ANAK CERDAS JIKA MENGUNYAH PERMEN KARET?

Anak Cerdas Jika Mengunyah Permen Karet? – Beberapa penelitian pernah mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kecerdasan atau kemampuan bidang akademik seseorang. Salah satunya yang cukup populer adalah penelitian dari William Wrigley Jr. Co, sebuah produsen permen karet ternama. Namun tahukah Anda bahwa berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Baylor College of Medicine, menyebutkan bahwa mengunyah permen karet ternyata tidak selalu dapat meningkatkan kemampuan akademis dari seseorang.

Penelitian untuk membuktikan tentang anak cerdas jika mengunyah permen karet ini pernah dilakukan oleh Craig Johnston, Ph.D, seorang ahli nutrisi di Baylor College of Medicine bersama timnya tersebut telah dipublikasikan dalam sebuah pertemuan tahunan di American Society for Nutrition’s Scientific Sessions & Annual Meeting at Experimental Biology tahun 2009.

Agar anak cerdas

Image: alfajr-news.net

Johnston bersama dengan timnya pernah melibatkan sebanyak 108 anak kelas 8 di Negara Amerika yang berasal dari 4 kelas matematika yang berbeda-beda. Anak-anak tersebut kemudian dibagi ke dalam dua kelompok, satu kelompok anak yang mengunyah permen karet pada saat pelajaran berlangsung selama jam sekolah dan saat mengerjakan pekerjaan rumah dan satu kelompok anak lainnya yang sama sekali tidak mengunyah permen karet.

Johnston mengatakan bahwa anak-anak yang suka mengunyah permen karet tersebut hasil tes matematikanya meningkat setelah 14 minggu lamanya apabila dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tidak suka mengunyah permen karet. Namun menurut Johnston hasil penelitian tersebut tidak bisa dijadikan sebuah tolak ukur.

Anak-anak yang dilibatkan dalam penelitian tersebut terdiri dari 52 anak perempuan dan 56 anak laki-laki. Anak-anak tersebut menyebutkan bahwa mereka mengunyah permen karet sekitar 86% dari waktu mereka saat di dalam kelas matematika dan sekitar 36% pada saat sedang mengerjakan pekerjaan rumah.Menurut Johnston, mengunyah permen karet ini tidak hubungannya secara langsung dengan meningkat atau bertambahnya kemampuan akademik seseorang. Apabila memang mau membuktikan bahwa mengunyah permen karet tersebut membantu meningkatkan kemampuan akademik seorang anak, maka perlu diuji coba di dalam mata pelajaran lainnya seperti sejarah ataupun bahasa Inggris.

Penuturan Johnston ini bersebrangan dengan Michael Posner, PhD, seorang profesor psikologi di Universitas Oregon, yang mengatakan bahwa bukan tidak mungkin dengan mengunyah permen karet seseorang atau anak bisa mengurangi stresnya. Apabila stres seseorang semakin berkurang, maka akan dapat meningkatkan konsentrasi dan juga memberikan pengaruh pada hasil akademis seseorang.

Itulah beberapa pendapat ilmuwan tentang benar atau tidaknya anak cerdas jika menguyah permen karet. Namun meskipun demikian, tidak ada satupun bukti yang meyakinkan bahwa memakan sesuatu ataupun gerakan tertentu dapat membuat hasil tes seorang anak menjadi baik. Sekarang tergantung Anda, percaya dengan hasil penelitian ilmiah yang mana tentang permen karet ini?

Tags: Anak pintar cerdas

Related Post "ANAK CERDAS JIKA MENGUNYAH PERMEN KARET?"

5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
5 TANDA PERKEMBANGAN ANAK BAYI YANG TERLAMBAT
Ada beberapa tanda perkembangan anak bayi yang
4 CARA MELATIH BAYI BELAJAR TENGKURAP
Bunda saat ini sedang mencoba cara melatih
CARA MENGETAHUI & MELATIH BAKAT TERPENDAM ANAK
Tahukah Anda bahwa ada cara mengetahui &