21 TIPS AGAR ANAK BALITA SUKA MAKAN BUAH

21 Tips Agar Anak Balita Suka Makan Buah – Punya anak yang suka makan buah tentu membuat Anda senang. Kita sendiri tentu tidak asing dengan berbagai manfaat buah-buahan bagi kesehatan dan begitu pentingnya buah-buahan untuk tumbuh kembang si kecil. Namun masalahnya tidak semua anak dan balita suka dengan buah-buahan, apalagi makan sayuran. bahkan diantara mereka cukup susah untuk menghabiskan buah yang telah Bunda sajikan. Nah, Bunda tidak perlu putus asa jika si kecil tidak suka buah, berikut adalah 21 tips agar anak balita suka makan buah yang bisa Anda coba:

  1. Anda sebenarnya harus memulainya saat masih hamil dan menyusui, karena ketika ibu mengkonsumsi buah-buahan, karena rasa dari makanan yang dikonsumsi ibu akan langsung ditransmisikan kepada bayi melalui plasenta ketika bayi dalam kandungan dan melalui ASI pada saat menyusui. Dengan demikian anak akan terbiasa sejak dini dengan rasa buah.
  2. Saat diajak berbelanja, biarkan si kecil memilih satu jenis buah apa saja yang baru untuk dicoba di rumah.
  3. Berikan si kecil bacaan ataupun film anak-anak yang memberikan informasi tentang pentingnya mengkonsumsi buah-buahan.

    tipa agar anak suka makan buah

    Image: tucsoncitizen.com

  4. Berikan contoh langsung pada si kecil dengan cara Anda makan buah didepannya setiap hari.
  5. Buatlah atau belilah snack yang memakai buah sebagai salah satu bahannya.
  6. Apabila anak Anda tidak mau makan buah karena tidak suka dengan rasanya yang mungkin agak asam, tambahkan saja masu ataupun vla pada saat buah disajikan.
  7. Libatkan si kecil dalam menyiapkan buah yang akan di makan, misalnya saat mencuci, membersihkan ataupun mengupas buah. Pilihlah buah yang dapat dikupas tanpa memakai pisau, misalnya seperti jeruk, duku, kelengkeng ataupun lainnya.
  8. Ajak anak balita untuk mengolah salad, jus atau dessert dari buah bersama-sama dengan Anda.
  9. Tawarkan pada si kecil beberapa pilihan buah sebagai pelengkap pada saat makan siang. Konsistensi Anda menawarkan buah tipa hari setelah makan siang akan dapat membuat anak menjadi terbiasa untuk mengkonsumsi buah.
  10. Hiasi piring dengan beberapa irisan buah. Ketika Anda sedang menghidangkan kue sebagai camilan anak, hiaslah piringnya dengan beberapa potongan buah yang nantinya dapat turut serta dimakan olehnya.
  11. Pada saat menghidangkan sereal yang jadi kesukaan anak, tambahkan sedikit potongan buah seperti pisang ataupun strawberry di atasnya.
  12. Tawarkan kismis ataupun buah kering lain pada anak, bukan menawarkan permen.
  13. Sajikan buah-buahan dengan cara lain, misalnya seperti pisang yang dibekukan sehingga bentuknya menyerupai es krim.
  14. Tawarkan pada si kecil beberapa buah segar yang dipotong-potong. Itu lebih baik dibandingkan dengan menawarkan jus buah dalam kemasan.
  15. Cara lainnya adalah dengan cara mengolah buah-buahan menjadi jus segar dan sajikan ke dalam gelas-gelas yang berbentuk lucu yang disukai anak.
  16. Kreasikan jus buah dalam berbagai rasa. Anda bisa menambahkan sedikit choco chip ataupun permen warna-warni di bagian atasnya.
  17. Cobalah untuk mengolah mengolah buah dalam bentuk milkshake dengan memberinya tambahan sedikit gula. Ini merupakan cara yang menarik untuk menyembunyikan buah-buahan dalam penyajian. Berikan sedotan agar buah hati Anda lebih tertarik untuk meminumnya.
  18. Buah-buahan juga dapat dibuat menjadi puding ataupun saus es krim. Tambahkan buah seperti strawberry, jeruk dan lainnya pada semangkuk puding dengan beraneka bentuk.
  19. Cobalah untuk mencampurkan beragam buah menjadi sebuah variasi sup. Tambahkan juga sedikit siraman sirup ataupun madu dan juga bongkahan es batu.
  20. Mungkin Anda perlu mengenalkan anak pada satu jenis buahdulu sebanyak 10 kali sebelum dia bersedia untuk mencoba. Apabila anak Anda masih menolak untuk mencoba, tetaplah besabar. Coba kenalkan lagi pada anak 10 hari kemudian.
  21. Berikan pujian pada si kecil pada saaat dia mau makan buah.

Itulah 21 tips agar anak balita suka makan buah. Silahkan Bunda coba satu per satu dengan sabar dan cinta, semoga si kecil tidak anti lagi dengan yang namanya buah-buahan.

Tags: perkembangan anak

Related Post "21 TIPS AGAR ANAK BALITA SUKA MAKAN BUAH"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa