8 MANFAAT INISIASI MENYUSUI DINI

8 Manfaat Inisiasi Menyusui DiniSeorang ibu yang baru saja melahirkan bayinya berharap akan dapat menyusui bayinya. Inisiasi menyusui dini merupakan pemberian kesempatan pada si kecil untuk mulai menyusu pada ibunya segera setelah dilahirkan. Begitu lahir, bayi Anda tidak dipisahkan, namun langsung saja diletakkan pada dada ibu. Bayi tidak perlu dimandikan dulu, hanya dikeringkan saja dengan cara diseka kecuali daerah sekitar tangannya, lemak putihnya juga masih dibiarkan menempel pada tubuh bayi. Berbagai tindakan invasif lainnya pada bayi, misalnya seperti suntikan dan juga pemberian vitamin ditunda dahulu.

Meletakkan bayi di atas kulit ibunya langsung tanpa memakai pemisah ketika melakukan IMD atau inisiasi menyusui dini memiliki manfaat tersendiri. Berikut adalah 8 manfaat inisiasi menyusui dini:

  1. Dada ibu mampu untuk menghangatkan bayi dengan baik. Hal ini karena kulit ibu dapat menyesuaikan suhunya dengan kebutuhan bayi. Kehangatan saat menyusu bisa menurunkan risiko kematian karena bayi terkena hipotermia (kedinginan).
  2. Ibu dan bayi akan merasa lebih tenang, sehingga mampu membantu pernapasan dan juga detak jantung si kecil agar lebih stabil. Dengan demikian, bayi Anda akan jarang rewel sehingga akan mengurangi pemakaian energi.

    Inisiasi menyusui dini

    Image: hobomama.com

  3. Bayi akan memperoleh bakteri yang baik dari ASI ibu. Bakteri baik tersebut akan membuat sebuah koloni pada usus dan juga kulit bayi untuk menyaingi bakteri lain yang bersifat lebih ganas dari lingkungannya.
  4. Bayi akan mendapatkolostrum atau ASI pertama, yakni cairan berharga yang kaya akan antibodi dan berbagai zat lainnya yang penting untuk pertumbuhan usus si kecil. Sebab, pada saat baru dilahirkan, usus bayi masih sangat muda sehingga belum siap untuk mengolah berbagai asupan makanan.
  5. Antibodi dalam ASI atau air susu ibu sangat penting untuk menjaga ketahanan bayi terhadap berbagai infeksi, sehingga dapat menjamin kelangsungan hidup si kecil nantinya.
  6. Bayi memperoleh ASI sebagai makanan awal yang tidak akan mengganggu pertumbuhan, fungsi usus dan juga tidak menyebabkan alergi.
  7. Bayi yang pernah menjalani program IMD akan lebih berhasil dalam menyusu ASI eksklusif dan mempertahankan menyusu setelah 6 bulan.
  8. Sentuhan, ku-luman atau emutan dan j!latan bayi pada put!ng ibu akan menstimulasi keluarnya h0rmon oksitosin yang memiliki fungsi antara lain:
  • Menyebabkan rahim dapat berk0ntraksi, sehingga membantu untuk mengeluarkan pl4senta dan mengurangi pendarahn ibu.
  • Menstimulasi h0rmon lain yang dapat membuat ibu menjadi lebih tenang, merasa rileks dan mencintai bayi. Selain itu juga membuat lebih kuat menahan rasa sakit atau nyeri, serta menimbulkan rasa sukacita dan bahgia.
  • Menstimulasipengaliran ASI dari pay-udara, sehingga ASI matang (yang berwarna putih) dapat lebih cepat untuk keluar.

Itulah 8 manfaat inisiasi menyusui dini bagi bayi baru lahir dan juga ibunya. Jangan lupa ingat tips ini ya Bun saat persalinan. Jika anak pertama belum sempat diberikan inisiasi menyusui dini, Bunda bisa menerapkannya pada anak kedua. Anda juga bisa membaca 9 Tahap Inisiasi Menyusui Dini untuk menyempurnakan tulisan ini.

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "8 MANFAAT INISIASI MENYUSUI DINI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa