TIPS MPASI PERTAMA UNTUK BAYI 6 BULAN

Tips MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan – ASI atau Air susu ibu merupakan satu-satunya makanan yang memiliki berbagai kandungan zat gizi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi usia 0-6 bulan. Tapi, setelah si kecil memasuki usia 6 bulan, kebutuhan gizi si kecil semakin meningkat dan orang tua biasanya mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut dengan MPASI.

IRT Ini Menghasilkan 38,7jt/bln via Internet 

Dia melakukannya dirumah sambil masak dan momong anak. Simak kisah lengkapnya..

 

>>oke saya mau<<

Saat memasuki usia 6 bulan, tentu saja sistem pencernaan si kecil juga telah siap untuk menerima asupan makanan selain air susu ibu atau ASI. Karena bayi berusia 6 bulan juga sudah mempunyai refleks untuk mengunyah makanan. Pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI ini harus dilakukan dengan bertahap, mulai dari asupan makanan yang bertekstur lunak seperti bubur susu, kemudian bubur saring, setelah itu bayi dapat di berikan makanan dengan tekstur lembek seperti bubur biasa dan kemudian diberikan nasi tim. Setelah terbiasa, bayi dapat diberikan asupan makanan dengan tekstur padat seperti nasi biasa, yang sesuai dengan tingkat usia si kecil.

bayi lucu makan MPASI

Image: budgeting.thenest.com

Lantas makanan apa sebenarnya yang pertama kali bisa diperkenalkan pada bayi di usia 6 bulan ini? Ada beberapa tips MPASI pertama untuk bayi 6 bulan sebagaimana di jelaskan oleh dr.I Gusti Ayu Pratiwi, Sp.A yang lebih akrab dipanggil dr.Tiwi, seorang dokter spesialis anak yang mengatakan bahwa sebenarnya bayi bisa diberikan makanan apa saja, tergantung kepada respon si kecil. Anda dapat memberinya buah terlebih dulu ataupun memberinya sumber karbohidrat dulu. Yang penting makanan tersebut diperkenalkan terlebih dulu pada bayi Anda. Dokter spesialis anak yang juga merupakan dokter di RS. Bunda Jakarta ini menyebutkan bahwa jika si kecil tidak suka dengan makanan tersebut, sebaiknya Anda jangan langsung berhenti begitu saja, karena si kecil butuh beradaptasi dengan rasa dari makanan baru tersebut, jadi Anda bisa mencobanya lagi lain kali.

Dr. Tiwi juga menambahkan bahwa jenis makanan atau MPASI yang diperkenalkan juga sebaiknya Anda sesuaikan juga dengan berat badan si kecil. Jika berat badannya termasuk kurang, sebaiknya Anda memilih makanan yang mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi.

Biasanya, budaya juga dapat memberikan pengaruh pada jenis makanan apa yang pertama kali diperkenalkan. Untuk keluarga di Negara Jepang misalnya, mereka biasanya akan memperkenalkan MPASI berupa ikan terlebih dulu kepada bayi mereka.

Bagaimana dengan risiko bayi terkena alergi? Menurut dr.Tiwi, alergi ini bukanlah sesuatu yang dikatakan berbahaya, sehingga Anda sebaiknya tidak takut untuk mencoba. Tapi apabila ada riwayat alergi dari orangtua bayi, sebaiknya Anda jangan memberikan makanan yang dapat memicu alergi, misalnya saja makanan yang menjadi sumber protein seperti kacang-kacangan, telur atau ikan. Selengkapnya bisa Anda baca dalam tulisan berjudul Tips Mengetahui Alergi Makanan Pada Bayi.

Sedangkan buah-buahan sendiri sebenarnya semua dapat diperkenalkan pada bayi. Pilihlah jenis buah yang segar serta matang, agar rasanya tidak asam di lidah bayi. Sajikan buah-buahan selagi masih segar agar kandungan vitamin C pada buah tidak berkurang.

Buah-buahan sebaiknya Anda berikan pada si kecil sebanyak dua sendok makan saja sekali makan dan sebanyak dua kali dalam sehari. Setiap jenis buah bisa Anda berikan 2 hingga 3 hari berturut-turut supaya si kecil bisa mengenali rasanya. Setelah itu baru Anda dapat memperkenalkan jenis buah lainnya.

Nah, dengan tips MPASI pertama untuk bayi 6 bulan dari seorang ahli diatas, Anda tidak perlu ragu lagi memilih makanan terbaik untuk anak agar asupan gizinya terpenuhi dan tumbuh kembangnya maksimal.

Tags: bayi sehat Merawat Bayi

Related Post "TIPS MPASI PERTAMA UNTUK BAYI 6 BULAN"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa