7 TANDA BAYI BARU LAHIR NORMAL DAN SEHAT

7 Tanda Bayi Baru Lahir Normal Dan Sehat – Orang tua manapun tentu akan bahagia dengan kelahiran buah hatinya dengan sehat dan selamat. Dan tentu saja setiap orang tua menginginkan bayinya lahir dengan normal dan juga sehat, baik itu normal secara fisik maupun mentalnya. Apabila Anda berharap bahwa bayi baru lahir langsung terlihat secara menggemaskan seperti yang tampak di cover majalah-majalah, jangan berharap. Karena bayi Anda akan terlihat sempurna setelah beberapa minggu ke depan. Nah, untuk mengetahui bahwa bayi Anda lahir dengan normal, berikut 7 tanda bayi baru lahir normal dan sehat:

1. Bayi Menangis
Hal pertama yang akan dilakukan oleh bayi setelah dia dilahirkan adalah menangis, itu karena hatinya sudah mulai bekerja. Biasanya apabila bayi baru lahir tidak menangis, dokter akan menampar bagian p4ntat bayi agar membuatnya menangis. Ini biasa terjadi di depan mata seorang ibu jika bayi dilahirkan secara normal.

bayi baru lahir

Image: afranko.net

2. Sepuluh jari tangan dan jari kaki lengkap
Ini merupakan sebuah tradisi, dimana nenek moyang kita menghitung jari tangan dan juga jari kaki bayi untuk dapat memastikan bahwa jari tangan dan jari kaki bayinya sudah lengkap. Ini sebenarnya sebuah ritual sederhana untuk memastikan bahwa bayi Anda tidak cacat secara fisik.

3. Gerakan bola mata bayi
Bagian kornea mata bayi baru lahir memang belum sepenuhnya berkembang, pada umumnya bayi baru lahir sering menutup mata. Namun mata bayi akan terbuka setelah beberapa hari kemudian, ketika bayi mencoba untuk membuka matanya, cobalah alihkan perhatiannya dengan cara menggerakan jari ataupun mainan untuk dapat melihat apakah bola mata bayi bergerak dalam menanggapi stimulasi Anda.

4. Kemampuan mendengarkan suara
Awalnya cukup sulit untuk memprediksi apakah bayi baru lahir Anda mendengar dengan benar atau tidak. Namun Anda dapat membuat perkiraan yang cukup adil dengan membuat sebuah suara keras ketika bayi Anda sedang tidur.

5. Berat bayi baru lahir
Hal yang wajar dan normal bagi bayi adalah jika berat badannya turun setelah dia lahir, tapi hal tersebut tidak boleh lebih dari 10 persen dari berat badan totalnya.

6. Bayi lapar adalah tanda bayi yang sehat
Apabila bayi baru lahir Anda sangat kuat saat menyusu, berarti itu menandakan dia merasa lapar. Untuk bayi sehat, hal tersebut normal pada saat makan, minum susu dan ketika tidur. Hal ini menunjukkan bahwa bayi Anda sangat membutuhkan energi.

7. Fitur wajah dan kepala bayi memanjang
Kebanyakan bayi yang dilahirkan dengan persalinan normal mempunyai kepala yang agak memanjang. Hal tersebut karena perjuangannya untuk keluar dari lorong yang sempit, namun hal tersebut akan berubah dalam waktu beberapa minggu ke depan. Anda juga harus memeriksa bagian lain dari bayi, seperti bagian mulut, hidung bengkok ataupun melorot (ini merupakan gejala sindrom down).

Itulah 7 tanda bayi baru lahir normal dan sehat. Segera konsultasikan dengan dokter kandungan apabila ada gejala yang tidak baik atau ada sesuatu yang dirasa tidak wajar. Semoga bayi Anda selalu sehat dan menjadi kebanggaan dalam hidup.

Tags: Bayi Baru Lahir

Related Post "7 TANDA BAYI BARU LAHIR NORMAL DAN SEHAT"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa