MAKANAN BAYI YANG BAIK UNTUK ANTIOKSIDAN

Makanan Bayi Yang Baik Untuk Antioksidan – Antioksidan merupakan kelompok vitamin, enzim, mineral, dan juga rempah-rempah yang dapat membantu melindungi tubuh setiap orang dari r4dikal bebas. Antioksidan alami terdapat pada rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu makanan. Namun memberikan makanan pada bayi dengan bumbu tajam hingga saat ini masih menjadi sebuah perdebatan. Oleh sebab itu cukup banyak orang tua yang lebih memilih memberikan makanan bayi dengan rasa yang hambar, karena menurut mereka hal itu lebih aman.

Sebenarnya Anda boleh saja memberikan bumbu rempah pada si kecil sejak dini. Sebagaimana yang pernah dikutip oleh Health News Daily, bahwa seorang ibu dapat mengakrabkannya lewat ASI yang Anda berikan, karena hal tersebut cukup aman.

Rempah-rempah memang merupakan makanan bayi yang baik untuk antioksidan. Namun tidak semua bumbu rempah baik untuk si kecil. Anda perlu membedakan antara bumbu rempah yang memberikan sebuah efek panas dengan rempah yang dapat memberikan efek aromatik. Misalnya saja seperti kayu manis, ketumbar, bawang putih, jinten dan kunyit merupakan jenis rempah aromatik yang boleh dikonsumsi bayi usia 6 bulan keatas, demikian yang dijelaskan oleh Dr Anca, seorang ahli pencernaan dari University of Maryland.

Anak lucu makan

Image: nspt4kids.com

Sebenarnya, bumbu rempah-rempah yang dapat digunakan untuk dijadikan bumbu makanan bayi ini ini berperan sebagai sebagai antioksidan dini untuk tubuh mereka. Di berbagai Negara Timur Tengah ataupun di negara-negara Amerika Latin, biasanya para ibu sengaja untuk menambahkan variasi bumbu pada menu makanan anaknya untuk memberikan rasa berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir pemakaian gula dan garam dan dapat membuat masakan menjadi jauh lebih enak.

Sebagaimana dipaparkan oleh Vanessa Kane, seorang ahli spesialis gizi dari Children’s Hospital Boston, bahwa sebuah penelitian ilmiah menunjukkan beberapa bayi justru lebih menyukai ASI yang beraroma bawang.

Meskipun beberapa bumbu rempah di atas merupakan makanan bayi yang baik untuk antioksidan, namun dalam memberikan bumbu-bumbu tersebut pada bayi, Anda juga mesti jeli terhadap reaksi yang diberikan. Apakah bayi Anda mempunyai intoleransi pada jenis bumbu rempah tertentu atau tidak. Anda bisa mengetahuinya dengan membaca tulisan Cara Mengetahui Bayi Alergi Makanan untuk lebih jelasnya.

Tags: perkembangan anak

Related Post "MAKANAN BAYI YANG BAIK UNTUK ANTIOKSIDAN"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang