7 PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN YANG HARUS ANDA TAHU

7 Perkembangan Bayi 6 Bulan Yang Harus Anda Tahu – Setiap orang tua tentu saja selalu memperhatikan perkembangan anak yang dicintainya. Sejak ia dilahirkan hingga tahap demi tahap tumbuh kembangnya dalam hitungan bulan tak luput dari pengamatan. Terkadang sebagian orang tua merasa khawatir jika tumbuh kembang bayi yang disayanginya belum sesuai atau terlambat, apalagi saat usia bayi memasuki usia 6 bulan, karena saat memasuki usia ini kemampuan bayi akan meningkat dan mulai bisa melakukan berbagai hal baru. Nah, berikut ini adalah 7 perkembangan bayi 6 bulan yang harus Anda tahu:

1. Fungsi tangan dan jari mulai optimal
Bayi berusia 6 bulan akan mulai belajar untuk memaksimalkan fungsi dari jemarinya dengan cukup baik. Si kecil akan berusaha untuk menggerakkan tangannya dengan maksimal seperti mencoba memegang dan mengambil sesuatu di sekelilingnya yang terlihat, kadang buah hati Anda juga berusaha memasukkan berbagai benda tersebut ke dalam mulutnya. Atau si kecil juga memu-kul sesuatu dengan tangan mungilnya dan memindahkan sebuah benda dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya.

2. Bayi bisa duduk tanpa bersandar
Di usia ini juga si kecil mulai dapat duduk tanpa bersandar pada sesuatu, si kecil juga sudah bisa menoleh ke arah kanan dan kiri untuk mencari sumber suara dari sekitarnya. Jika Anda mengajaknya ngobrol, si kecil akan memperhatikan Anda sambil tersenyum dan juga bergumam untuk meniru suara Anda.

Bayi lucu merangkak

Image: everydaylife.globalpost.com

3. Bayi sudah belajar merangkak
Di usia ini juga bayi mulai belajar merangkak maju perlahan-lahan untuk dapat meraih sesuatu yang tampak menarik baginya. Cobalah Anda berikan sebuah bola yang tak terlalu besar dihadapannya, dia akan coba untuk merangkak menghampirinya, kemudian mengambilnya, lalu duduk dan mencoba memasukan bola tersebut ke dalam mulutnya atau kadang memindahkan dari tangan satu ke tangannya yang lain. Merangkak adalah salah satu fase yang biasa dilalui oleh bayi sebelum dia mulai berjalan. Si kecil akan mulai belajar untuk memperkuat otot tangan dan juga kakinya untuk dapat membantu mengangkat tubuhnya dan mencoba berpindah tempat. Merangkak juga merupakan cara si kecil untuk dapat mengenal lingkungannya.

4. Bayi sering berguling
Bayi Anda yang berusia 6 bulan sering berguling ke kiri atau ke kanan pada saat dia berada dalam posisi terlentang, apalagi pada saat Anda memberinya stimulus dengan cara meletakkan mainan ataupun benda yang menarik perhatian di samping tubuhnya.

5. Penglihatan bayi mulai jelas
Di usia ini juga penglihatan si kecil sudah berkembang dengan sangat baik. Si kecil akan menggunakan matanya untuk dapat mengidentifikasi orang-orang atau benda-benda yang ada di sekelilingnya, baik benda yang besar ataupun yang kecil.

6. Bayi mulai sering menirukan suara
Perkembangan bayi 6 bulan dalam berbahasa mulai menunjukkan perubahan yang berarti. Si kecil akan mampu meniru dan mengeluarkan kata-kata orang yang mengajaknya berbicara. Biasanya kata-kata yang dikeluarkan terdiri dari satu huruf konsonan dengan satu huruf vokal, misalnya seperti mengucapkan kata ba, na, ma, pa dengan nada yang berirama atau ritmis.

7. Berat dan tinggi badan bayi
Beberapa bulan pertama dalam kehidupannya, berat badan si kecil bertambah kurang lebih sekitar 600 gram hingga 1,5 kg setiap bulannya. Dengan demikian, berat badan bayi saat berusia 6 bulan mestinya sudah dua kali lipatnya dari berat badan dia sewaktu lahir. Bertambahnya berat badan bayi tersebut akan melambat menjadi sekitar 500 gram saja per bulan pada saat usianya memasuki 6 bulan kedua dalam kehidupannya. Pertambahan tinggi badan bayi juga mulai melambat antara 1 hingga 1/2 cm per bulan dalam periode ini.

Itulah 7 perkembangan bayi 6 bulan yang harus Anda tahu. Untuk perkembangan bayi dalam usia delapan hingga dua belas bulan, Anda dapat membaca 34 Masalah Perkembangan Bayi. Pastikan Anda selalu menstimulasinya dengan baik agar si kecil dapat tumbuh dengan optimal.

Tags: Perkembangan Bayi tumbuh kembang bayi

Related Post "7 PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN YANG HARUS ANDA TAHU"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI