BAHAYA POPOK SEKALI PAKAI BAGI KESEHATAN BAYI

Bahaya Popok Sekali Pakai Bagi Kesehatan BayiPampers ataupun popok sekali pakai adalah salah satu kebutuhan yang cukup penting untuk bayi. Yang paling utama adalah untuk menampung kotoran dari juga sisa metabolisme si buah hati. Dengan adanya sebuah pampers, orang tua dapat lebih tenang ketika mengurus anak sebab tidak perlu repot untuk membersihkan kotoran si kecil setiap saat. Namun tahukah Anda bahaya popok sekali pakai bagi kesehatan bayi?

Menurut dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH, seorang Dokter Spesialis Anak, menggunakan popok sekali pakai memang memiliki kelebihan tersendiri. Yaitu permukaannya lebih cepat kering setelah si kecil buang air kecil atau buang air besar. Dengan demikian, bayi dapat tetap beraktivitas meskipun baru saja dia mengeluarkan kotoran.
Bahaya Pampers bayi
Namun, masih menurut dr. Bernie, kenyamanan anak untuk tetap memakai pampers yang disana terdapat kotoran, justru menjadi kelemahan dari pampers tersebut. Sebab, apabila dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa berisiko untuk kesehatan sang bayi.

Dokter Bernie juga menjelaskan bahwa pemakaian popok yang mengandung kotoran dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan iritasi dan juga infeksi jika terdapat luka pada area tersebut. Idealnya, kata dr. Bernie, pada saatsi kecil baru saja membuang kotorannya, maka popok yang dipakainya harus langsung diganti. Oleh karena itu dibutuhkannya peran orang tua agar selalu jeli memperhatikan kondisi si kecil.

Lebih lanjut, dokter yang bekerja di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM ini juga menerangkan bahwa ada beberapa bahan dasar pembuat popok sekali pakai yang diduga cukup berbahaya untuk kesehatan bayi. Di antaranya adalah sodium polyacrylat yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Selain itu ada juga dioxin yang biasanya dikaitkan dengan penyakit kanker.

Untuk resiko jangka panjang, Bernie mengungkapkan bahwa penelitian yang pernah dilakukan pada bayi dan juga anak laki-laki dengan usia di bawah tiga tahun membuktikan bahwa temperatur pada buah za-kar bayi dan juga anak laki-laki yang memakai pampers lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak menggunakan pampers.

Padahal, menurut dia, temperatur yang tepat untuk buah zakar sangat penting karena merupakan tempat untuk testis yang akan menghasilkan sperma pada saat dia remaja dan dewasa. Ada juga yang mengaitkan dengan kanker karena paparan kandungan pada bahan popok pampers. Tapi, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikannya.

Sedangkan untuk sebuah popok kain atau diapers, kata Bernie, biasanya tidak mudah untuk menyerap basah. Sehingga, bayi dengan lebih mudah mengenalinya pada saat mengeluarkan kotoran. Oleh karena itu, ada baiknya jika orang tua selalu mengecek dan juga mengganti diapers ketika bayi menunjukan sebuah gejala tidak nyaman. Selain itu, popok kain ini lebih ramah lingkungan.

Meskipun diapers ini lebih ramah lingkungan, dr. Bernie menjelaskan tetap saja orang tua mesti memberikan waktu khusus untuk bayi untuk bebas dari pemakaian popok. Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya iritasi kulit atau yang biasa disebut dengan diaper rash. Bernie juga menyarankan jika terdapat diaper rash untuk segera membawa si kecil ke dokter.

Mengenai kapan waktu yang tepat bagi bayi untuk mulai tidak memakai popok, dr Narain H. Punjabi, SpA, seorang dokter Spesialis Anak di SOS Medika Klinik Cipete menyebutkan bahwa sebaiknya mulai berusia 2 tahun anak harus sudah diajarkan toilet training dan melepaskan popok. Cara yang pertama, menurut dia, dengan cara mengajarkannya memakai celana kain sehingga bisa memudahkan proses pembelajaran. Selain itu, dr Narain juga menjelaskan bahwa orang tua juga mesti aktif dan rajin untuk mengajarkan anak toilet training agar bisa buang air sendiri.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bahaya popok sekali pakai bagi kesehatan bayi. Sekarang tergantung Anda sebagai orang tua yang harus memilih dan selalu memperhatikan popok si kecil.

Tags: bayi sehat

Related Post "BAHAYA POPOK SEKALI PAKAI BAGI KESEHATAN BAYI"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI