7 TIPS DAN CARA AGAR ANAK TUMBUH TINGGI

7 Tips Dan Cara Agar Anak Tumbuh Tinggi – Apakah Anda tahu bahwa ada 35 persen atau sekitar sepertiga anak yang tumbuh di Indonesia dikategorikan sebagai anak yang pendek? Bahkan anak pendek yang terdapat di Indonesia ini merupakan penyumbang terbesar jumlah anak pendek di Asia.

Jika dibandingkan dengan standar WHO, anak-anak perempuan di Indonesia ternyata lebih pendek 12,5 cm dan anak laki-laki lebih pendek 9,9 cm. Idealnya tinggi badan rata-rata orang Indonesia adalah 160 cm pada wanita dan 170 cm pada pria. Pertumbuhan anak ini dimulai sejak janin hingga dia berada dalam masa pubertas. Lantas, bagaimana agar anak kita tidak termasuk dalam kategori pendek? Berikut 7 tips dan cara agar anak tumbuh tinggi.

1. Berikan asupan makanan yang tepat pada anak
Protein, asam amino, zat besi, yodium, zinc, kalsium, vitamin B, vitamin D, vitamin C dan vitamin A merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan anak. Dengan mendapatkan asupan makanan yang cukup dan tepat, pertumbuhan anak tidak akan terhambat dan akan berkembang sesuai dengan usianya. Untuk mendapatkan berbagai nutrisi tersebut, makanan yang bisa Anda berikan pada anak adalah buah-buahan, biji-bijian, oatmeal, yogurt, wortel, bayam, ayam, kedelai, susu dan telur.

Agar anak tumbuh tinggi cepat

Image from: johnshade.hubpages.com

2. Jaga kualitas tidur anak
Tidur anak yang berkualitas sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak. Karena hor-mon pertumbuhan akan bekerja dengan baik pada saat anak tidur. Terutama jika anak tidur dengan lelap atau deep sleep kurang lebih selama 7 hingga 8 jam tanpa terputus, tidak perasaan gelisah dan tidak terbangaun karena mimpi.

3. Biarkan anak terkena sinar matahari pagi
Sudah cukup banyak penelitian yang menyebutkan bahwa cahaya matahari dapat menstimulasi tubuh agar untuk meregenerasi vitamin D dari berbagai zat yang berada di dalam tubuh. Bukan cuma itu, cahaya matahari pagi juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta membantu mentransfer kalsium untuk melewati membran sel, sehingga mampu menguatkan tulang.

4. Jaga berat badan ideal anak
Sebagaimana kita ketahui bahwa obesitas bisa menghambat pertumbuhan anak. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan lemak di bagian bawah permukaan kulit sehingga menyebabkan penyerapan kalsium menjadi terhambat. Oleh sebab itu, jagalah berat badan anak agar tidak terjadi obesitas dengan memberinya asuan nutrisi yang tepat.

5. Ajak anak berolahraga
Ajaklah anak berolahraga dengan rutin agar kelenjar pituitari yang terdapat di dalam tubuh bisa lebih banyak melepaskan berbagai hor-mon pertumbuhan mereka. Apalagi jika anak Anda sedang dalam masa pertumbuhan, karena dengan berolahraga, hor-mon pertumbuhannya akan bekerja dengan baik. Apalagi jika olahraganya adalah basket dan renang, keduanya sudah cukup populer sebagai olahraga yang dapat menambah tinggi badan.

6. Ajarkan anak beberapa latihan peregangan
Tulang belakang yang terdapat pada tubuh manusia mampu meregang seiring dengan tumbuh kembang anak. Maka, beberapa latihan peregangan akan sangat baik apabila dilakukan pada anak yang sedang dalam usia pertumbuhan. Tapi latihan seperti ini hanya cocok untuk anak yang sudah memasuki usia remaja, bukan anak balita atau yang masih kecil.

7. Lakukan terapi h0rm0n pertumbuhan
Terapi merupakan pilihan terakhir untuk anak yang cukup sulit tumbuh tinggi. Tapi, jika anak Anda masih terlihat setara tingginya dengan jika dibandingkan teman-teman sebayanya, maka terapi ini tidak usah dilakukan. Anda bisa menghubungi dokter anak untuk informasi lebih jelas tentang yang satu ini.

Itulah 7 tips dan cara agar anak tumbuh tinggi yang bisa Anda coba terapkan. Namun jangan terlalu memaksakan ya Bun, apalagi sampai membuat anak tertekan, lakukan dengan enjoy agar anak dapat tumbuh dengan optimal.

Tags: perkembangan anak

Related Post "7 TIPS DAN CARA AGAR ANAK TUMBUH TINGGI"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang