CARA SUPER MUDAH AGAR BAYI BISA CEPAT BICARA

Cara Super Mudah Agar Bayi Cepat Bisa Bicara – Sebagai orang tua tentu saja Anda sangat senang melihat perkembangan bayi Anda dari waktu ke waktu. Semua tahap perkembangan si kecil pernah kami bahas dalam tulisan berjudul 34 tahap tumbuh kembang bayi. Salah satu diantara tahap tersebut adalah ketika buah hati Anda mulai dapat berbicara dan mengucapkan berbagai kalimat pendek, meskipun kalimat-kalimat yang diucapkannya terdengar belum jelas namun menjadi kabahagiaan tersendiri bagi orang tua.

Tahukah Anda bahwa ada cara super mudah agar bayi bisa cepat bicara? Caranya yaitu dengan menggelitik perut si kecil. Lantas manfaat besar dibalik kebiasaan Anda bercanda sambil menggelitik perut bayi? Sebagaimana dilansir oleh Daily Mail, penelitian paling baru yang dilakukan Purdue University, Indiana – Amerika Serikat, telah menemukan bahwa kebiasaan orang tua menggelitik perut bayi tidak hanya menstimulasi kemampuan motorik pada si kecil, melainkan juga dapat membantunya agar lebih cepat dapat bicara.

Ibu dan bayi

Image: www.sheknows.com

Penelitian yang dipimpin langsung oleh Amanda Seidl itu menemukan bahwa si kecil akan lebih terdorong untuk mengucapkan kata-kata baru pada saat perutnya digelitiki. Menurut Amanda, hal tersebut berkaitan erat dengan peran positif sentuhan bunda yang merupakan sebuah ungkapan rasa sayang sekaligus juga sebagai dorongan untuk dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri.

Menurut Amanda, tim-nya menyimpulkan bahwa sentuhan pada bayi mampu memberi efek positif yang sama dengan apa yang telah mereka dengar di dalam tahap belajar berbicara. Orangtua menyentuh anaknya sebagai penyampaian rasa kasih sayang, namun riset para peneliti ini menyatakan bahwa adanya sentuhan juga mampu mendorong bayi untuk bersuara.

Lebih jauh, Seidl juga menjelaskan bahwa dengan adanya sentuhan dari ibunya, anak jauh lebih mudah untuk memahami bahasa dan juga akan lebih cepat dalam menirukan pengucapan kata-kata yang di dengarnya.

Penelitian yang telah dilakukan di Inggris itu melibatkan 48 bayi. Semua bayi tersebut ditaruh dipangkuan orangtuanya. Setelah itu, peneliti kemudian meraba-raba lutut dan juga menggelitik perut mereka. Awalnya, semua bayi tersebut hanya tertawa saat digelitik oleh ibunya.

Tapi di penelitian yang kedua, pada saat digelitik bayi-bayi tersebut diperdengarkan sebuah kata yang tidak mempunyai arti, yaitu ‘dobita’, tidak berapa lama kemudian, bayi-bayi tersebut mulai mengucapkan kata tersebut secara berulang kali, yang mengindikasikan bahwa proses belajar tersebut terjadi dengan cukup cepat.

Di sisi lain, bayi-bayi yang juga diperdengarkan kata yang sama akan tetapi tidak sambil digelitik, membutuhkan waktu lebih lama untuk mengucapkan kata yang sama. Nah, cara super mudah agar bayi cepat bisa bicara ini bisa Bunda coba sendiri di rumah, namun jangan berlebihan ya bun, nanti si kecil malah kecapean.

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "CARA SUPER MUDAH AGAR BAYI BISA CEPAT BICARA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa