9 CARA DAN TIPS AGAR BAYI TIDUR NYENYAK SAAT MALAM

9 Cara Dan Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Saat Malam – Untuk Ayah dan Bunda baru, mempunyai bayi memang penuh dengan perjuangan dan pengorbanan. Karena merawat bayi memang butuh kesabaran dari orang tua, salah satunya adalah jam tidur bayi yang kerap tak menentu. Bayi memang mempunyai jam tidur yang tidak atau masih belum teratur, kadang-kadang si kecil tertidur di waktu pagi hari dan terbangun ketika malam hari. Hal seperti ini tentunya juga dapat membuat waktu tidur si kecil jadi berkurang.

Nah untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mencoba beberapa tips di bawah ini ini agar bayi Anda dapat tidur dengan cukup, apalagi disebutkan bahwa sebaiknya bayi tidur selama 12 jam sehari karena mereka memang cepat tumbuh di saat tidur. Berikut adalah 9 cara dan tips agar bayi tidur nyenyak saat malam:

1. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat
Salah satu cara paling baik yang cukup berhasil dilakukan agar anak Anda bisa tidur nyenyak adalah dengan cara memandikannya menggunakan air hangat. Apabila si kecil tidak suka mandi dengan memakai air hangat, kombinasikan saja dengan pijatan yang lembut serta dengan penuh kasih sayang. Jagalah suara apapun disekitarnya tetap pelan ketika mandi agar mandi menjadi yang sesuatu yang menenangkan untuk buah hati Anda.

Bayi lucu tidur

Image: www.essentialbaby.com.au

2. Tidur Dengan Orang Tua
Tidur dengan orang tua cukup banyak membantu untuk sebuah solusi tidur bagi bayi. Sebuah studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa anak yang tidur bersama-sama dengan orang tuanya dapat tumbuh dengan rasa percaya diri yang cukup tinggi dan juga mampu mengurangi rasa cemas.

3. Beri Bayi Makan Atau Susui Dia Sebelum Tidur
Apabila buah hati Anda sering terbangun saat malam hari karena lapar, beri dia makan atau susui terlebih dulu sebelum tidur karena hal ini dapat membantu. Para ahli psikologis dan kesehatan bayi percaya bahwa dengan memberikan makanan ekstra pada si kecil sebelum tidur cukup untuk membuat bayi kenyang agar tidak terganggu ketika tidur. Bukan cuma itu, dengan memberinya makanan atau ASI sebelum tidur, bayi juga jadi tidak mudah terganggu oleh berbagai suara.

4. Beri Wewangian Alami
Wewangian merupakan salah satu kunci agar dapat membuat bayi Anda bisa tidur dengan nyenyak. Hidung bayi yang kecil dapat terbuai untuk tidur tenang dengan semerbak wewangian yang berasal dari satu atau dua tetes aroma minyak lavender alami yang bisa di teteskan pada tissue dan kemudian diletakkan di dekat tempat tidur.

Minyak natural yang satu ini cukup dikenal akan manfaatnya untuk relaksasi, anti kecemasan dan juga mampu membuat tidur bayi nyenyak. Tapi hal tersebut tidak disarankan untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

5. Memindahkan Bayi Ketika Tidur
Memindahkan si kecil pada saat tidur dapat menyebabkan bayi Anda jadi terbangun. Anda harus dengan lembut menempatkan tangan Anda pada bagian perut dan kepalanya agar membuatnya nyaman dan juga tenang sebelum Anda menukarkan tempat tidurnya.

6. Gunakan Popok Dengan Daya Serap Tinggi
Kebanyakan bayi sering terbangun dari tidurnya bukan disebabkan rasa haus atau lapar, namun karena merasa tidak nyaman dengan popok yang sedang dikenakannya. Jika Anda lebih suka si kecil memakai popok kain dibandingkan dengan popok sekali pakai, sebaiknya Anda lebih sering mengganti popoknya. Popok yang kotor hanya akan mengumpulkan bakteri dan juga dapat menimbulkan timbulnya iritasi pada kulit bayi.

7. Atur Suasana Tidur Bayi
Sejak berada dalam kandungan, bayi sudah mengenal tidak asing dengan irama circadian. Irama circadian merupakan jam biol0g!s pada tubuh manusia. Sehingga pada dia telah lahir, setelah beradaptasi, bayi juga dapat mengikuti irama circadian ini. Biasakan si kecil untuk tidur dengan suasana yang sangat tenang dan juga temaram supaya secara otomatis tubuhnya juga tahu jika suasana seperti itu berarti waktunya tidur. Dengan cara seperti ini anak dapat tidur dengan lebih nyenyak.

8. Aturlah Pola Tidur Bayi
Untuk bayi yang masih berusia 0 hingga 4 bulan memang biasanya tidak dapat diatur pola tidurnya. Namun setelah si kecil berusia 4 bulan, otak bayi mulai dapat mengenali kapan waktu siang dan kapan waktu malam. Terapkanlah waktu tidur siang dan juga tidur malam pada di kecil. Tidur siang dapat membantu bayi Anda untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur malamnya yang kurang. Bangunkan bayi Anda pada saat sudah waktunya makan, biasanya sekitar 2 hingga 3 jam sekali. Lebih baik jika waktu tidur siangnya lebih pendek daripada tidur malamnya.

9. Rawat Bayi Dengan Metode Kanguru
Metode kangguru ini memang lebih populer dengan istilah skin to skin care. Perawatan seperti ini bisa Anda lakukan bagi bayi yang baru lahir, yaitu dengan cara bayi yang hanya memakai kaos kaki, topi dan juga popok diletakan di atas bagian dada Anda dengan tanpa ada kain penghalang selembar pun. Dengan metode seperti ini si kecil akan merasa aman karena rasanya seperti masih di dalam kandungan dan membuatnya menjadi jarang menangis sehingga tidak membutuhkan kalori tambahan agar tumbuh kembangnya jadi optimal.

Itulah 9 cara dan tips agar bayi tidur nyenyak saat malam yang bisa Anda coba terapkan. Mudah-mudahan dengan cara di atas si kecil bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas .

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "9 CARA DAN TIPS AGAR BAYI TIDUR NYENYAK SAAT MALAM"

4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu
PENYEBAB BERAT BADAN BAYI TIDAK BERTAMBAH NAIK
Berat badan bayi tidak bertambah naik juga?
USIA BERAPA BAYI BOLEH TIDUR MEMAKAI BANTAL?
Usia berapa bayi boleh tidur memakai bantal?
17 NAMA BAYI TERPOPULER DI TAHUN 2017
Apa saja nama bayi terpopuler di tahun