9 TAHAP INISIASI MENYUSUI DINI

9 Tahap Inisiasi Menyusui DiniInisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan, namun ia dibiarkan mencari put!ng susu ibunya sendiri (tidak disodorkan ke put!ng susu). Program IMD ini dapat membantu keberlangsungan pemberian ASI ekslusif dan lama menyusui. Dengan demikian ia akan terpenuhi kebutuhannya hingga usia 2 tahun dan mencegahnya mengalami kekurangan gizi. Pada tulisan ini akan di jelaskan mengenai 9 tahap inisiasi menyusui dini atau IMD yaitu :

  1. Ibu disarankan untuk mengurangi atau tidak menggunakan obat kimiawi dalam proses melahirkan, karena dikhawatirkan akan terbawa dalam ASI ibu yang akan diminum saat IMD.
  2. Proses kelahiran dibantu oleh dokter atau bidan sesuai prosedurnya. Termasuk saat ibu mengalami operasi caesar.
  3. Setelah lahir bayi secepatnya dikeringkan seperlunya tanpa menghilangkan vernix (kulit putih).
  4. Kemudian bayi ditengkurapkan pada bagian dada ataupun perut ibu dengan kulit bayi yang melekat pada kulit ibunya. Untuk dapat mencegah agar bayi tidak kedinginan, kepala bayi bisa Anda pakaikan topi. Apabila dibutuhkan, ibu dan bayi juga dapat diselimuti.

    Bayi baru lahir

    Image: family.fimela.com

  5. Setelah itu, bayi dibiarkan untuk mencari sendiri put!ng susu ibunya, dengan kata lain bayi tidak dipaksakan ke put!ng susu ibu. Pada dasarnya bayi memiliki naluri yang kuat untuk mencari put!ng susu ibunya.
  6. Saat bayi dibiarkan mencari put!ng susu ibunya, ibu juga harus didukung serta dibantu untuk dapat mengenali perilaku si bayi sebelum dia menyusu. Posisi ibu berbaring menyebabkan tidak dapat mengamati dengan jelas apa yang dilakukan oleh bayinya, sehingga perlu dibantu.
  7. Selama proses menyusui, kulit bayi harus tetap bersentuhan dengan kulit ibu sampai proses menyusu pertama selesai.
  8. Setelah selesai menyusui awal, si kecil baru dapat dipisahkan untuk ditimbang,dicap, diukur dan diberi vitamin K serta obat tetes mata.
  9. Ibu dan bayi harus dirawat di tempat yang sama (rawat gabung). Rawat gabung memungkinkan ibu dapat menyusui bayinya kapan saja saat bayi menginginkannya, sebab kegiatan menyusui tidak boleh dijadwalkan. Selain itu, rawat gabung juga dapat meningkatkan ikatan batin antara seorang ibu dengan bayinya, sehingga bayi jadi jarang menangis karena selalu merasa dekat dengan ibunya.

Itulah 9 tahap inisiasi menyusui dini atau IMD bagi ibu pemula yang sedang dalam masa kehamilan agar bisa mempraktekkannya ketika si kecil lahir ke dunia. Perhatikan setiap tahapannya dan lakukan dengan benar ya Bun.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "9 TAHAP INISIASI MENYUSUI DINI"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI