4 TIPS DAN CARA MERAWAT GIGI BAYI

4 Tips Dan Cara Merawat Gigi Bayi – Gigi bayi pada umumnya muncul pada saat berusia lima ataupun tujuh bulan. Apabila tidak Anda jaga dengan cukup baik, gigi bayi nantinya akan mudah sekali rusak. Dan yang seringkali tidak disadari adalah penggunaan dot bayi, karena hal ini juga memberikan pengaruh pada kesehatan gigi dan juga gusi. Nah, jika Anda takut gigi si kecil rusak? Berikut adalah 4 tips dan cara merawat gigi bayi yang bisa Anda terapkan pada buah hati.

1. Jangan membiarkan bayi tidur dengan tidak melepas dot
Kebiasaan buruk yang satu ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi si kecil. Sebaiknya Anda membiasakan untuk selalu mengambil dot dari mulut si kecil setelah dia mulai terlelap. Cara yang satu ini penting untuk menghindarkan bayi Anda dari bahaya gigi berlubang.

2. Sikat gigi bayi setelah menyusu
Anda bisa memakai sikat gigi yang sangat lembut dan air untuk dapat membersihkan gigi si kecil. Setelah bayi berusia sekitar 2 tahun, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang khusus bagi anak. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan nol sakarin, pengawet, pewarna dan juga warna buatan agar lebih menarik.

Bayi tumbuh gigi

Image: nashvilleparent.com

3. Beralih dari penggunaan dot ke gelas
Biasakan sejak dini pada anak untuk selalu menggunakan cangkir ataupun gelas. Jika Anda tidak membiasakannya, anak nantinya akan sulit untuk beralih dari dot ke gelas.

4. Pemeriksaan gigi
Pada usia bayi yang sudah berusia 12 hingga 18 bulan, Anda dapat memulai memeriksakan gigi anak ke dokter gigi secara teratur. Dengan cara demikian, gigi anak Anda bisa lebih terjaga kesehatannya. Apabila anak susah untuk diajak ke dokter gigi, Anda bisa membujuknya dengan beberapa cara tertentu, silahkan membaca Tips Membujuk Anak Ke Dokter Gigi.

Itulah adalah 4 tips dan cara merawat gigi bayi yang bisa Anda terapkan pada si kecil. Jagalah kesehatan gigi bayi Anda agar terhindar dari kerusakan gigi sejak dini, misalnya seperti gigi berlubang. Gigi yang sehat akan menampilkan sebuah senyuman yang tampak cemerlang dari anak.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "4 TIPS DAN CARA MERAWAT GIGI BAYI"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI