4 TIPS PENTING SAAT BAYI TUMBUH GIGI

4 Tips Penting Saat Bayi Tumbuh Gigi – Saat gigi si kecil mulai tumbuh, dia akan terlihat lucu dan menggelikan. Namun ada kekhawatiran juga bagi orang tua karena hal ini terkadang mengganggu bagi sebagian bayi. Proses tumbuhnya gigi pada bayi biasanya mulai terjadi pada saat bayi berusia 6 hingga 12 bulan. Proses tumbuh gigi pada bayi ini ini seringkali menimbulkan rasa sakit yang biasanya membuat bayi menjadi agak rewel. Bukan cuma itu, bayi juga seringkali mengalami demam ringan saat giginya mulai tumbuh.

Bagi para orang tua, sebaiknya jangan terlalu khawatir jika anaknya sedang dalam proses tumbuh gigi. Ada beberapa tips mudah serta alami yang dapat Anda dilakukan untuk dapat meredakan rasa sakit yang sedang dirasakan anak pada saat mengalami proses tumbuh gigi. Inilah 4 tips penting saat bayi tumbuh gigi seperti yang pernah dilansir oleh laman Health Me Up.

bayi tumbuh gigi

Image from www.babycentre.co.uk

1. Gunakan es
Menggunakan es merupakan tips yang paling mudah untuk dapat meredakan rasa sakit pada bayi karena sedang tumbuh gigi. Es dapat digosokkan dengan perlahan dan lembut pada bagian gusi bayi yang sedang dalam proses tumbuh gigi. Es yang dingin bisa membuat gusi anak terasa mati rasa dan kemudian meredakan rasa sakitnya. Selain menggunakan es, Anda juga dapat memakai jus buah-buahan yang telah dibekukan.

2. Gunakan cengkeh
Cengkeh yang selama ini dikenal sebagai salah satu rempah yang sering digunakan untuk dapat meredakan sakit gigi bisa juga dimanfaatkan untuk anak yang baru tumbuh gigi. Gunakanlah minyak cengkeh yang telah dicampurkan dengan air pada bagian gusi bayi yang sedang tumbuh gigi agar dapat meredakan rasa sakitnya.

3. Memijat gusi
Anda juga dapat memakai tangan untuk memijat ataupun menekan sedikit saja pada garis gusi si kecil. Hal ini dilakukan untuk dapat mengimbangi tekanan yang bersumber dari gigi baru yang nantinya akan muncul dan kemudian akan menyebabkan efek yang mampu meredakan rasa sakitnya. Anda juga dapat memakai wortel mentah yang telah dibersihkan untuk digigit oleh si kecil. Tapi pada saat melakukannya sebaiknya Anda selalu mengawasi si kecil agar tidak terjadi bahaya pada bayi seperti wortelnya yang tertelan dan dapat membuat bayi jadi tersedak.

4. Mainan untuk digigit
Memberikan sebuah mainan yang aman agar digigit si kecil juga mampu membantu meredakan rasa sakit karena sedang tumbuh gigi pada anak. Tapi pastikan juga Anda selalu memilih mainan yang aman dan memang dibuat untuk digigit oleh si kecil.

demam saat bayi tumbuh gigi

Contoh mainan bayi tumbuh gigi (Image: www.inhabitots.com)

Nah Bunda, itulah 4 tips penting saat bayi tumbuh gigi. Proses tumbuhnya gigi pada anak biasanya akan berlangsung saat anak memasuki usia 6 bulan sampai 3 tahun. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk meredakan rasa sakit pada saat mereka sedang mengalami tumbuh gigi dalam rentang waktu yang cukup lama tersebut.

Tags: tumbuh kembang bayi

Related Post "4 TIPS PENTING SAAT BAYI TUMBUH GIGI"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI