAN ANAK SEHAT SELAMA PUASA"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang